Ditemukan Serangga Memiliki Kelamin Ganda

Ilustrasi serangga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seekor serangga tongkat mengejutkan pemiliknya ketika melepas kulitnya dan menunjukkan dirinya memiliki kelamin ganda, yaitu setengah jantan dan setengah betina.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Bernama Charlie, serangga itu memiliki gynandromorph pertama yang dilaporkan dari spesies sejenis, menurut para ahli di Museum Sejarah Ilmiah (Natural History Museum).

Mereka mengatakan makhluk itu berganti kulit di rumah pemiliknya di Suffolk, Inggris untuk memperlihatkan tubuh hijau terang yang merupakan ciri dari kelamin betina dan sayap coklat sebagai jantan.

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Pemiliknya, Lauren Garfield, kini telah menyumbangkan Charlie ke museum London untuk penelitian ilmiah.

Namun sayangnya, serangga itu harus di-eutanasia atau dimatikan untuk dapat dipelajari di masa depan. Karena, jika mereka mati secara alami, makhluk itu akan mengerut dan kehilangan warna.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

Garfield mengatakan bahwa Charlie awalnya tampak seperti serangga tongkat lain yang dia pelihara dan kembang biakkan di rumahnya di Waldringfield. Tetapi, ketika berganti kulit, maka serangga itu mulai menarik perhatian.

"Saya telah membiakkan serangga tongkat selama beberapa tahun dan secara tidak sengaja membiakkan serangga tongkat kacang hijau gynandromorphic. Itu berarti setengahnya betina (sisi hijau) dan setengah jantan (sisi coklat dengan sayap)," ujarnya.

Jantan biasanya memiliki panjang tubuh antara 3,5 inchi (9 cm) dan 5 inchi (13 cm), sedangkan betina tumbuh antara 5,5 inchi (14 cm) dan 7 inchi (18 cm), menurut situs Daily Mail, Senin, 21 Februari 2022.

Ia mengatakan putranya sangat senang dengan penemuan itu sehingga dirinya membawa Charlie ke sekolah untuk ditunjukkan kepada anak-anak lain, sebelum menghubungi seorang ahli serangga di Natural History Museum.

Setelah bertukar foto, dia kemudian setuju untuk mengirim Charlie ke museum agar serangga tongkat itu bisa diperiksa lebih lanjut oleh para ahli.

Dalam posting Facebook-nya, Garfield menambahkan kejadian seperti ini jarang dilaporkan sebelumnya. Charlie telah dikirim ke museum untuk ditambahkan ke koleksi mereka dan Garfield diminta untuk menulis artikel jurnal tentang itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya