Gamer Indonesia Diminta Hak Suaranya

Seorang gamer perempuan bermain fighthing game.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA – Kata kunci 'gaming' yang dicari pengguna melalui mesin pencari Google atau Google Search mengalami kenaikan yang cukup tinggi, yakni mencapai 210 persen.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Selama pandemi COVID-19, orang Indonesia juga terpantau Google menghabiskan waktu lebih lama dalam mengakses internet, yakni 4,3 jam per hari.

Angka tersebut meningkat dari total waktu rata-rata yang dihabiskan sebelum pandemi, yaitu selama 3,6 jam per hari. Kenaikan waktu tersebut dipengaruhi oleh semakin banyaknya orang Indonesia yang menghabiskan waktu untuk bermain game online.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Sementara Asosiasi Game Indonesia (AGI) mencatat bahwa Indonesia merupakan pasar game terbesar nomor satu untuk mobile dan kedua pada platform PC di Asia Tenggara, dengan pendapatan (revenue) hingga US$1,7 miliar atau sekitar Rp24,2 triliun setiap tahunnya.

Potensi besar perkembangan ekosistem game nasional karena jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 202,6 juta orang atau setara dengan 73 persen dari populasi.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Riset Newzoo pada 2020, dikutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menunjukkan nilai ekonomi game Indonesia mencapai US$1,7 miliar (Rp24,2 triliun).

Adapun game lokal, sementara ini, baru bisa menyerap US$8 juta (Rp114 miliar). Untuk itu, platform streaming Nimo TV membuat gebrakan dengan menghadirkan penghargaan bagi insan eSports, baik streamer, content creator, maupun pro player terbaik melalui Nimo TV Gala 2021, yang dimulai sejak 23 Desember hingga 10 Januari 2022.

“Jutaan pengguna Nimo TV telah disuguhkan permainan terbaik yang menghibur dari sejumlah streamer terbaik. Ribuan game dan puluhan sesi game yang dipersembahkan kepada viewers telah menjadi bagian sejarah perjalanan Nimo TV hingga sekarang," kata Local Manager Nimo TV Indonesia, Veronica, Senin, 27 Desember 2021.

Penghargaan Nimo TV Gala 2021 mencakup sejumlah kategori besar dengan popularitas terbesar di Indonesia. Mulai dari titel game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile, GTA V, hingga individu berprestasi seperti pro player pria dan wanita.

"Tercatat, beberapa nama populer masuk nominasi seperti gamer profesional PUBG Mobile BTR Ryzen dan BTR Mute yang sudah tidak asing terpampang di berbagai penghargaan kompetisi profesional. Baik nasional maupun internasional sekalipun," jelas Veronica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya