Babak Baru Perang Sengit Apple dan Google

apple dan google.
apple dan google.
Sumber :

VIVA – Senior Vice President of Android, Hiroshi Lockheimer, menuduh Apple melakukan tekanan terhadap Android dan mengintimidasi sebagai cara untuk menjual produk.

Pernyataan tersebut keluar setelah Wall Street Journal merilis laporan soal bagaimana remaja Amerika Serikat (AS) membedakan pengguna Android dan iOS melalui iMessage.

iMessage adalah versi modern dari SMS/MMS karena memiliki enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) untuk pengguna sesama iOS.

Bubble obrolan yang terenkripsi akan berwarna biru. Sementara pengguna selain iOS, seperti Android ditandai dengan warna hijau yang mana tidak terenkripsi secara ujung ke ujung.

Eksekutif Google itu mengatakan bahwa mereka tidak meminta Apple untuk membuat iMessage tersedia di Android. Mereka meminta Apple untuk mendukung standard industri untuk pesan modern (RCS) di iMessage, sama seperti mereka mendukung standard SMS/MMS.

"Dengan tidak menggabungkan RCS, Apple menahan industri dan menahan pengalaman pengguna, tidak hanya untuk pengguna Android tetapi juga pelanggan mereka sendiri,” tutur Lockheimer, melalui akun Twitter.

Beberapa waktu yang lalu, email rahasia di antara eksekutif Apple telah bocor dan menunjukkan bahwa perusahaan sengaja menahan iMessage agar pengguna iOS tidak beralih ke pesaingnya itu.