Logo BBC

Cerita Kazakhstan Jadi Negara Penambang Kripto Terbesar Kedua Dunia

Ilustrasi uang kripto.
Ilustrasi uang kripto.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Almaz Magaz
BBC
Almaz Magaz, 19 tahun, bekerja di tambang Bitcoin terbesar di Kazakhstan.

Tahun lalu, ketika China tiba-tiba melarang penambangan mata uang kripto, industri ini berkembang pesat di negara tetangganya, Kazakhstan.

Negara di Asia Tengah ini sekarang adalah penambang terbesar kripto kedua di dunia, namun pusat-pusat data yang menyedot energi besar memberi tekanan kuat pada pembangkit listrik tenaga batu bara – meningkatkan polusi dan emisi karbon.

Moldir Shubayeva berjalan berkeliling di dalam sebuah gedung berdebu yang merupakan tempat menambang Bitcoin miliknya.

Tempat ini baru-baru ini saja berfungsi sebagai pertambangan mata uang kripto, dan sebagai seorang perempuan, sosoknya menonjol di antara para pekerja konstruksi dan pekerja harian yang memenuhi bangunan itu.

Moldir, 35 tahun, hari itu mengenakan pakaian bergaya smart casual. Dari balik kacamata dengan lensa berwarna semburat kekuningan, ia memperhatikan gulungan kabel-kabel besar di dalam kontainer, siap dipindahkan ke gudang.

Moldir Shubayeva
BBC
Moldir Shubayeva adalah penambang Bitcoin perempuan pertama di Kazakhstan.

Moldir adalah satu dari sejumlah wirausaha-kripto yang mulai bermunculan di Kota Almaty, Kazakhstan.

Ia menjadi karakter besar di industri yang didominasi oleh pria ini, dan dihormati sejawatnya karena berhasil membesarkan perusahaan pertambangannya menjadi salah satu yang terbesar di negara tersebut.

"Saya menghabiskan empat tahun terakhir hidup saya untuk bekerja, bahkan tak jarang saya tidur di kantor," kata dia.

Moldir mulai tertarik pada Bitcoin sekitar lima tahun lalu, dan mulai menambang kripto bersama saudara laki-lakinya di rumah, sebelum membangun beberapa pertambangan yang lebih besar, lalu menyewakannya.

Dia berkata, pertumbuhan bisnisnya, dan industri ini secara keseluruhan di Kazakhstan, sangat pesat - terutama setahun terakhir.

"Pagi saya diawali dengan mengecek harga Bitcoin, untuk melihat pertumbuhannya. Jika harganya menembus US$50.000 per koin, saya langsung bersemangat. Adrenalin saya langsung terpompa."

Baca juga: