Kebocoran Data Bank Indonesia Terus Bertambah

Hacker.
Sumber :
  • Fresh Security

VIVA – Jumlah perangkat komputer milik Bank Indonesia (BI) yang terkena Ransomware Conti masih terus bertambah. Hal ini diungkapkan oleh akun Twitter @darktracer_int dalam tweet-nya.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

"Conti ransomware gang continues to upload Bank of Indonesia's internal data. The first leak was 487MB of data but now it reaches 130GB. Compromised internal PCs were estimated at 16 initially, and now go up to 368," tulis akun tersebut seperti dikutip Rabu, 26 Januari 2022.

Akun tersebut mengatakan bahwa Geng Ransomware Conti masih terus mengunggah data internal Bank Indonesia.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Pertama kali data tersebut diunggah pada Kamis, 20 Januari kemarin. Ukuran datanya semula 487MB dan saat ini meningkat hingga 130GB. Komputer yang terinfeksi dari semula berjumlah 16 bertambah menjadi 368 unit.

Mobil Baru Laku Keras Jelang Lebaran, Ini 10 Merek Paling Diminati

Sebelumnya, Bank Indonesia mengaku telah menginformasikan kebocoran kepada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bahwa Ransomware Conti telah menginfeksi 16 unit komputer di satu cabang mereka di Bengkulu.

Tapi, menurut Peneliti Keamanan Siber Alfons Tanujaya ada cabang Bank Indonesia lain di lebih dari 20 kota di Indonesia yang terkena imbasnya.

Peretas atau hacker pasti sudah melakukan komunikasi yang intens dengan korban untuk memonetisasi serta memaparkan berapa banyak data yang mereka miliki.

"Transparansi dalam memberikan informasi data yang bocor akan menolong pemilik data terkait yang datanya dibocorkan, sehingga bisa melakukan antisipasi dan tidak menjadi korban eksploitasi dari data yang bocor tersebut," ujar Alfons.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya