Pengguna Web Indonesia Doyan Pakai Firefox

Mozilla Firefox vs Microsoft Internet Explorer
Sumber :
  • xcode.or.id

VIVAnews - Firefox atau si Rubah Api adalah salah satu web browser yang paling populer saat ini. Tampilannya yang sederhana, namun punya berbagai fitur, plugin, dan themes yang lengkap yang tidak disediakan browser lain menjadi alasan utama mengapa pengguna lebih memilih Firefox untuk berselancar di dunia maya.

Pada tahun 2007, Firefox mulai mengalami peningkatan yang fantastis. Diprediksikan, di tahun-tahun berikutnya, browser ini akan menguasai market share web browser dunia.

Prediksi itu tidak meleset. Ini terlihat dengan jelas dari berbagai parameter dan statistik monitoring website yang bisa di-install sebagai plugin pada website atau blog. Umumnya disebutkan bahwa Internet Explorer menguasai pangsa pasar browser dunia dengan 60 persen, sedangkan Firefox di peringkat kedua dengan 30-an persen. Browser lainnya hanya menguasai sekitar 10 persen saja.

Akan tetapi, dari sebuah survey sederhana yang dilakukan oleh komunitas Yogyafree XCode, komunitas white hacker berbasis di Yogyakarta, sepanjang bulan Maret 2010, terungkap bahwa sekitar 79 persen pengguna asal Indonesia memakai Mozilla Firefox. Adapun pengguna yang berkunjung dengan Internet Explorer hanya 9 persen saja.

“Dari total 8.179 pengunjung dalam bulan Maret 2010, pengunjung yang mengunakan Firefox sebanyak 72 persen dan 9 persen mengunakan MS Internet Explorer,” kata Nathan Gusti Ryan, Moderator milis Yogyafree XCode pada VIVAnews lewat email.

“Di posisi berikutnya adalah Google Chrome sebanyak 5%, AppleWebKit sebanyak 5 persen, Opera sebanyak 6 persen, dan browser lain-lain sebanyak 3 persen,” kata Nathan. “Pada monitoring harian, pengunjung yang mengunakan Firefox ini stabil pada angka 71 sampai 73 persen,” ucapnya.

Nathan menyebutkan, pemilik blog atau website bisa melakukan monitoring pengunjung situs mereka dengan Plugin Counter per Day untuk CMS Wordpress, Plugin StatistiX atau StatCounter untuk CMS Joomla atau plugin semacamnya untuk CMS yang lain.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024