Jaringan 5G dan MotoGP Mandalika akan Melesat Bareng

Jaringan 5G di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA – Telkomsel memastikan kesiapan konektivitas mobile broadband 4G/LTE serta ragam layanan unggulan untuk kenyamanan masyarakat Kawasan Mandalika, serta para pengunjung yang nantinya akan hadir menyaksikan gelaran MotoGP 2022 pada 18 Maret mendatang.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Optimalisasi kesiapan tersebut telah disampaikan secara langsung oleh operator telekomunikasi pelat merah itu saat mendampingi kunjungan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail, di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

"Kami telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE, serta nantinya akan menggelar akses jaringan 5G dengan sejumlah use case teknologi terkait di Mandalika International Street Circuit," ungkap Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho, dalam konferensi pers virtual, Jumat malam, 11 Februari 2022.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Menurutnya, Telkomsel telah melakukan penambahan 68 BTS 4G/LTE yang melengkapi total 382 BTS 4G/LTE dan telah melayani kebutuhan akses broadband masyarakat di Kawasan Mandalika.

Nugroho juga menjelaskan, optimalisasi jaringan akan dibarengi dengan penambahan kapasitas dan penguatan kualitas di seluruh BTS 4G/LTE tersebut, dan akan menjangkau area populasi masyarakat yang diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik broadband seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan MotoGP 2022.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Lokasi atau area tersebut di antaranya penginapan, wisata kuliner, pusat kesehatan, titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, destinasi wisata, dan venue MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Nugroho mengaku sudah menambah 6 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) guna memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan terutama bagi tim peserta balap motor yang menjalankan sesi pra musim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari di Kawasan Mandalika.

Bukan itu saja. Selama perhelatan berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital di gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Gelaran yang dimaksud seperti melalui pemanfaatan teknologi VR Tourism, AR Industrial Work Instruction, 5G Humanoid Robot, VR & Cloud Gaming, VR Training & Collaboration, dan 5G Remote Control Drone.

Telkomsel juga menyediakan booth penjualan di sejumlah titik di jalur utama, serta berkolaborasi dengan para mitra reseller/outlet di sekitar Kawasan Mandalika International Street Circuit, guna memastikan ketersediaan akses terhadap produk dan layanan terkini bagi pelanggan dan pengunjung yang akan hadir.

"Kami pastikan ketersediaan ragam layanan broadband dan digital unggulan seperti penjualan paket data dan voucher fisik internet dengan harga terjangkau, isi ulang pulsa, upgrade/ganti kartu uSIM, edukasi fitur self-provisioning kartu SIM untuk layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel," jelas Nugroho.

Ini semua, lanjut dia, bertujuan untuk membantu kemudahan para warga negara asing yang akan hadir di Kawasan Mandalika untuk melakukan registrasi prabayar.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail, memastikan Telkomsel siap mengomersialisasikan layanan 5G untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Komersial jaringan seluler generasi kelima itu akan dihadirkan bertepatan dengan ajang MotoGP yang dihelat di Pertamina Mandalika International Street Cirkuit pada tanggal 18-20 Maret 2022. Telkomsel merupakan operator seluler yang sudah siap menghadirkan 5G ke masyarakat sekitar Mandalika," tegasnya.

Ia juga menjelaskan untuk 5G showcase, jaringan tersebut akan dihadirkan di ruangan, sehingga masyarakat yang ada di Mandalika, bisa mengetahui kalau 5G bisa dimanfaatkan apa saja. Kemudian, 5G experience nantinya di beberapa titik akan ada sinyal 5G.

"Di MotoGP nanti ada 5G yang beroperasi secara penuh, komersial, yang disiapkan oleh Telkomsel dengan beberapa Base Transceiver Station (BTS)," papar Ismail. Untuk diketahui, ada dua operator telekomunikasi yang menggelar jaringan generasi kelima di Kawasan Mandalika, yaitu Telkomsel dan XL Axiata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya