Instagram Hilangkan Opsi Ini di Platform

Logo Instagram.
Sumber :
  • Instagram/@hiiyyk

VIVA – Instagram menghilangkan opsi pengingat harian atau fitur "daily time limit" di bawah 30 menit dari aplikasinya setelah sebelumnya layanan tersebut tersedia.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Dengan perubahan tersebut, kini durasi minimal untuk pengingat harian tersebut hanyalah 30 menit dan paling maksimal adalah tiga jam.

Melansir situs The Verge, Selasa, 22 Februari 2022, sebelumnya opsi pengingat harian di Instagram memiliki minimum durasi penggunaan yaitu 10 menit dan sudah ada sejak 2018.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Ketika fitur itu dipilih dan diaktifkan oleh pengguna, maka pengguna akan dikeluarkan dari Instagram secara otomatis apabila melebihi durasi yang telah ditentukan itu.

Adapun pengingat harian itu memiliki beberapa pilihan opsi durasi mulai dari 30 menit, 45 menit, satu jam, dua jam, dan tiga jam. Meta, induk usaha Instagram, hingga kini belum menanggapi komentar tentang perubahan tersebut.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Terkait dengan fitur pengingat harian, pada dasarnya Instagram menginginkan agar masyarakat bisa menghabiskan waktu yang efektif di aplikasi besutannya.

Kehadiran fitur itu sebenarnya berbarengan dengan banyaknya kritis kepada perusahaan teknologi karena berefek pada perilaku penggunanya yang menjadi ketergantungan.

"Kami ingin menguatkan orang- orang untuk membuat keputusan bijak khususnya dalam berapa banyak mereka menghabiskan waktu," demikian keterangan resmi Instagram.

Sebelumnya, karyawan yang bekerja untuk Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram dan WhatsApp, memiliki nama baru untuk diri mereka sendiri, yakni Metamates atau Teman Meta.

Ide ini tercetus langsung oleh Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg. Frase 'Meta, Metamates, me' diangkat sebagai urutan kepentingan yang harus dipertimbangkan karyawan ketika harus membuat keputusan.

"Meta, Metamates, me adalah tentang menjadikan pelayan yang baik dari perusahaan dan menjadi misi kami," kata Zuckerberg.

"Ini tentang rasa tanggung jawab yang kita miliki untuk kesuksesan kolektif kita dan satu sama lain sebagai rekan satu tim. Ini juga tentang menjaga perusahaan kita satu sama lain," jelas Mark.

Selain rebranding karyawan, Meta juga mengubah slogan terkenal Facebook yang sebelumnya 'bergerak cepat' menjadi 'bergerak cepat bersama-sama' dan 'berani' akan diganti dengan 'membangun hal-hal yang mengagumkan'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya