Data Center Konsep 'Military Bunker' Siap Operasi, Lokasinya di Depok

Data center.
Data center.
Sumber :
  • Sabey Data Centers

VIVA – Pesatnya transformasi digital di Indonesia, salah satunya dalam hal digitalisasi bisnis, di era pandemi COVID-19 seperti saat ini yang mendorong permintaan terhadap fasilitas pusat data atau data center.

Seperti dketahui bahwa Indonesia memiliki visi dalam hal transformasi digital. Mulai dari mengatasi kesenjangan infrastruktur telekomunikasi di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), menerapkan ekonomi digital 4.0, hingga digitalisasi bisnis yang semakin pesat akibat pandemi COVID-19.

Seiring dengan perkembangan transformasi digital tersebut, permintaan terhadap layanan data center semakin meningkat. Tetapi, apakah kapasitas data center yang ada saat ini di Indonesia telah siap untuk menghadapi lonjakan volume data dan memenuhi ekspektasi pasar?

Area 31 hadir sebagai penyedia Tier III Hyperscale Datacenter dan Teleport Facilities. Area 31 dirancang dan dibangun di atas lahan seluas 20 ribu meter persegi khusus untuk dijadikan pusat data dan fasilitas teleport, atau lebih dikenal dengan istilah Purpose-Built Datacenter (PBDC).

Berbeda dengan konsep gedung data center pada umumnya, Area 31 mengusung konsep 'military bunker' yang dilengkapi dengan 8 lapis keamanan tingkat tinggi (8 High-Security Layers), serta memiliki diferensiasi unggul, yakni Naming Rights.

Yaitu, di mana setiap pelanggan yang berlangganan 1 Data Hall dengan kapasitas 150 Rack maka pelanggan dapat menyematkan brand atau company name sebagai identitas dari Data Hall tersebut.

Data Center Area 31.

Data Center Area 31.

Photo :
  • Area 31