Mudah! Ini Cara Membuat Tulisan Miring di WA

Jenis Font di WhatsApp
Sumber :
  • Tangkapan Layar WhatsApp

VIVA – Jika kamu belum tahu tentang fitur tebal, miring, dan coret di WhatsApp, kini kamu akan tahu. Cara membuat tulisan miring di WA ini sangat sederhana. Kamu harus menyisipkan simbol di kedua sisi teks yang ingin kamu buat tulisan tebal, miring, atau dengan "coret".

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Apa Itu WhatsApp

WhatsApp.

Photo :
  • PDQ Wire
Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

WhatsApp Messenger adalah aplikasi digital pesan instan gratis yang tersedia di Android dan iPhone yang saat ini sedang populer. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks ke pengguna lain satu-satu atau dalam kelompok. Yang penting, obrolan WhatsApp dilakukan melalui internet. Ini kontras dengan SMS stkamur, yang melewati penyedia telepon kamu.

Di dalam obrolan, WhatsApp memiliki semua fitur yang Kamu harapkan dari aplikasi perpesanan modern, termasuk opsi untuk mengirim foto, membagikan lokasi Kamu, mencari dan mengirim GIF, dan sejenisnya. Selain layanan SMS inti, WhatsApp mendukung panggilan suara, panggilan video, dan pesan suara yang direkam.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh dua mantan Yahoo! karyawan. Pada tahun 2014, Facebook membeli aplikasi tersebut, dan telah berada di bawah payung Facebook (sekarang disebut Meta) sejak saat itu. Dikutip dari makeuseof.com, layanan ini memiliki basis pengguna yang besar; itu mencapai lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia pada tahun 2020.

Taukah kamu jika WhatsApp memiliki fitur kustomisasi huruf atau font agar ukuran dan format teks yang bisa divariasikan sesuai keinginan pengguna. Dengan fitur ini, obrolan di WhatsApp semakin menarik, kreatif dan tak membosankan. Bagaimana cara mengganti font WhatsApp di Android dan iOS? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Ganti Font Tulisan Di Whatsapp Di HP Iphone Dan Android

Whatsapp.

Photo :
  • freepik.com

Jika kamu ingin mengubah ukuran font dalam obrolan WhatsApp, kamu bisa mengubahnya di Pengaturan atau Setting WhatsApp. Simak caranya berikut ini:

Ubah ukuran font dalam chat

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk Opsi lainnya
  • Ketuk Pengaturan - Obrolan - Ukuran font
  • Kamu bisa pilih font yang diinginkan, seperti Kecil (Small), Sedang (Medium), atau Besar (Large).

Ubah ukuran font di layar lain

  • Buka Pengaturan perangkat - Aksesibilitas
  • Ketuk Ukuran Font
  • Kamu bisa pilih font dari Default (setting bawaan), Besar (Large), atau Terbesar (Largest).
  • WhatsApp tidak menyediakan pilihan font khusus dengan dekorasi unik layaknya mengetik di Microsoft Word.

Jika kamu ingin membuat pesan teks lebih variatif, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk memformat font dengan teknik pintasan (shortcut) keyboard. Teknik pintasan keyboard untuk mengganti format font WhatsApp sudah ada sejak 2016. Terdapat 4 jenis font yang bisa dicoba pengguna, yakni menebalkan, memiringkan, mencoret, dan monospace. Yuk simak cara membuat tulisan miring di WA.

Cara mengganti font WhatsApp di Android dan iOs

Jenis Font di WhatsApp

Photo :
  • Tangkapan Layar WhatsApp

1. Cara Membuat Tulisan Tebal (Bold)

Pernahkah kamu mencoba tulisan tebal di huruf WA? Untuk membuat teks di pesan WhatsApp menjadi cetak tebal, pengguna dapat menambahkan tanda asterik (*) di depan dan belakang tulisan yang diinginkan. Berikut contoh tulisannya.

Contoh: *VIVA*

2. Cara Membuat Tulisan Miring di WA (Italic)

Kamu akan tahu cara membuat tulisan miring di WA berikut ini. Untuk membuat tulisan di pesan WhatsApp menjadi cetak miring, kamu perlu menambahkan tanda garis bawah atau underscore (_) di depan dan belakang tulisan yang diinginkan. Simak contohnya berikut ini.

Contoh: _VIVA_

3. Cara Membuat Tulisan Coretan (Strikethrough)

Jika kamu ingin membuat efek tulisan di pesan WhatsApp memiliki coretan di tengah hurufnya, pengguna tinggal menambahkan tanda tilde (~) di depan dan belakang teks yang diinginkan. Berikut contohnya.

Contoh: ~VIVA~

4. Karakter blok (Monospace)

Jenis huruf monospace ini mirip dengan hasil tulisan dari mesin ketik maupun kode komputer. Karakternya yang lurus dan sama lebar antarhuruf membuatnya tampak seperti blok. Untuk membuat format tulisan monospace, pengguna tinggal menambahkan tanda backtick (`) sebanyak tiga kali di awal dan di akhir tulisan.

Tanda backtick ini merupakan kutip miring yang berbeda dengan apostrof tunggal (') yang berbentuk lurus. Kamu bisa mencarinya pada simbol keyboard HP.

Contoh: ```VIVA```

Kamu pengguna Apple? Tak perlu khawatir untuk merubah jenis font berikut ini. Untuk pengguna iOs bisa menggunakan cara berikut untuk karakter blok (monospace)

  • Ketik kata atau kalimat.
  • Kemudian pilih / blok kata yang hendak kalian ganti format hurufnya. Satu kata atau bisa juga sampai beberapa kalimat sekaligus.
  • Kemudian tekan dan tahan teks yang di blok tadi sampai tampil pilihan format BIU yang akan memberikan beberapa opsi formatting yang bisa kalian pilih.
  • Pilih salah satu jenis format Monospace untuk mengganti jenis huruf menjadi seperti hasil cetakan mesin ketik.

Cara Mengubah Font di WhatsApp Menggunakan Website

Jenis Font Untuk WhatsApp

Photo :
  • Tanagkapan layar/fontsforinstagram

Salah satu website yang bisa mengubah font agar lebih menarik yaitu www.fontforinstagram.com. Website ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengubah font dalam chat WhatsApp, melainkan juga Instagram. 

Jenis font yang disajikan cukup beragam. Jadi kamu bisa memiliki alternatif pilihan untuk mengganti huruf-huruf di aplikasi WhatsApp. Selain itu pengguna juga bisa mengubah jenis font yang ingin digunakan dalam caption Instagram. Caranya pun mudah yakni cukup "copy-paste". Berikut cara-caranya: 

  • Pengguna bisa masuk ke situs tersebut dengan membuka web https://www.fontsforinstagram.com/. 
  • Setelah itu, pengguna akan langsung dihadapkan dengan sebuah kolom besar di bagian atas. 
  • Di dalam kolom putih tersebut, kamu bisa langsung menuliskan teks yang diinginkan. 
  • Kemudian, secara otomatis halaman tersebut akan memberikan sejumlah pilihan jenis huruf dan tulisan. 
  • Selanjutnya pilih jenis dan gaya tulisan yang kamu inginkan. 
  • Jika sudah memilih, cukup copy teks tersebut kemudian paste di kotak chat WhatsApp. Atau apabila ingin dijadikan sebagai caption Instagram, cukup paste di akun Instagram mu.

Itulah cara membuat tulisan miring di WA, dan beberapa cara untuk mengubah font dan gaya tulisan lainnya yang wajib kamu coba. Mudah bukan? Kamu bisa mencoba cara di atas agar obrolan chat WhatsApp kamu semakin menarik dan variative. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024