LG Electronics Terpesona Teknologi Komputasi Kuantum, Apa Itu?

Komputer Kuantum IBM.
Sumber :
  • Deutsche Welle

VIVA – IBM mengumumkan bahwa LG Electronics telah bergabung dengan IBM Quantum Network untuk memajukan aplikasi industri komputasi kuantum (quantum computing).

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Dengan bergabung dalam IBM Quantum Network, IBM akan memberi LG Electronics akses ke sistem kuantum IBM, serta akses ke keahlian kuantum IBM dan Qiskit, yaitu kit pengembangan perangkat lunak informasi kuantum sumber terbuka IBM.

LG Electronics mengemban misi untuk mengeksplorasi aplikasi komputasi kuantum di industri guna mendukung big data, artificial intelligence (AI), connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications – yang semuanya memerlukan pemrosesan data dalam jumlah besar.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Dengan IBM Quantum Network, LG Electronics dapat memanfaatkan kecanggihan serta aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputasi kuantum seiring langkah mereka untuk bangkit, sesuai dengan roadmap atau peta jalan kuantum IBM.

Dengan memanfaatkan teknologi kuantum IBM, LG Electronics akan memberikan pelatihan tenaga kerja kepada karyawannya, sehingga memungkinkan raksasa teknologi Korea Selatan itu mendalami bagaimana terobosan-terobosan potensial dapat diterapkan pada industrinya.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

"Berdasarkan strategi inovasi terbuka yang kami miliki, kami berencana menggunakan IBM Quantum Network untuk mengembangkan kompetensi kami dalam komputasi kuantum," kata CTO dan Wakil Presiden Eksekutif LG Electronics, Byoung-Hoon Kim, Senin, 17 Januari 2022.

Hal serupa dikatakan Jay Gambetta, IBM Fellow dan VP, Quantum Computing di IBM yang menyambut baik LG Electronics dalam ekosistem komputasi kuantum yang sedang berkembang di Korea Selaran.

“Dengan terjalinnya hubungan antara IBM dan LG Electronics, LG dapat mengeksplorasi jenis masalah baru yang terkait dengan teknologi yang muncul dan akan membantu penguatan kemampuan kuantum di Korea," ujar dia.

Komputasi kuantum adalah evolusi yang menarik dalam komputasi. Sementara komputer klasik melakukan komputasi dalam bit yang merepresentasikan 0 dan 1, komputer kuantum telah menggunakan qubit yang memanfaatkan fenomena mekanika kuantum seperti interferensi dan keterkaitan (entanglement) dalam komputasi untuk memecahkan masalah yang secara fundamental tidak dapat dipecahkan komputer klasik.

Hasilnya, komputasi kuantum sangat cocok untuk membantu mengeksplorasi pendekatan baru dalam pemecahan masalah seperti yang ada dalam strategi inovasi terbuka LG Electronics, termasuk big data, artificial intelligence, connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya