5 Fakta Gurita Tertua di Dunia, Usianya Lebihi Zaman Dinosaurus

Fosil gurita.
Sumber :

VIVA – Di teluk dangkal kuno yang sekarang disebut Montana, tubuh makhluk mirip gurita seukuran kepalan tangan terkubur di dasar laut. Sekitar 325-328 juta tahun kemudian, sebuah makalah baru yang diterbitkan di Nature Communications memberikan beberapa wawasan menarik tentang cephalopoda yang misterius dan kuno ini.

Menguak Sejarah dan Penyebab Selat Muria yang Hilang

Makhluk berbentuk torpedo dengan sirip di punggungnya berenang di perairan tropis yang menutupi Amerika Utara sekitar 328 juta tahun yang lalu. Tubuh fosilnya digali lebih dari tiga dekade lalu dan disimpan di rak museum sampai Dr Whalen dan rekannya Neil Landman menemukannya.

Syllipsimopodi bideni kecil (panjangnya sekitar 12cm), memiliki sepuluh lengan, pengisap, sirip, dan pena segitiga dari jaringan keras di dalam tubuhnya untuk menopang. Ini adalah penemuan yang unik, karena hewan “licin” ini cenderung cepat rusak setelah mati dan karena itu jarang menghasilkan fosil yang baik.

Penyebab Hilangnya Selat Muria yang Pisahkan Kudus dan Jepara dari Pulau Jawa

Kami tidak tahu kapan fosil yang tidak biasa ini ditemukan, tetapi pada tahun 1988 disumbangkan ke Museum Royal Ontario di Kanada. Itu akan diabaikan selama lebih dari 30 tahun sampai ahli paleontologi Amerika Christopher Whalen dan Neil Landman memutuskan untuk mempelajarinya.

Para peneliti telah menamai spesies Syllipsimopodi bideni setelah Joe Biden, presiden ke-46 Amerika Serikat. Biden baru saja dilantik ketika studi itu diajukan untuk dipublikasikan, dan para penulis ingin mengakui komitmennya terhadap sains.

Pertamina Ungkap Strategi Pastikan Keamanan Ketahanan Energi RI

Cephalopoda adalah beberapa moluska yang paling beragam dan menarik di planet kita. Mereka telah menaklukkan setiap lautan, selamat dari lima kepunahan terbesar dalam sejarah Bumi, dan saat ini berjumlah sekitar 800 spesies.

Gurita dan cumi-cumi adalah salah satu cephalopoda yang paling dikenal, tetapi juga dalam kelompok ini adalah sotong, nautilus dan belemnit yang punah, ammonit, dan lainnya. Kepentingan ekonomi dan budaya mereka sangat besar, dan peran ekologis mereka sangat penting untuk laut yang sehat.

Fosil yang Luar Biasa

Amon dan kerabatnya adalah alat penting bagi ahli geologi, yang menggunakan pola unik pada cangkang keras mereka yang melingkar untuk mengidentifikasi lapisan batuan di seluruh dunia. Tetapi catatan fosil untuk cumi-cumi tanpa cangkang sangat kontras, karena ketika hewan-hewan ini mati, daging tubuh mereka biasanya membusuk, meninggalkan sangat sedikit, jika ada, di belakang. Sayangnya, kita mungkin tidak akan pernah tahu tentang sebagian besar spesies yang ada, apalagi hubungan mereka satu sama lain.

Beberapa bantuan datang dari studi genetik yang telah mendefinisikan dua kelompok hidup utama: kerabat cumi-cumi dan kerabat gurita. Tetapi materi genetik tidak dapat diekstraksi dari fosil yang mungkin berusia ratusan juta tahun, jadi kisah lengkap evolusi mereka tetap belum terpecahkan.

Di bawah kondisi kimia dan lingkungan khusus, bagian lunak hewan dapat diawetkan di dalam batu. Situs fosil Bear Gulch Limestone (tempat spesies baru ini ditemukan) terkenal dengan pelestarian semacam ini dan memberikan wawasan yang sangat langka tentang hewan-hewan ini. Hal ini memungkinkan Whalen dan Landman untuk menggambarkan bagian penting dari anatomi spesies baru, yang memberikan petunjuk tentang identitasnya.

Fosil gurita

Photo :

Mirip Seperti Cumi, tapi Bukan Cumi

Fosil gurita.

Photo :

Vampyropoda adalah salah satu dari tiga kelompok cephalopoda bertubuh lunak yang mengandung sisa-sisa cangkang internal. Kelompok itu termasuk cumi-cumi vampir yang penuh teka-teki, yang bukan penghisap darah atau cumi-cumi dan berkerabat dengan gurita.

Dr Whalen mengatakan fosil itu memberikan wawasan tentang titik ketika vampyropoda berpisah dari sepupu cumi-cumi mereka. "Sangat menarik menunjukkan kepada Anda tahap paling awal dari garis evolusi itu."

Sudah lama diperkirakan bahwa nenek moyang vampyropoda memiliki 10 lengan seperti cumi-cumi dan sotong saat ini, tetapi ini adalah pertama kalinya ditemukan dalam catatan fosil. "Itu belum pernah didokumentasikan sebelumnya di vampyropod," kata Dr Whalen.

Sepanjang setiap lengan tampak pengisap. "Ini membantu memastikan bahwa pengisap adalah adaptasi yang sangat tua," katanya. Dua dari lengan hewan purba itu lebih panjang dari delapan lainnya, mirip dengan cumi-cumi dan sotong, yang menggunakan lengan yang lebih panjang sebagai tangan untuk mengambil makanan.

"Jadi satu kemungkinan adalah bahwa sejak awal, makhluk ini berperilaku lebih seperti cumi-cumi."
Fitur inilah yang mengilhami nama genus makhluk itu: Syllipsimopodi, yang merupakan bahasa Yunani untuk "kaki yang dapat memegang".

Pada awal zaman dinosaurus, sekitar 80 juta tahun setelah S. bideni muncul, fosil vampyropoda lebih mirip cumi-cumi vampir masa kini, yang memiliki delapan lengan dan dua filamen panjang. Akhirnya, gurita berevolusi hanya dengan delapan lengan.

"Untuk alasan apa pun, lengan yang memanjang itu tidak lagi berguna, jadi mereka secara evolusioner berkurang sampai benar-benar hilang di gurita modern," kata Dr Whalen.

Tapi yang membedakan hewan ini dari sepupu cumi-cuminya adalah apa yang terjadi di dalam tubuhnya.
Hewan purba itu memiliki ciri panjang, berbentuk segitiga, semi-transparan yang terbuat dari kitin yang disebut gladius.

Gladius, yang dinamai menurut pedang Romawi, adalah sisa luar lunak dari cangkang keras yang ditemukan di dalam spesies seperti sotong. Cangkang keras, yang dikenal sebagai sotong ini penting untuk daya apung sotong, anggota kelompok Decabrachia yang mencakup cumi-cumi dan kerabatnya.


Vampir dari neraka

Para penulis menyarankan, bahwa fitur Syllipsimopodi bideni menjadikannya anggota tertua dari kelompok yang disebut vampyropoda. Ini adalah kelompok cephalopoda yang mencakup gurita modern dan "cumi-cumi vampir".

Meskipun gurita sudah tidak asing lagi bagi Anda, cumi-cumi vampir mungkin tidak. Ada satu spesies yang masih hidup, Vampyroteuthis infernalis, yang namanya berarti "cumi-cumi vampir dari neraka", meskipun lebih dekat hubungannya dengan gurita.

Vampyroteuthis infernalis menjalani kehidupan yang tenang, hanyut di lautan dalam di seluruh dunia di perairan yang hampir tanpa oksigen dan dalam kegelapan pekat. Ini mungkin tidak layak untuk namanya yang menakutkan.

Khususnya, "cumi-cumi" vampir memiliki ciri-ciri primitif yang sama dengan spesies baru Syllipsimopodi bideni ini, seperti sepuluh anggota badan dan cangkang internal yang kaku. Tidak ada gurita hidup yang memiliki keduanya.

Hingga saat ini, diperkirakan bahwa vampyropoda (kerabat gurita) berasal dari periode Trias sekitar 240 juta tahun yang lalu. Tetapi spesies baru ini mendorongnya kembali ke 82 juta tahun yang lalu, waktu yang lebih lama daripada memisahkan manusia dari Tyrannosaurus rex.

Kehidupan Bideni

Di luar apa yang dapat diceritakan fosil ini kepada kita tentang evolusi cephalopoda, para penulis juga menyelidiki ekologi hewan tersebut. Berbentuk seperti torpedo, makhluk itu mungkin menggunakan jet-propulsi untuk bergerak di air (seperti banyak cephalopoda hidup), dan sirip bulat di kedua sisi tubuhnya untuk stabilitas.

Sepasang lengan lebih panjang dari yang lain, menunjukkan bahwa mereka digunakan untuk menangkap mangsa, sementara pengisap mungkin telah membantunya memanipulasi makanannya. Sangat menarik bahwa sementara Syllipsimopodi bideni lebih dekat hubungannya dengan gurita, ia mungkin hidup dengan cara yang mirip dengan cumi-cumi sejati hari ini.

Sementara gambaran lengkap tentang evolusi cephalopoda masih belum jelas, fosil ini merupakan potongan teka-teki baru yang menarik dan mengasyikkan.

Fosil Langka

Gurita

Photo :

Dr Whalen mengatakan sangat jarang menemukan vampyropoda dalam catatan fosil. "Kamu biasanya hanya bisa menyimpannya dalam pengaturan yang agak khusus." Fosil itu ditemukan di formasi Bear Gulch Lagerstätte di Montana, yang dulunya merupakan laut tropis.

"Sebagian dari alasan kami berpikir bahwa fosil ini terawetkan dengan sangat rinci adalah karena musim hujan yang telah diprediksi terjadi di daerah ini," kata Dr Whalen. Ketika hewan ini mati, ia tenggelam ke dasar laut dan dengan cepat ditutupi oleh lumpur yang terbawa ke teluk prasejarah oleh hujan monsun, yang mempertahankan jaringan lunaknya termasuk gladius dan lengannya.

Beberapa anggota keluarga cumi-cumi lainnya juga memiliki sisa-sisa cangkang keras yang hanya dapat dilihat melalui mikroskop, tetapi sebagian besar hanya memiliki gladius. Vampyropoda, seperti cumi vampir, telah membuang cangkangnya sama sekali dan hanya memiliki gladius, yang bentuknya sedikit berbeda dengan yang ada di keluarga cumi-cumi.

Pada gurita, gladius lunak berkurang lebih jauh menjadi dua batang kecil yang menopang sirip. "Memiliki organisme sedini ini yang kehilangan cangkang di sisi vampyropod menunjukkan bahwa mereka mengembangkan cara alternatif kontrol daya apung yang relatif awal dalam sejarah evolusi mereka," kata Dr Whalen.

"Saat ini, vampryopoda terutama mengontrol daya apung mereka melalui [pengaturan bahan kimia dalam] jaringan mereka daripada struktur keras apa pun." Tetapi apakah lengan itu benar-benar memiliki pengisap masih diperdebatkan, kata Patrick Smith, ahli paleontologi di Museum Australia yang mempelajari fosil cephalopoda seperti nautiloid raksasa.

"Mereka [para peneliti AS] memang menyajikan gambar yang mungkin mewakili pengisap, tetapi keduanya agak samar," kata Dr Smith. Dr Smith mengatakan menafsirkan fosil bertubuh lunak bisa sangat menantang.

Misalnya, ada banyak kontroversi seputar pesaing sebelumnya untuk nenek moyang gurita paling awal yang diketahui, yang dikenal sebagai Polsepia, yang hidup sekitar waktu yang sama dengan S. bideni.

Banyak ilmuwan sekarang percaya Polsepia bahkan bukan cephalopoda. "Selalu sulit untuk menafsirkan fosil apa pun yang terbuat dari bahan lunak," kata Dr Smith.

"Begitu struktur mengalami sedikit kerusakan, Anda kehilangan fitur yang merupakan fitur halus yang berguna untuk identifikasi." Dr Smith mengatakan fitur internal S. bideni mengingatkan pada cumi-cumi vampir dan gurita, dan usia fosil selaras dengan waktu keluarga cumi-cumi dan vampyropod membelah dalam catatan DNA cephalopoda modern.

Namun dia mengatakan "selalu bagus untuk melihat spesimen tambahan untuk memastikan tentang klaim yang berani".

Dinamai Nama Presiden

S. bideni dinamai untuk menghormati pelantikan Presiden Joe Biden. "Saya menyerahkan makalah saya segera setelah pelantikannya ... dan sepertinya cara alami untuk merayakan momen itu," kata Dr Whalen.

"Saya sangat terdorong oleh beberapa rencana yang dia ajukan untuk melawan perubahan iklim."

Cephalopoda purba bukanlah spesies hewan pertama yang dinamai sesuai nama presiden baru-baru ini. 
Donald Trump memiliki Dermophis donaldtrumpi, amfibi buta dari Panama yang mengubur kepalanya di pasir, bersama dengan ngengat (Neopalpa donaldtrumpi) dan fosil bulu babi (Tetragramma donaldtrumpii).

Sementara Barack Obama memiliki setidaknya sembilan spesies yang dinamai menurut namanya termasuk kadal prasejarah yang telah punah (Obamadon gracilis), laba-laba trapdoor (Aptostichus barackobamai), burung (Nystalus obamai), dan beberapa invertebrata termasuk cacing darah (Baracktrema obamai) dan beberapa ikan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya