Apa Itu Wordle? Begini Awal Mula Terbentuknya Game Wordle

Game Wordle
Sumber :
  • wsj.com

VIVA – Belakangan ini media sosial Twitter, dihebohkan dengan game yang berjudul Wordle. Game ini tengah ramai diperbincangkan. Game Wordle ini merupakan permainan tebak kata bahasa Inggris yang sangat sederhana yang hanya bisa dimainkan di situs web.

Apa Saja Fungsi Diamond ML? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

Awal Mula Game Diciptakan

Dikutip dari wsj.com, Wordle dibuat oleh Josh Wardle, seorang insinyur perangkat lunak dari New York. Dia membuat prototipe pada tahun 2013 dan merampungkannya selama pandemi untuk pasangannya, yang suka bermain permainan kata.

Ditambah Gregoria Mariska, Indonesia Kirim 3 Wakil ke Final Swiss Open 2024

Bagaimana cara bermain?

Untuk memainkan game ini sangat sederhana. Buka situs web game di desktop atau browser seluler kamu. URL-nya adalah: https://www.powerlanguage.co.uk/wordle/. Wordle sederhana: kamu memiliki enam peluang untuk menebak kata lima huruf rahasia hari itu. Ketikkan sebuah kata sebagai tebakan, dan permainan memberi tahu kamu huruf mana yang ada atau tidak ada dalam kata tersebut. Permainan ini gratis dan tidak memiliki iklan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kata rahasia dengan tebakan paling sedikit.

Margot Robbie Bakal Produseri Adaptasi Film The Sims

Apa yang dimaksud dengan kotak hijau dan kuning?

Saat Kamu menebak dalam permainan, ubin huruf berubah warna untuk menunjukkan seberapa dekat Kamu dengan kata rahasia.

Jika Kamu menebak "letih", dan "W" berubah menjadi hijau, itu berarti kata rahasia dimulai dengan "W." Jika "E" berubah menjadi kuning, hurufnya ada di kata tapi tidak di tempat itu. Setiap huruf yang tidak ada dalam kata rahasia menjadi abu-abu.

Apakah ada aplikasi?

Tidak. Itu hanya dapat dimainkan di situs web game, dan pembuatnya mengatakan dia tidak berencana untuk mengubahnya menjadi sebuah aplikasi. Tapi itu tidak menghentikan orang lain dari membuat game peniru mereka sendiri untuk menguangkan tren. Aplikasi Wordle palsu memenuhi App Store Apple Inc. dalam seminggu terakhir, naik ke puncak tangga lagu yang paling banyak diunduh. Tetapi Apple mengatakan Selasa malam bahwa mereka menghapus aplikasi itu.

Bisakah bermain lebih dari sekali setiap hari?

Beberapa pemain telah menemukan cara untuk melakukan itu: Mereka menggunakan Wayback Machine, arsip internet online tempat Kamu dapat mengunjungi situs web Wordle dari masa lalu dan memainkan game lama.

Apakah ada cara yang lebih sulit untuk bermain?

Ada cara untuk beralih ke "mode keras". Artinya, ketika sebuah huruf berubah menjadi hijau atau kuning, Kamu harus menggunakan huruf-huruf itu dalam tebakan berikut. Apakah ini sulit atau tidak tergantung pada bagaimana Kamu sudah bermain. Beberapa sudah terus menebak kata dengan huruf yang benar. Lainnya, ketika mereka tidak dapat menemukan kata dengan huruf yang benar, menebak dengan kata yang memiliki huruf yang berbeda. Untuk beralih ke mode keras, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas permainan dan klik untuk mengaktifkan mode keras.

Bagaimana Wordle menjadi viral?

Mr Wardle mengatakan permainan mulai lepas pada pertengahan November, ketika teknolog Andy Baio memasang link ke permainan di blognya. Wardle kemudian membuatnya mudah untuk membagikan hasil dengan memposting kotak hijau dan kuning di Facebook, Twitter, dan aplikasi SMS, dan permainan itu menjadi viral dari sana. Tuan rumah “The Tonight Show” Jimmy Fallon telah berulang kali men-tweet tentang permainan tersebut, membantu meningkatkan popularitasnya.

Berapa banyak orang yang bermain?

Masih dikutip dari wsj.com, sekitar 1,8 juta orang bermain pada 7 Januari 2022, kata Wardle, sedangkan hanya 90 yang bermain pada 1 November 2021. Wordle memungkinkan orang menebak kata rahasia hanya sekali sehari, memposting yang baru di tengah malam di zona waktu masing-masing pemain.

Kenapa hanya sekali sehari?

Aspek sekali sehari juga membantu permainan menjadi viral. Karena semua orang di dunia mendapatkan permainan Wordle yang sama pada tengah malam di zona waktu mereka, ini memungkinkan pemain untuk berbicara satu sama lain tentang bagaimana mereka melakukannya dan tebakan apa yang mereka buat. Wardle mengatakan jika ini menjadi pengalaman Bersama.

Ingin menjadi jagoan Wordle. Ada tips atau trik?

Ada banyak perdebatan di antara penggemar tentang cara terbaik untuk bermain. Wordle sendiri mengatakan dia tidak tahu strategi terbaik. "Kau bertanya pada orang yang salah," katanya. "Aku sangat buruk dalam hal itu."

Pemain yang rajin biasanya memiliki kata pertama favorit yang menurut mereka membuat mereka mendapatkan jawaban tercepat. Dua kelompok telah muncul: mereka yang mengetikkan kata-kata berat vokal terlebih dahulu, seperti “adieu” atau “arose”, dan mereka yang mengejar konsonan umum dengan kata-kata seperti “melotot”.

Beberapa bahkan telah membuat spreadsheet untuk mencari tahu huruf yang paling umum muncul dalam kata lima huruf. Seorang pemain menentukan bahwa itu adalah E, S, A, R dan O dan memilih untuk menggunakan “arose” sebagai tebakan pertamanya.

Yang lain hanya mengepakkannya dan mengetik apa pun yang muncul di pikiran mereka. Jika Kamu mencari strategi, coba temukan grup Facebook Wordle seperti WORDLE Friends, tempat orang-orang berbagi tip, trik, dan petunjuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya