10 Kata Paling Dicari di Google, Ada Gelay dan Ikoy Ikoyan

Indonesia Developer Showcase Google.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Ada beberapa bahasa gaul terpopuler sepanjang tahun ini di Indonesia yang baru saja dirilis oleh Google.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Year in Search 2021 menghadirkan berbagai kategori daftar pencarian paling populer, termasuk bahasa gaul terpopuler.

Perlu diketahui bahwa susunan ini berdasarkan topi kapan saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Nah, berikut adalah ulasan mengenai bahasa gaul terpopuler sepanjang tahun 2021.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Lantas, Apa Saja Bahasa Gaul Terpopuler Sepanjang Tahun 2021?

1. Komorbid

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Ilustrasi Pandemi Penyakit COVID-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2

Photo :
  • U-Report

Mengutip dari laman verywellhealth.com, komorbid adalah adanya dua atau lebih penyakit yang dialami oleh seseorang. Kedua penyakit tersebut bisa dialami secara bersama, atau terjadi beruntun. Komorbid adalah kondisi penyakit seseorang yang biasanya terjadi dalam jangka panjang atau bisa dikatakan sebagai penyakit kronis.

2. Insecure

Tips percaya diri

Photo :
  • U-Report

Menyadur dari laman webmd.ccom, insecure adalah sebuah perasaan seseorang yang tidak percaya diri atau merasa tidak bisa melaksanakan sebuah hal. Orang yang merasa insecure umumnya merasakan kecemasan atau kepanikan yang cukup tinggi. Bahkan, bisa dikatakan berlebihan dalam melaksanakan atau menghadapi sebuah hal.

3. Jamet

Kata jamet sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi beberapa orang baru mendengarnya akhir-akhir ini. Jamet sendiri adalah kepanjangan dari ‘jajal metal’ yang bisa diartikan sebagai orang dengan gaya keren menggunakan atribut metal. Bukan hanya itu, sebagian lagi mengatakan bahwa jamet adalah ‘Jawa metal’ yang mempunyai arti serupa tapi diarahkan kepada masyarakat Jawa.

4. Gelay

Ulat Bulu

Photo :
  • www.richard-seaman.com

Gelay pertama kali diucapkan oleh seorang penyanyi religius, Nissa Sabyan. Gelay adalah plesetan dari kata ‘Geli’. Istilah ini biasanya diucapkan saat seseorang melihat sesuatu yang menggelikan, mulai dari hewan atau hal lain. Bahkan, kata ini pernah dibuat sebuah lagi yang dinyanyikan Nonna 3in1 featuring RapX.

5. Mletre

Pusing.

Photo :
  • U-Report

Mletre mempunyai arti kecewa, hancur, dan pusing. Istilah ini kerap dipakai saat seseorang ditinggalkan oleh orang yang dicintainya dan ia merasakan mletre. Dengan demikian, bagi orang yang ditinggal pergi oleh orang yang dicintainya, dia akan merasa mletre atau kecewa karena ditinggalkan.

6. Ghosting

Hati wanita tersakiti.

Photo :
  • U-Report

Ghosting adalah perilaku menjauh secara tiba-tiba atau menghilang tanpa memberikan kabar terlebih dahulu dan kepastian. Istilah ini dipakai untuk 2 orang yang tengah melaksanakan pendekatan. Tapi, tiba-tiba salah seorang dari mereka menghilang atau menjauh tanpa kabar.

7. Ikoyt Ikoyan

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh seorang influencer yang berasal dari Batam, Arief Muhammad. Istilah ini berasal dari nama Ikoy, yang mana ia adalah asisten pribadi Arief. Istilah Ikoy Ikoyan mencuat saat Arief memberikan sesuatu, baik uang atau makanan kepada para followers instagramnya secara acak. Lalu, ia meminta tolong kepada Ikoy untuk menghubungi followers tersebut untuk memberikan sesuatu. Karena itu, para followers kerap menyebut Arief Ikoy Ikoyan.

8. Cepu

Istilah cepu digunakan kepada seseorang yang tidak bisa menjaga rahasia dari teman atau kerabatnya.

9. Disleksia

Ilustrasi disleksia pada anak

Photo :
  • U-Report

Melansir laman mayoclinic.org, disleksia adalah sebuah gangguan belajar atau kesulitan membaca pada anak. Penderitanya mempunyai kecerdasan normal dan umumnya mempunyai penglihatan yang normal. Untuk gejala disleksia sendiri yaitu terlambat berbicara dan lambat untuk mempelajari sesuatu.

  1. Lampor

Lampor adalah istilah yang digunakan untuk keranda terbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya