Telkomsel, Indosat dan XL Siap 'Mainkan' 5G di MotoGP Mandalika 2022

Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulvikar

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan layanan jaringan telekomunikasi 5G akan dihadirkan dalam penyelenggaraan balap MotoGP Mandalika 2022 pada Maret mendatang.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

"Seperti pada event olahraga sebelumnya, PON (Pekan Olahraga Nasional) Jayapura, di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga akan dilakukan penggelaran '5G experience'," kata dia di Gedung Kominfo Jakarta, Senin, 27 Desember 2021.

Namun, Johnny mengatakan jaringan 5G yang dibawa ke Sirkuit Mandalika tersedia untuk spektrum yang ada di 2,3GHz sehingga hanya berfungsi untuk beberapa jenis perangkat.

3 Hal yang Perlu Diketahui dari Realme 12 5G

Menkominfo mengaku telah berkomunikasi dengan pabrikan pembuat handheld yang beroperasi di frekuensi 2,3GHz.

Mereka, kata Johnny, telah membuka software-nya sehingga jaringan 5G akan hadir untuk perangkat telepon tertentu pada gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Telkomsel Jadi Donatur Terbesar

Sedangkan perangkat seperti Apple yang bekerja di frekuensi 2,6GHz belum tersedia karena spektrumnya masih digunakan untuk kepentingan pelayanan satelit dan layanan telekomunikasi.

Adapun "5G Experience" di ajang MotoGP Mandalika 2022 akan diselenggarakan oleh tiga operator seluler yakni Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo.

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk dalam kalender balap seri kedua perhelatan MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022.

Namun, sebelum ajang balap kelas dunia itu berlangsung, Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022 akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya