Logo BBC

Curhat Korban Fatamorgana Deepfake di Aplikasi Kencan Online

Yzabel Dzisky.
Yzabel Dzisky.
Sumber :
  • bbc

YZABEL DZISKY
Yzabel Dzisky saat di Istanbul


Cinta bisa menipu. Bahkan romansa tatap muka kita sehari-hari dapat memiliki kedalaman yang tersembunyi dan menyakitkan.

Tetapi ketika Anda menjalin hubungan hanya melalui dunia ilusi teknologi canggih, perasaan Anda yang paling intim pun dapat menjadi lebih rentan terhadap kekecewaan yang mengoyak hati.

Inilah yang terjadi pada Yzabel Dzisky, seorang pembuat film asal Prancis yang terpikat oleh dunia kencan daring (online), dan akhirnya jatuh dalam fatamorgana deepfake.

Dia mengatakan kepada BBC bagaimana dia jatuh cinta dengan seorang pria lewat kencan online yang ternyata tidak ada di dunia nyata, bagaimana tipuan itu membuatnya hancur dan bagaimana pula dia terus mencari kebenaran yang dia harap dapat menyembuhkan patah hatinya itu.

Pada 2017, Yzabel berusia 46 tahun, lajang dan ingin membuat film dokumenter tentang aplikasi kencan.

Rencananya adalah mewawancarai orang-orang secara acak dan mencari narasumber potensial. Tapi ide dokumenter ini juga tampaknya seperti kesempatan untuk menemukan cinta bagi dirinya sendiri.

"Teman-teman yang masih lajang memberi tahu saya tentang semua kisah cinta lucu dan kencan mereka di aplikasi-aplikasi itu. Pertama, saya pikir akan coba masuk dan mewawancarai orang-orang. Tapi saya pikir jika mereka berhasil menemukan cinta di sana, mungkin saya juga bisa," ujarnya.

Dia akhirnya menemukan profil seorang pria tampan. Namanya `Tony` (Colby) - setidaknya itu nama yang dipakai untuk memperkenalkan diri - seorang ahli bedah yang berbasis di Los Angeles tetapi berencana untuk segera pindah ke Prancis.

Dia lalu mengambil langkah pertama di aplikasi kencan itu, langsung beri tanda `suka` dan `geser`. Mereka pun langsung `cocok`.

Keduanya langsung mengobrol selama lebih dari seminggu dan dari situ Yzabel dikejutkan oleh sejumlah kebetulan.

"Dia berbicara tentang hidupnya, dan saya menceritakan tentang kehidupan saya. Menariknya, nama anjing kami dan nama putri kami kebetulan sangat mirip.

Perempuan suka dengan hal-hal yang kebetulan dan menurut saya itu sangat romantis. Jadi saya membiarkan diri terbawa oleh kisah cinta ini."

Selanjutnya dia ingin melihat pria itu lewat komunikasi video.


BBC
Butuh panggilan video di layar yang lebih besar bagi Yzabel untuk menyadari bahwa dia sedang melihat deepfake.


Pada suatu malam dengan teman-temannya, Yzabel Dzisky menelepon `Tony` di ponselnya. Dan selama telepon video 10 menit itu, dia menunjukkan wajah Tony kepada teman-temannya.

Kepalanya yang nyaris tidak bergerak dibingkai di layar ponsel kecil.