Hal Aneh Ditemukan di Planet Mars

Planet Mars menghadap Matahari.
Planet Mars menghadap Matahari.
Sumber :
  • DW

VIVA – Robot penjelajah Mars, Curiosity, menemukan campuran unsur kimia yang tidak biasa yang secara hipotetis bisa menunjukkan keberadaan kehidupan asing atau alien.

Ini merupakan satu dari tiga skenario berbeda, yang menurut para peneliti, kemungkinan menemukan karbon di dalam batuan sedimen Kawah Gale yang dikumpulkan selama sembilan tahun atau sejak Agustus 2012 hingga Juli 2021.

Curiosity lalu memanaskan 24 sampel bubuk untuk memisahkan bahan kimia individu. Hasilnya terungkap bahwa variasi yang luas dalam campuran isotop karbon 12 dan 13.

Dua isotop karbon yang stabil dapat mengungkapkan bagaimana siklus karbon mungkin telah berubah dari waktu ke waktu.

Apa yang membuat variasi ini sangat menarik, yaitu bahwa isotop karbon menunjukkan proses tidak konvensional yang berbeda dengan yang diciptakan oleh siklus karbon di era modern Bumi, seperti dilansir dari laman Science Alert, Kamis, 20 Januari 2022.

"Jumlah karbon 12 dan 13 di Tata Surya kita adalah jumlah yang ada dalam pembentukan Tata Surya," kata Ahli Geologi Pennsylvania State University, Christopher House. Ia juga menyebut keduanya ada dalam segala hal.

Karbon 12 bereaksi lebih cepat daripada karbon 13. Melihat jumlahnya maka masing-masing sampel dapat mengungkapkan siklus karbon. Salah satu penjelasan untuk tanda karbon adalah awan debu molekul raksasa.