Urine Manusia Disulap Jadi Pupuk Tanaman

Ilustrasi urine.
Sumber :
  • Pixabay/ frolicsomepl

VIVA – Ilmuwan Australia berencana untuk menguji coba penggunaan urine manusia sebagai pupuk untuk tanaman dan halaman rumput di taman kota. Percobaan akan membutuhkan toilet di taman dengan teknologi U-bend.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Teknologi pemisahan urine ini akan menjebak nutrisi yang baik dari urine untuk digunakan kembali sekaligus menghilangkan semua bahan kimia yang tidak diinginkan seperti logam berat.

Urine mengandung makronutrien utama, seperti potasium, fosfor dan nitrogen untuk pertumbuhan tanaman dan oleh karena itu menjadi pupuk yang sangat baik, mengutip dari situs Daily Mail, Jumat, 4 Januari 2022.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Tidak seperti menambang Bumi dan atmosfer untuk bahan kimia tersebut, urine bebas didapatkan, berlimpah dan sama sekali tidak ada habisnya. Uji coba direncanakan untuk taman umum di Sydney dan Brisbane - keduanya di Australia.

Insinyur kimia di University of Melbourne Stefano Freguia telah menulis makalah tentang desain toilet yang potensial. Dia mengusulkan sistem pertama di dunia ini untuk tidak memerlukan kontrol manusia.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Itu akan menggunakan anoda dan katoda untuk memisahkan bahan kimia dalam urine juga menggunakan elemen di udara sekitar sebagai katalis.

Proyek ini dipimpin oleh Cities Research Institute (CRI) di Griffith University di Queensland, Australia, di bawah ARC Research Hub for Nutrients in a Circular Economy (NICE).

"Urine manusia adalah harta karun berupa nutrisi emas cair yang dapat membantu menumbuhkan tanaman yang kita makan. Nitrogen, fosfor dan kalium dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman dan sangat bersih dibandingkan dengan limbah lainnya," kata Kepala penyelidik Cara Beal.

Air seni manusia memiliki kalium, fosfor dan nitrogen dalam konsentrasi yang sama dengan yang ditemukan dalam pupuk,

Saat ini untuk untuk mengekstrak nitrogen dari atmosfer membutuhkan biaya yang mahal. Sementara fosfor adalah sumber daya terbatas yang ditambang dari batu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya