Sistem Pendeteksi Banjir Kini Pakai Teknologi IoT

Ilustrasi banjir
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Lintasarta mengenalkan sistem peringatan dini atau early warning system berbasis Internet of Things atau IoT, untuk membantu pemerintah kota maupun daerah menanggulangi banjir.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Fitur canggih tersebut ditampilkan dalam acara peluncuran 5G Indosat Ooredoo, yang diselenggarakan belum lama ini di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Acara ini sekaligus mendukung persiapan Penajam Paser Utara, yang bakal menjadi Ibu Kota baru. Lintasarta mengaku telah menyiapkan solusi kota pintar atau smart city, salah satunya yakni EWS berbasis IoT.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Fitur tersebut akan memberikan notifikasi peringatan melalui beberapa kanal seperti website, aplikasi maupun pesan singkat. Notifikasi ini akan muncul, ketika sensor mengindikasikan terdapat insiden yang sudah melebihi parameter tertentu.
“Konsep kota pintar tidak selalu terkait dengan teknologi, tetapi juga perubahan sikap masyarakatnya. Selain dari sensor IoT water level, fitur EWS Lintasarta juga memungkinkan pemerintah menerima laporan secara real-time dari masyarakat, sehingga bisa mengambil keputusan cepat,” ujar Lintasarta Marketing and Solution Director, Ginandjar melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 21 Desember 2021.

Ginandjar menjelaskan, EWS rancangan mereka merupakan bagian dari Solusi Kota milik Lintasarta atau Skota. Data yang diintegrasikan mencakup informasi kota, aplikasi OPD, e-Government, IoT CCTV, sistem kesehatan, smart farmer, smart tourism, dan smart campus.

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Selain EWS, Skota juga dilengkapi dengan fitur IoT monitoring; geospatial visualization – menampilkan data berdasarkan sumber lokasi data; dan big data analytics – menampilkan data dalam bentuk table atau grafik yang sudah diolah dan dikorelasikan antar data sehingga memudahkan proses pengambilan keputusan.

“Membangun Indonesia melalui teknologi menjadi komitmen Lintasarta selama lebih dari 33 tahun, dan kolaborasi sebagai salah satu kunci sukses dalam mendukung tujuan tersebut,” tuturnya.

Google Maps di Android Auto

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Google menyiapkan fitur baru pada aplikasi Google Maps untuk para pemilik mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024