Selamat Bertugas James Webb

James Webb Space Telescope.
Sumber :
  • esa.int

VIVA – James Webb, teleskop sapu jagat pemburu alien, akhirnya meluncur ke luar angkasa dengan pendorong Roket Ariane 5. Peluncuran dilakukan tepat pada pukul 07.20 EST atau 19.20 WIB dari Pusat Antariksa Kourou, Guyana, Prancis, Sabtu malam, 25 Desember 2021.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Juru Bicara NASA Rob Navias melaporkan semua sistem sudah hijau menjelang detik-detik peluncuran hingga akhirnya lepas landas tepat waktu.

"LIFTOFF! (Lepas landas). Teleskop James Webb NASA sukses meluncur untuk misi untuk mencari tahu asal muasal alam semesta," kata dia, seperti dikutip dari situs Space.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Cermin raksasa itu akan diluncurkan di atas Roket Ariane 5 yang dioperasikan oleh European Arianespace. Observatorium ini dipimpin oleh Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA dengan kontribusi Badan Antariksa Eropa (ESA) serta Badan Luar Angkasa Kanada (CAA).

Setelah diluncurkan, teleskop sapu jagat pemburu alien ini akan menghabiskan bulan pertamanya di luar angkasa dengan urutan penyebaran yang rumit dan melakukan perjalanan ke stasiunnya sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) jauhnya dari Bumi.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Pada pertengahan 2022, para ilmuwan tiga badan antariksa dari tiga negara ini berharap James Webb mulai bertugas melakukan pengamatan tata surya, galaksi, bahkan lebih jauh lagi.

Observatorium itu pun akan mengkhususkan diri dalam mengumpulkan cahaya inframerah yang akan membantu para astronom mempelajari periode awal alam semesta.

James Webb sudah direncanakan NASA sejak 2002 dan konstruksinya dimulai dua tahun kemudian. Meskipun teleskop raksasa ini awalnya menargetkan peluncuran pada 2007, namun proyek tersebut kerap menghadapi penundaan yang tidak terhitung jumlahnya serta pembengkakan biaya.

Setelah pada 2007, kemudian di 2018, lalu Maret 2021. Pandemi COVID-19 ikut menunda penerbangan James Webb hingga 18 Desember. Tidak berhenti di situ. Kesalahan teknis dan masalah cuaca juga menjadi faktor NASA, ESA, dan CAA untuk kembali memundurkan waktu peluncuran hingga Natal pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya