Menjaga Bumi agar Tetap Sehat

Planet Bumi.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Danone Indonesia berkomitmen mewujudkan bisnis yang seimbang dan berkelanjutan. Hal ini tertuang dalam Laporan Keberlanjutan, yang menegaskan komitmennya dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance (GCG) dengan memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya.

Kapan Bumi Kiamat?

Melalui Laporan Keberlanjutan, Danone Indonesia memaparkan visi, strategi, hingga capaian kinerja keberlanjutannya selama dua tahun terakhir. Untuk mewujudkan bisnis berkelanjutan, Danone Indonesia memiliki dua lini usahanya, yaitu Danone Waters (Danone-Aqua) dan Danone Specialized Nutrition (Danone SN).

Danone Waters (Danone-Aqua) berfokus pada layanan terkait air dan pentingnya hidrasi sehat, sementara Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia mencakup produk nutrisi untuk ibu dan anak yang mendukung terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

“Kami percaya, makanan yang sehat akan tumbuh dari Bumi yang sehat pula. Ini merupakan refleksi dari visi One Planet One Health, di mana kami percaya bahwa kesehatan Bumi memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat," ungkap Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, Rabu, 29 Desember 2021.

Selain itu, mengenai agenda Sustainable Development Goals (SDGs), tidak hanya merupakan komitmen global yang dijalankan semua negara, namun menjadi panduan bagi Indonesia dalam menerapkan tujuan pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

"Tujuan jangka panjang penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga tahun 2030 dan terintegrasikan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024," jelas dia.

Apa yang sudah dilakukan Danone Indonesia tercermin pada proses penilaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) yang mengukur penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

Mulai dari proses produksi, manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi sumber daya, dan pelaksanaan bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat.

Salah satu lini usahanya, Danone-Aqua, menerima Anugerah Proper Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). Untuk periode 2020-2021, Anugerah Proper Emas diraih oleh Pabrik Aqua Mambal di Bali.

Selain kategori Emas, tujuh Pabrik Aqua lainnya juga menerima Anugerah Proper Hijau. Ketujuhnya yaitu Pabrik Aqua Mekarsari, Babakanpari, Subang, Cianjur, Citeureup, Ciherang, dan Klaten.

Peringkat kinerja Proper dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah, dan Hitam. Untuk aspek ketaatan minimal adalah Biru, Merah, dan Hitam. Sedangkan, kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya