3 Cara Registrasi Kartu XL untuk Pengguna Baru dan Lama Tanpa Ribet

Website XL Axiata untuk registrasi kartu baru
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Cara registrasi kartu XL terbilang mudah dilakukan, baik untuk pengguna baru guna mengaktivasi kartu atau pengguna lama sebagai tahap registrasi ulang. Proses registrasi kartu perdana ini dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak tahun 2017 yang mengharuskan seluruh pengguna telepon seluler untuk melakukan registrasi kartu selulernya dengan cara memasukan NIK dan nomor KK. Seluruh provider di Indonesia mempunyai sistem registrasi kartu SIM yang sama. 

Terpopuler: Pajak Tahunan Innova Zenix Hybrid, Bocah 5 Tahun Bawa Mobil PLN

XL sendiri mempunyai berbagai keunggulan sehingga banyak orang yang memilih kartu XL sebagai provider untuk berkomunikasi. Seperti kecepatan internet yang bisa mencapai 3,6 Mbps, sinyal kuat dan stabil, sampai paket internet yang cukup variatif, semuanya bisa diperoleh dengan memakai kartu XL. Pemerintah sendiri memang gencar mengingatkan masyarakat untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar mereka. Nah, berikut adalah ulasan tentang cara registrasi kartu XL yang disadur dari berbagai sumber. 

Tujuan Registrasi Kartu SIM

Apakah MK Tolak Gugatan Syarat Usia SIM seperti Tolak Masa Berlaku SIM Seumur Hidup?

Cara transfer pulsa XL.

Photo :
  • Tangkapan layar xl.co.id

Cara registrasi kartu SIM sebenarnya tidak hanya untuk pelanggan kartu XL. Untuk kamu yang memakai kartu SIM dari perusahaan telekomunikasi yang lain juga harus mendaftarkan kartunya. Tujuan hal ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan kau sebagai pelanggan layanan seluler. Bukan hanya itu, registrasi kartu SIM juga dapat membantu untuk mengurangi tingkat penipuan. 

Pria Ini Gugat Syarat Usia Pembuatan SIM ke MK karena Kagum 2 Bocah SD Motoran Madura-Jakarta

Bahkan, hal ini juga dapat memudahkan proses pelacakan jika seandainya ponsel hilang atau dicuri. Disamping itu, cara registrasi kartu XL ternyata juga dapat mempermudah penyediaan layanan untuk pelanggan layanan telekomunikasi yang lain, misalnya adalah transaksi non tunai dan online. 

Syarat Umum Registrasi Kartu SIM

Kartu SIM XL.

Photo :
  • Tangkapan layar xl.co.id

Secara umum, cara registrasi kartu XL ini sebenarnya tidak jauh berbeda antara satu provider dengan yang lainnya. Sebelum melaksanakan registrasi, jangan lupa untuk menyiapkan dulu nomor pelanggan prabayar XL kamu. Selain itu, hal lain juga yang harus disiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). 

Kemudian pastikan juga bahwa nomor NIK telah sesuai dengan yang terdapat di dalam e-KTP atau Kartu Keluarga. Jangan sampai kamu salah memasukkan nomor KK. Kemudian penting juga untuk kamu mengetahui bahwa tidak boleh memakai data NIK dan KK milik orang lain, karena menjadi bentuk pelanggaran hukum. 

1. Cara Registrasi Kartu XL Melalui SMS untuk Pengguna Baru

XL Axiata rilis kartu perdana XtraFUN dengan menggandeng Indomaret

Photo :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty

Cara registrasi kartu XL ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Seperti yang kita ketahui bahwa kebijakan pemerintah melalui Kominfo mewajibkan setiap pengguna kartu SIM untuk melakukan registrasi. Registrasi atau pendaftaran kartu ini bisa dilakukan untuk semua, baik pengguna baru atau pengguna lama. Dengan melakukan registrasi kartu SIM ini, maka pengguna dapat menikmati berbagai layanan dan fitur. 

Selain itu, dengan meregistrasikan kartu juga akan meningkatkan keamanan pemakaian kartu seluler dan terhindar dari penyalahgunaan data. Karena itu, penting untuk melakukan registrasi kartu SIM seluler. Bila kamu termasuk pengguna kartu XL baru, berikut adalah cara registrasinya secara lengkap sesuai dengan kebijakan dari XL. 

Untuk meregistrasikan nomor baru, kamu dapat mengirimkan SMS ke nomor 4444 dengan format: DAFTAR#NIK#NOMOR KK. Misalnya: DAFTAR#123456789#123456789. Bila kamu mendapatkan balasan “Maaf data no. KK yang Anda masukkan salah”, maka kamu harus kembali mengecek nomor KK dan pastikan bahwa nomor tersebut sudah benar. 

Akan tetapi, bila kamu mendapatkan SMS balasan dengan “Maaf saat ini permintaan Anda tidak dapat diproses”, ada baiknya kamu menunggu terlebih dahulu selama beberapa waktu untuk kembali melakukan registrasi kartu XL. 

2. Cara Registrasi Kartu XL untuk Nomor Lama

Logo XL Axiata.

Photo :
  • Dok. XL Axiata

Usai mengetahui cara registrasi kartu XL untuk pengguna baru, penting juga untuk mengetahui cara aktivitas ulang untuk pelanggan lama. Sebetulnya cara registrasi kartu XL ini tidak kalah mudah dan praktis. Terdapat beberapa cara untuk pelanggan lama berikut ini. Kamu dapat mengirimkan SMS dengan format ULANG#NIK#NOMOR KK ke 4444. Misalnya ULANG#123456789#123456779. 

3. Cara Registrasi Melalui XL Center

XL Axiata.

Photo :
  • XL Axiata

Selain cara mengirimkan SMS, registrasi kartu XL ini juga dapat dilakukan lewat XL Center terdekat. Jadi, untuk kamu yang masih bingung tentang melakukan registrasi sendiri, kamu dapat mendatangi langsung cabang XL Center terdekat untuk memperoleh bantuan dari customer service. 

Setelah itu, untuk mengecek apakah nomor XL kamu sudah terdaftar, kamu dapat membuka menu Dial Up di ponsel, kemudian ketikkan kode *123*4444#. Nantinya, layar ponsel kamu akan memperlihatkan informasi mengenai registrasi kartu kamu. 

Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal

XL Axiata.

Photo :
  • XL Axiata.

Bukan tidak mungkin saat kamu meregistrasikan kartu XL mengalami kegagalan. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi saat registrasi kartu XL gagal. Sebab kegagalan ini ada beberapa, salah satunya adalah kesalahan saat memasukkan data dan syarat dari aktivasi kartu. 

Akan tetapi, bukan hanya itu, terdapat penyebab lain yang juga dapat menjadi salah satu faktor cara registrasi kartu XL gagal. Mulai dari kesalahan saat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Kemudian kamu juga harus mengetahui format pesan untuk registrasi karena setiap provider mempunyai format sendiri. Sebab lainnya adalah kartu XL yang akan didaftarkan sudah hangus atau mati. 

Solusi Registrasi Kartu XL yang Gagal

XL AXIATA, Setiap Hari Luar Biasa

Photo :

Usai mengetahui penyebab registrasi kartu XL yang gagal ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kegagalan tersebut. Tentu saja ini penting untuk diketahui bila mengalami kegagalan registrasi. Bila kegagalan ini karena data-data yang dimasukkan salah, maka kamu harus memeriksakan kembali. Cobalah untuk mengecek ulang apakah NIK atau nomor KK sudah benar atau belum dan cek juga pada SMS yang dikirimkan. 

Kemudian jangan lupa untuk mengecek apakah format SMS sudah sesuai dengan ketentuan atau belum. Bila hal ini adalah penyebab kegagalan, maka kamu dapat mengirimkan SMS kembali. Perlu diketahui juga bahwa setiap pengguna hanya dapat mengirimkan aktivasi kartu sebanyak lima kali, jadi jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Surat Izin Mengemudi atau SIM

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Polri sudah mengeluarkan aturan terbaru terkait pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) lewat Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021, salah satunya syarat usia bikin SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024