4 Cara Registrasi Kartu Smartfren, Bisa Lewat Website Logh

Kantor Pusat Smartfren.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Cara registrasi kartu Smartfren harus diketahui baik untuk pengguna baru maupun pengguna lama. Apalagi sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pada Peraturan Menkominfo Nomor 12/2016, seluruh pengguna provider di Tanah Air wajib melakukan registrasi kartu. Registrasi kartu berarti melakukan pendaftaran atau pengaktifan kartu secara resmi. Dengan melakukan registrasi kartu tersebut, maka pengguna bisa menikmati berbagai fitur atau layanan yang sudah disediakan. 

Tak Dibelikan Ponsel, Pemuda Ini Nekat Panjat Tower PDAM Coba Bunuh Diri

Selain itu, registrasi kartu juga bisa mencegah tindak kejahatan yang semakin marah lewat teknologi digital seperti ponsel. Maka dari itu, seluruh pengguna provider diharuskan untuk segera melakukan registrasi. Registrasi ini berlaku untuk seluruh pengguna, baik pengguna baru atau pengguna lama. Salah satunya adalah cara registrasi kartu Smartfren yang dapat dilakukan melalui SMS maupun lewat website resmi. 

Registrasi kartu sendiri akan memudahkan penyediaan layanan untuk konsumen telepon seluler, seperti transaksi online. Untuk yang akan melakukan registrasi, khususnya provider Smartfren hanya memerlukan data valid seperti Nomor Kartu Keluarga dan KTP. Setelah itu, kamu bisa melakukan registrasi kartu sendiri dengan mudah. 

Begal Bercelurit Sasar Pelanggan Warkop di Bekasi, HP dan Dompet Dirampas

Smartfren sendiri adalah provider di Indonesia yang sudah hadir sejak beberapa tahun yang lalu. Provider yang satu ini kerap menjadi incaran para remaja lantaran menawarkan paket internet murah dengan kuota yang besar. Smartfren sendiri menawarkan berbagai kemudahan untuk para penggunanya, salah satunya adalah cara registrasi. Nah, berikut adalah ulasan tentang cara registrasi kartu Smartfren yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat SMS

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Galeri Smartfren di salah satu mal di Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

Cara pertama ini adalah yang paling mudah dan paling umum dilakukan oleh pengguna lantaran tidak memerlukan akses internet. Perlu dipahami bahwa mengirimkan SMS untuk meregistrasikan kartu tidak akan dikenai biaya atau gratis. Sehingga kamu yang membeli kartu baru tanpa pulsa tetap dapat melakukan registrasi. Kamu hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan Nomor Kartu Keluarga. 

Kamu hanya perlu mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#Nomor KK, misalnya 1234567890#1234567890. Setelah mengirimkan SMS dengan format tersebut, tunggu beberapa waktu hingga kamu memperoleh SMS balasan yang menyatakan bahwa proses pendaftaran sudah berhasil. 

Walaupun tampak mudah, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Pertama adalah memastikan bahwa angka NIK dan Nomor KK yang akan kamu masukkan berjumlah 16 digit. Karena, prose registrasi kartu Smartfren ini akan gagal bila kurang atau kelebihan memasukkan nomor tersebut. 

Kedua, pastikan juga bahwa NIK kamu sudah sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga. Karena, ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa registrasi tersebut gagal karena Nomor KK yang berubah, misalnya karena faktor pernikahan, pecahnya anggota keluarga, dan lain sebagainya. 

2. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Website Resmi

Situs my.smartfren.com

Photo :
  • Tangkapan layar Situs my.smartfren.com

Cara kedua ini juga tidak kalah mudah untuk meregistrasikan kartu Smartfren, tapi memerlukan koneksi internet. Untuk melakukan cara yang kedua ini, kamu dapat memakai sarana ponsel atau komputer. Langkahnya kamu hanya perlu membuka laman https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php. Setelah itu, isi kolom jawaban, yang diawali dengan nomor Smartfren hingga kolom kode captcha. 

Untuk kode verifikasi sendiri, kamu dapat memilih salah satu opsi yang disediakan, seperti memasukkan kode PUK yang ada di belakang cangkang fisik kartu, memasukkan kode aktivasi (tulisan di stiker box ponsel kamu), atau mengirimkan kode lewat SMS ke ponsel kamu. 

Setelah itu, tambahkan 16 digit NIK ke dalam kolom yang sudah disediakan. Sementara untuk nomor KK, kamu dapat memilih memasukkannya ke dalam kolom atau mengunggah foto. Kemudian masukkan alamat email dan nomor ponsel yang lain. Sebelum klik lanjut, jangan lupa untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan serta memasukkan kode captcha. 

3. Cara Registrasi Kartu Smartfren dengan Datang ke Gerai Smartfren

Smartfren.

Photo :
  • Istimewa

Bila kamu tidak dapat melakukan registrasi kartu Smartfren dengan kedua cara di atas, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendatangi gerai Smartfren terdekat. Kamu akan dibantu oleh petugas yang tengah berjaga untuk meregistrasikan kartu. Kamu hanya perlu membawa kartu Smartfren, KTP, dan Kartu Keluarga. 

4. Cara Registrasi Kartu Smartfren Lewat Aplikasi

Cara tukar poin Smartfren

Photo :
  • tangkapan layar

Berikutnya adalah cara registrasi kartu Smartfren lewat aplikasi, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi MySmartfren di ponsel. Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih menu registrasi. Kemudian isilah data dan periksa dengan benar. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa registrasi yang dilakukan sudah berhasil. 

Cara Cek Status Nomor 

Kantor Pusat Smartfren.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

Pengguna kerap dibuat bingung apakah nomornya sudah terdaftar atau belum. Sebaiknya kamu mengecek status nomor kamu untuk memberikan kepastian. Langkah pertama adalah membuka laman https://my.smartfren.com/check_nik.php, kemudian masukkan NIK, nomor Smartfren dan kode verifikasi untuk memastikan kamu bukan robot. Lalu, klik cek status untuk mengetahui apakah nomor kamu sudah teregistrasi atau belum.

Hal Penting yang Harus Diketahui

Kartu Perdana Smartfren 1ON+ internetan anti waswas.

Photo :

Selain cara registrasi kartu Smartfren memakai NIK dan Nomor KK, ada satu hal yang harus diketahui, yakni pembatalan registrasi atau Unreg. Bila kamu memutuskan untuk mengganti nomor, maka pastikan kamu telah melakukan pembatalan registrasi untuk nomor yang lama. Artinya, kamu harus menghapus data identitasmu di nomor yang tidak akan kamu gunakan.

Untuk melakukan pembatalan registrasi, kamu dapat memilih satu dari dua cara. Pertama adalah melalui SMS dengan format UNREG#nomor ponsel# kemudian kirimkan ke 4444. Misalnya UNREG#08881111888#. Kedua kamu dapat melakukan unreg lewat website resmi Samrtfren mysf.id/unreg. 

Cara yang satu ini hanya dapat dilaksanakan melalui ponsel yang memakai jaringan Smartfren. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Data Saver browser kamu dalam keadaan mati, dengan cara klik iko titik tiga di kanan kolom URL, kemudian pilih Settings dan pilih Data Saver. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti dan memasukkan data-data yang diminta. 

Kartu e-Toll

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

Kartu e-toll alias uang elektronik ternyata bisa mengalami kedaluwarsa saat digunakan di jalan tol jika kendaraan sudah berada cukup lama di dalam tol.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024