5 Iklan Kontroversial dan Melanggar Etika, No 4 Tak Senonoh

Iklan Grab Bike
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Ada beberapa iklan kontroversial yang menuai kecaman dari KPI sampai warganet. Padahal, iklan sejatinya adalah sebuah sarana untuk memasarkan sebuah produk atau brand guna meningkatkan penjualan atau keuntungan. Tapi, karena digarap secara tidak hati-hati, beberapa iklan ini malah menjadi senjata makan tuan. Iklan merupakan sebuah hal yang tentunya sudah tidak asing lagi di mata seseorang, karena pasti pernah melihat dalam kehidupan sehari-hari.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Akan tetapi, iklan yang menimbulkan pro dan kontra sering tidak berumur panjang, karena terkena teguran kemudian lenyap. Perlu diketahui juga bahwa iklan yang dipromosikan di televisi, diawasi secara langsung oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Maka dari itu, bila melanggar aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan, KPI akan menegur dan mencabut iklan tersebut. Di Indonesia sendiri, KPI sudah banyak menegur kepada beberapa iklan televisi. Menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah iklan kontroversial yang sudah lenyap dari layar kaca.

Lantas, Apa Saja Iklan Kontroversial yang Sudah Lenyap?

Paus Fransiskus Puasa Nonton TV Selama 35 tahun, Ini Alasannya

1. GrabBike ‘Pilih Aman’

Iklan Grab Bike

Photo :
  • Tangkapan Layar
Kisah Kontroversial Pernikahan Pendeta 63 Tahun dengan Gadis 13 Tahun di Ghana

Iklan kontroversial pertama datang dari salah satu penyedia jasa ojek online, Grab. Tujuan dari iklan ini sebenarnya baik, yaitu untuk mengingatkan para pengguna jalan mengenai kemanan dalam berkendara. Tapi sayang, cara yang dipilih oleh iklan tersebut terlalu ekstrem, yaitu dengan memperlihatkan seorang perempuan tengah berjalan kemudian sekujur tubuhnya dipenuhi dengan luka dan darah.

Ternyata, perempuan tersebut berubah menjadi zombie. Banyak penonton yang mengatakan bahwa iklan tersebut tidak layak untuk dipertontonkan. Apalagi setelah itu ia dipanggil oleh ojek online dan kemudian lebih memilih untuk menggunakan GrabBike. Iklan tersebut pun dianggap sudah menyudutkan ojek pangkalan. Sesudah diprotes, iklan tersebut kemudian dipangkas menjadi 15 detik dengan menghilangkan adegan zombie.

2. Mie Sedap ‘Papa Hidup Lagi’

Salah satu produk makanan instan, Mie Sedap varian mie goreng juga pernah mempertontonkan iklan kontroversial. Ceritanya, seorang anak berpura-pura ayahnya sudah meninggal karena malas untuk ikut kerja bakti. Iklan tersebut dianggap tidak etis karena mengajarkan hal negatif. Apalagi, karakter papa hidup kembali setelah ketua RT mengatakan akan menghidangkan Mie Sedap.

3. Cat Avian ‘Cepat Kering’

Cat Avian juga pernah membuat sebuah iklan yang menimbulkan kontroversial. Sebetulnya tidak ada masalah dengan klaim super keringnya. Akan tetapi, cara memperlihatkan cepat keringnya tersebut yang dinilai kurang baik. Bagaimana tidak, di dalam iklan tersebut talent perempuan terlihat mengangkat dress secara eksplisit sampai ke paha.

4. Iklan Sandal New Era Boots

Iklan kontroversial ini memperlihatkan adegan seorang wanita dengan pakaian minim dan bergoyang erotis. Selain itu, ada pula adegan seorang pria yang dengan telanjang dada dan menggerak-gerakan dada yang dinilai oleh KPI sebagai muatan yang tidak santun.

Hal ini karena tidak memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang berlaku di Tanah Air, perlindungan kepada anak dan remaja, serta ketentuan siaran iklan. KPI mengingatkan kepada stasiun TV bahwa adegan yang sudah ditayangkan oleh merek berpotensi melanggar Standar Program Siaran KPI.

5. Sabun Lifebuoy

Iklan ini bukan ditegur oleh KPI, tapi diprotes oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur, lantaran iklan tersebut dipandang sudah melecehkan masyarakat NTT. Mereka kemudian menyebarkan petisi penolakan dan kemudian meminta iklan tersebut dihentikan penayangannya. Iklan tersebut menceritakan kebiasaan Desa Bitobe NTT yang kurang menjaga kehidupan bersih.

Karena hidup tidak bersih, dalam iklan tersebut, satu dari empat balita yang hidup di NTT meninggal karena terkena diare. Iklan ini kemudian mengajak partisipasi untuk berdonasi dalam mengajarkan hidup bersih kepada warga desa. Hal ini dilakukan supaya masyarakat Desa Bitobe bisa merayakan hari ulang tahun kelima dan seterusnya.

6. AXE ‘Heaven on Earth’

Iklan kontroversial yang terakhir adalah AXE. Memang iklan produk ini kerap menampilkan konsep yang bisa dikatakan untuk dewasa, termasuk dalam iklan yang bertajuk Heaven on Earth. Iklan tersebut menceritakan kedatangan malaikat seksi yang terdiri atas Luna Maya, Uli Auliani, Marissa Nasution, dan Chantal Della Concetta, serta aktor pria Ocke. Para malaikat tersebut kemudian menggoda Ocke di tempat tidur. Akhirnya iklan tersebut menuai kontroversi karena tidak sopan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya