7 Gunung Keramat di Dunia yang Disakralkan, Nomor 6 dari Indonesia

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.
Sumber :
  • PVMBG

VIVA – Ternyata ada beberapa gunung keramat di dunia yang mungkin jarang kamu sadari. Gunung sendiri adalah sebuah tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena mempunyai keindahan yang bisa memanjakan mata para pelancong.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Akan tetapi, dibalik keindahan tersebut ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa ada gunung yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Bukan hanya itu, di balik kemegahan gunung tersebut, ternyata ada juga berbagai cerita yang tersebar dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Nah, menyadur dari Times of India, berikut ulasan mengenai gunung keramat di dunia:

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Lantas, Apa Saja Gunung Keramat di Dunia?

1. Gunung Kailash, Tibet

Ramalan dari Naskah Prabu Jayabaya Tentang Gempa Dahsyat dab Makan Banyak Korban Jiwa

Mount Kailash

Photo :
  • U-Report

Gunung Kailash yang berada di Tibet adalah salah satu yang dianggap gunung keramat oleh masyarakat sekitar, terutama yang beragama Hindu.

Hal ini karena gunung tersebut dipercaya sebagai rumah untuk Dewa Siwa dan dipercaya jadi tempat terciptanya kehidupan yang abadi.

Bahkan, gunung tersebut adalah satu-satunya gunung yang disakralkan oleh lima agama sekaligus. Mulai dari Hindu, Buddha, Bon, Jainsme, dan Ayyavanzhi. 

Setiap tahun masyarakat yang tinggal di wilayah Gunung Kailash kerap melaksanakan sebuah ritual yang diberi nama Kora. Ritual ini dilakukan dengan cara mengelilingi gunung tersebut.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sebetulnya menginjakkan kaki di area gunung merupakan tindakan yang melanggar kesucian. Akan tetapi, ritual ini diyakini akan menghapus dosa selama kita hidup di dunia. 

2. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji di Jepang.

Photo :
  • U-Report

Gunung Fuji adalah salah satu gunung yang sudah dikenal di seluruh dunia. Gunung yang berada di Jepang tersebut memang dikenal mempunyai pesona yang sangat memukau.

Puncak gunung ini diselimuti dengan salju dan inilah yang dipandang sakral dan bahkan diyakini mempunyai kekuatan gaib. 

Puncak Gunung Fuji berhubungan erat dengan mitologi Jepang yang dipandang menjadi tempat tinggal dewa api dan juga dewa pepohonan dalam agama Shinto.

Sementara itu, agama Buddha juga meyakini bahwa Gunung Fuji adalah kediaman Dainichi Nyorai yang mana ia adalah Buddha Segala Kebijaksanaan Yang Bercahaya. 

3. Gunung Kinabalu, Malaysia

Ilustrasi rute Ferrata di Gunung Kinabalu

Photo :
  • Mount Kinabalu

Gunung keramat ini mempunyai arti gunung batu dan menjadi tempat tinggal roh halus sehingga Gunung Kinabalu dipandang sebagai gunung keramat atau sakral.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, roh halus ini setiap hari melakukan kegiatan berladang. Maka dari itu, gunung tersebut begitu dihormati oleh masyarakat setempat.

Bahkan, zaman dahulu setiap pendaki harus melaksanakan ritual monolob atau ritual penghormatan. Akan tetapi, ritual tersebut saat ini hanya dilakukan setahun sekali oleh para dukun atau bobolian.

4. Gunung Mauna Kea, Hawaii

Matahari terbenam di Mauna Kea Hawaii

Photo :
  • huffingtonpost

Gunung keramat ini berada di Hawaii, Amerika Serikat dan termasuk ke dalam gunung berapi. Bahkan, masyarakat setempat memandang Hawai Mauna Kea sebagai tali pusar yang menghubungkan antara taah dan dewa-dewa. Tak ayal, gunung ini dipandang sebagai gunung yang memiliki pesona tersendiri yang tidak dapat dijelaskan. 

5. Gunung Sinai, Mesir

Bukit Sinai di Mesir

Photo :
  • http://www.worldcities.bloguez.com/

Gunung yang kerap dinamakan sebagai Jabal Musa ini adalah gunung keramat yang disakralkan oleh masyarakat setempat, terutama untuk masyarakat yang beragama Islam dan Kristen.

Gunung Sinai diyakini menjadi tempat Nabi Musa memperoleh 10 perintah dari Allah SWT. Kemudian di bagian puncak Gunung Sinai ada sebuah gereja Kristen Ortodoks dan satu Masjid untuk umat Islam.

6. Gunung Agung, Bali, Indonesia

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali.

Photo :
  • PVMBG

Gunung Agung merupakan salah satu gunung keramat dengan penuh kesucian. Para pemeluk agama Hindu yang ada di Bali percaya bahwa gunung ini adalah tempat berdirinya istana yang dihuni oleh para dewa. 

Maka dari itu, masyarakat Hindu di Bali memandang Gunung Agung sebagai tempat suci yang mesti dijaga kesakralannya. Menariknya, masyarakat setempat membuat sebuah bentuk penghormatan dengan cara mengadakan upacara persembahan pada waktu tertentu. 

7. Gunung Paektu, Korea

Gunung Paektu

Photo :
  • Tangkapan Layar

Gunung Paektu terletak di Semenanjung Korea dengan sejarah yang belum banyak diketahui orang. Gunung ini menjadi saksi bisu perang perang Korea dengan Jepang. Masyarakat setempat meyakini bahwa gunung keramat ini adalah tempat asal leluhurnya dan menjadi salah satu gunung berjiwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya