Pria Ini Buang Rp6 Triliun ke Tempat Sampah

Bitcoin.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Seorang insinyur komputer merekrut pakar Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA, untuk membantunya mendapatkan kembali hartanya senilai £330 juta atau Rp6,2 triliun dalam bentuk Bitcoin. Mata uang digital itu ada pada hard drive, yang dibuangnya di tempat sampah.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

James Howells secara tidak sengaja membuang hard drive, ketika dia membuang peralatan saat membersihkan kantor pada tahun 2013, dikutip VIVA Tekno dari situs Metro, Minggu 19 Desember 2021.

Saat ditelusuri, benda itu ternyata ada di Newport, South Wales. Namun, James tidak diberi izin untuk menggali tumpukan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir, meskipun ia sudah menawarkan seperempat dari kekayaan yang diperoleh kembali ke dewan kota. 

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dia mengatakan, nilai Bitcoin di tempat pembuangan sampah itu sekarang sekitar Rp6,2 triliun. Sekitar seminggu yang lalu, nilainya berada di puncaknya, US$556 juta atau Rp8 triliun. 

Uang kripto, Bitcoin.

Photo :
  • U-Report
Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Menurut pria berusia 36 tahun itu, pada 2022 uang digital itu akan bernilai US$750-900 juta. Bahkan bisa jadi bernilai US$1 miliar. Dewan sendiri khawatir tentang siapa yang akan menanggung biaya jika data tidak dapat dipulihkan. 

James telah mempelajari foto udara dari lokasi tersebut dan yakin hard drive berada di area seluas 200 meter persegi dengan kedalaman mencapai 15 meter.

Dewan Kota Newport sebelumnya mengatakan James telah berulang kali meminta bantuan, tetapi mereka tidak dapat membantunya. Dewan telah dihubungi beberapa kali sejak 2014 tentang kemungkinan mengambil perangkat keras IT yang dikatakan mengandung Bitcoin.

"Pertama kali adalah beberapa bulan setelah Howells pertama kali menyadari perangkat kerasnya hilang. Biaya untuk menggali tempat pembuangan akhir, menyimpan dan mengolah limbah bisa mencapai jutaan Pound. Tidak ada jaminan untuk menemukannya atau masih berfungsi dengan baik," ujarnya. 

Dewan juga telah memberitahu Howells pada beberapa kesempatan bahwa penggalian tidak mungkin di bawah izin lisensi mereka dan penggalian itu sendiri akan memiliki dampak lingkungan yang besar pada daerah sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya