8 Fitur Rahasia WhatsApp, Kamu Wajib Tahu

Video call di WhatsApp.
Video call di WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp diketahui rutin melakukan pembaruan dan menyajikan fitur anyar. Banyaknya alat yang dimiliki anak usaha Meta – sebelumnya bernama Facebook – ini kemungkinan tidak diketahui semua pengguna.

Inilah beberapa fitur rahasia WhatsApp yang mungkin tidak kamu ketahui, khususnya bagi yang baru mengenal aplikasi pesan instan yang dipakai dua miliar pengguna, seperti dilansir VIVA Tekno dari situs Pocket-lint, Selasa, 25 Januari 2022:

Kirim lokasi ke kontak

WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim lokasi ke kontak. Alat ini sangat berguna jika Anda ingin bertemu teman di suatu tempat, terutama jika Anda memilih Share Live Location yang memungkinkan kontak melihat Live Location selama durasi yang dipilih, 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

Cara penggunaan untuk iOS: Pilih obrolan > ketuk '+' di sebelah kiri > Location > Share Live Location > kemudian pilih durasi waktu yang diinginkan.

Cara untuk Android: Pilih obrolan > ketuk ikon paperclip di bagian kiri > Location > Share Live Location > kemudian pilih durasi waktu yang diinginkan.

Cari semua obrolan

Seseorang mungkin telah mengirimi Anda alamat mereka atau pernah berbicara tentang program atau film tertentu, tetapi Anda tidak ingin menelusuri semua pesan untuk mencoba dan menemukan apa yang dicari.

Pada bagian atas kotak obrolan di iOS, ada bilah pencarian jika Anda tarik ke bawah. Sedangkan Android bisa langsung mengetuk ikon pencarian.

Ketik kata-kata pada bilah pencarian yang ingin dicari. Saat Anda mengetuk bilah Search, Anda juga akan melihat daftar opsi, dari Foto hingga Audio yang memungkinkan Anda meminimalkan pencarian. Mengklik masing-masing daftar akan membawa pengguna ke bagian percakapan obrolan dengan kontak.

Cari obrolan tertentu

Jika sebelumnya mencari di semua obrolan, kali ini adalah mencari obrolan di kontak tertentu. Caranya adalah pilih obrolan, ketuk bagian atas, gulir ke bawah untuk menemukan icon Search lalu masukkan kata-kata yang hendak dicari.

Panggilan video atau suara

WhatsApp.

WhatsApp.

Photo :
  • Pixabay

WhatsApp tidak hanya memiliki fitur untuk pesan instan tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video dan suara. Panggilan WhatsApp menggunakan koneksi internet.

Cara penggunaan untuk iOS dan Android: pilih obrolan > tekan ikon panggilan atau ikon video di pojok kanan atas.

Temukan siapa yang paling sering diajak bicara

Ada cara untuk menemukan orang yang paling sering Anda kirimi pesan dan berapa banyak penyimpanan yang digunakan setiap orang. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Storage and Data > Manage Storage > lalu user akan melihat daftar kontak sesuai urutan yang menggunakan penyimpanan paling banyak.

Hapus data dengan cepat dari obrolan tertentu

Pengguna dapat menghapus semua pesan, foto, atau video, GIF, kontak, lokasi, pesan suara, dokumen, dan stiker dalam satu obrolan. Misalnya, Anda dapat menghapus semua pesan dalam obrolan atau obrolan grup tertentu, tetapi tidak menghapus data dalam format foto.

Ketuk menu Settings > Storage and Data > Manage Storage > pilih kontak > ketuk Select > centang kotak di samping data yang ingin dihapus (video atau gambar) > ketuk tempat sampah.

Pengguna juga bisa mengurutkannya berdasarkan file yang menggunakan ruang paling banyak, terbaru dan terlama jika Anda mengetuk lingkaran di sudut kiri bawah setelah mengetuk kontak.

Mengosongkan penyimpanan

WhatsApp telah mempermudah pengelolaan data yang menghabiskan penyimpanan di perangkat Anda. Anda tidak hanya dapat melihat obrolan mana yang paling banyak penyimpanannya tapi juga dapat melihat file mana yang lebih besar dari 5MB dan file mana yang telah diteruskan beberapa kali.

Masuk menu Settings > Storage and Data > Manage Storage. Di bawah bagian Review and Delete Items Anda dapat mengklik tab yang lebih besar dari 5MB atau tab yang diteruskan dan kemudian pilih yang ingin dihapus. Seperti halnya obrolan individu, Anda dapat mengurutkan dengan mengetuk lingkaran di sudut kiri bawah.

Hemat penyimpanan data

Jika Anda memiliki kuota data yang terbatas dan tidak ingin WhatsApp menghabiskan semuanya, pengguna dapat menyesuaikan kapan media diizinkan untuk diunduh, serta memastikan panggilan menggunakan data sesedikit mungkin.

iOS dan Android: masuk menu Settings > Storage and Data > Media Auto-Download > Beralih ke Wi-Fi saja untuk menyimpan data.