10 Fitur WhatsApp untuk Pemula

WhatsApp.
WhatsApp.
Sumber :
  • RT News

VIVA – WhatsApp mempunyai segudang fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna. Banyaknya fitur tersebut kemungkinan tidak semua diketahui oleh pengguna. Untuk itu, mari kita kupas beberapa fitur WhatsApp, berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Rabu, 26 Januari 2022:

WhatsApp di web dan desktop

WhatsApp tidak terbatas pada ponsel. Ada aplikasi web atau dekstop yang menyinkronkan semuanya dari ponsel. Untuk menggunakannya buka situs https://web.whatsapp.com/ atau unduh aplikasi desktop dari whatsapp.com/download/.

Kemudian buka WhatsApp di ponsel > Setting > WhatsApp Web/Desktop > pindai kode QR di browser atau aplikasi desktop. Membuka platform di web atau dekstop akan memungkinkan pengguna lebih mudah menjawab pesan saat sedang menggunakan komputer.

Ubah wallpaper di layar obrolan

WhatsApp memiliki wallpaper standar yang akan muncul sebagai latar belakang di semua obrolan. Anda dapat mengubah wallpaper dengan warna, foto sendiri atau gambar yang disediakan platform.

iOS bisa menggunakannya dengan cara masuk menu Settings > Chats > Chat Wallpaper > pilih Wallpaper Library, Solid Colours atau Photos.

Sedangkan cara untuk Android adalah masuk ke menu Settings > Chats > Chat Wallpaper > pilih Wallpaper Library, Solid Colours, Gallery, Default atau No Wallpaper.

Nyalakan pesan yang menghilang

Mengaktifkan fitur Disappearing Messages atau pesan yang menghilang akan membuat pesan baru dalam obrolan menghilang setelah tujuh hari. Cara penggunaannya adalah dengan pilih obrolan > Klik nama orang tersebut di bagian atas obrolan > aktifkan Disappearing Messages.

Kirim gambar atau video yang menghilang

WhatsApp memungkinkan user untuk mengirim gambar atau video yang hilang setelah penerima melihatnya sekali.

Ini bisa digunakan untuk foto sandi atau detail bank yang berisi informasi sensitif. Ketika penerima menutup gambar, itu akan hilang. Tapi mereka masih dapat mengambil tangkapan layar.

iOS: pilih obrolan > Ketuk '+' di sebelah kolom input pesan > pilih 'Kamera' untuk mengambil foto atau 'Perpustakaan Foto dan Video' untuk memilih foto > pilih foto > ketuk '1' di sebelah panah biru > klik panah biru untuk mengirim.

Android: pilih brolan khusus > ketuk penjepit kertas di sebelah kolom masukan pesan > pilih 'Kamera' untuk mengambil foto atau 'Galeri' untuk memilih foto > pilih foto > ketuk '1' di sebelah panah kirim biru > tekan panah biru untuk mengirim.

Face ID untuk membuka kunci WhatsApp

Jika Anda menginginkan keamanan ganda pada obrolan WhatsApp, pengguna iOS bisa menggunakan otentikasi Face ID atau Touch ID saat membuka WhatsApp. Pengguna masih dapat membalas pesan dari notifikasi dan menjawab panggilan jika WhatsApp terkunci.

Anda juga dapat mengatur durasi waktu yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur kunci layar. Untuk mengaktifkannya masuk ke menu Settings > Account > Privacy > Screen Lock > aktifkan Face ID atau Touch ID > lalu pilih durasi waktu.

Melihat dan mematikan fitur Last Seen

Fitur Last Seen akan memungkinkan pengguna untuk melihat kapan seseorang terakhir kali memeriksa WhatsApp, serta memungkinkan pengguna untuk melihat kapan terakhir kali Anda memeriksanya.

Jika kontak belum mematikan fitur terakhir terlihat, itu akan muncul di bawah nama mereka di bagian atas obrolan. Untuk menonaktifkannya adalah dengan masuk ke menu Setting, Account, Privacy, Last Seen kemudian pilih opsi Nobody.

Sembunyikan centang biru

Centang biru bisa membuat pengguna berada dalam masalah besar, terutama ketika mereka tidak langsung membalas dan seseorang melihat Anda telah membaca pesan mereka.

Anda dapat menonaktifkannya, tetapi perlu diperhatikan bahwa jika Anda melakukannya, Anda juga tidak akan mendapatkan tanda telah dibaca untuk pesan Anda.

iOS: masuk menu Settings > Account > Privacy > matikan centang biru. Sedangkan Android dengan masuk ke bar Settings > Account > Privacy > hapus centang biru.

Matikan pratinjau pesan

Pengguna bisa mematikan pratinjau pesan di iOS sehingga hanya nama kontak yang akan muncul. Caranya dengan masuk ke menu Settings > Notifications > matikan pratinjau pesan.

Sementara Android menawarkan berbagai kontrol notifikasi. Di dalam aplikasi, pengguna dapat mematikan notifikasi prioritas atau mengontrol notifikasi di tingkat sistem untuk menjaga kerahasiaan atau menghapus sepenuhnya.

Caranya masuk ke menu Setting, Notifications, matikan atau gunakan pemberitahuan prioritas tinggi.

Sembunyikan gambar profil Anda

Anda mungkin tidak ingin semua orang melihat gambar profil Anda, terutama jika Anda memiliki banyak grup di mana Anda tidak mengenal semua orang dalam grup tersebut.

Pengguna dapat memilih apakah semua orang, tidak seorang pun, atau hanya kontak Anda yang bisa melihat gambar profil. Cara untuk iOS dan Android adalah masuk ke menu Setting, Account, Privacy dan pilih foto profil.

Cara memblokir kontak WhatsApp

Ada banyak alasan mengapa pengguna ingin memblokir kontak. Jika Anda memblokir kontak, maka Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan, membuat atau menerima panggilan dari mereka.

Bahkan, jika blokir dibuka, Anda tidak akan melihat pesan apa yang dikirimkan saat mereka diblokir.

Caranya untuk pengguna iOS dan Android adalah pilih obrolan, ketuk subjek kontak di bagian atas, gulir ke bawah lalu blokir kontak.