Jokowi Minta Talenta Digital di Luar Negeri agar Pulang Kampung

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan talenta digital, yang kini berada di luar negeri, harus diundang kembali ke Tanah Air untuk menciptakan ekonomi lebih kondusif melalui pembangunan sistem digital lebih baik lagi di Indonesia.

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

"Ekonomi yang kondusif harus kita bangun bersama-sama, dan digital talent yang kita miliki, yang ada di luar, memang harus kita undang kembali ke Tanah Air. Digital talent baik di bidang AI (artificial intelligence), di cloud computing, di digital design, di digital marketing, di blockchain; saya kira banyak anak-anak kita yang ada di luar yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air, dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik," kata Presiden, saat meresmikan Sea Labs Indonesia melalui konferensi video, Selasa, 1 Maret 2022.

Jokowi mengatakan Indonesia memiliki potensi besar di sektor ekonomi digital. Pada 2025, potensi ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai US$146 miliar (Rp2.093 triliun).

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Selain itu. kontribusi ekonomi digital Indonesia juga diproyeksikan naik delapan kali pada 2030, yaitu di angka Rp4.531 triliun.

"Ini sebuah angka yang besar sekali. Dan seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021. Tapi yang saya tidak ingin adalah Indonesia hanya jadi pasar saja, Indonesia juga harus menjadi pemain," tegasnya.

Ekonomi RI Kuartal I Tumbuh 5,11 Persen, Aprindo: Cukup Kondusif bagi Peritel 

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga berharap seluruh SDM bertalenta digital yang berada di luar negeri bisa pulang kembali ke Tanah Air.

Indonesia memiliki banyak peluang yang ditawarkan perusahaan-perusahaan besar kepada para SDM bertalenta digital tersebut, tambahnya.

Presiden Jokowi berterima kasih kepada Sea Labs Indonesia yang telah banyak mengundang berbagai SDM bertalenta digital untuk kembali ke Tanah Air.

Ia juga menerima informasi dari Sea Labs Indonesia bahwa pada 2023 diperkirakan ada 1.000 orang SDM bertalenta digital yang bisa kembali ke Indonesia. "Ini harus mengatakan apa adanya, saya sangat menghargai upaya-upaya seperti ini," ujar Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya