Data Dilihat sebagai Aset Sangat Penting, Gimana Proses Pengolahannya?

Ilustrasi big data.
Sumber :
  • www.pixabay.com/xresch

VIVA – Pemanfaatan data dalam bisnis saat ini masih terbilang kurang efisien meskipun kesadaran mengenai pentingnya data cukup tinggi. Dalam kemajuan teknologi saat ini data dilihat sebagai aset yang sangat penting.

Konsumen Makin Pede Tatap Ekonomi Indonesia, BI Ungkap Indikatornya

Artinya, pemanfaatan data yang efektif dapat membantu bisnis dalam melakukan analisa prediktif untuk memprediksi permintaan pelanggan serta mendorong proses pengambilan keputusan optimal dan efisiensi pengelolaan bisnis.

Lalu, proses pengolahan data yang umumnya ada saat ini merupakan bagian yang cukup kompleks dan memakan tidak hanya waktu, tetapi juga sumber daya yang tidak sedikit dengan adanya kebutuhan berbagai macam tools atau software untuk mendukung fungsi seperti analisa data dan visualisasi data.

Data Terbaru, 37 Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

Salah satu penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, Paques, memperkenalkan PQL (Paques Query Language), yakni bahasa pemrograman dengan keunggulan pada kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan.

Menurut Kepala Eksekutif dan Pencipta Produk Paques, Benni Adham, solusi Paques dirancang untuk menghadapi masalah inefisiensi pengolahan data, menyediakan kecepatan, dan kemudahan bagi pengguna bisnis guna mempercepat waktu pemasaran.

Seberapa Penting Budaya Clock in dan Clock Out Karyawan Dorong Kinerja Perusahaan? Ini Penjelasannya

Pengolahan data yang umumnya merupakan proses yang kompleks dapat dikerjakan hanya menggunakan satu platform dengan performa tinggi oleh Paques, menggunakan bahasa pemrogaman yang dibuat sendiri, yaitu PQL yang dilengkapi Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing, yang mana adalah core dari Paques.

Selain itu, bahasa pemrogaman buatan Paques memungkinkan pengguna tanpa kemampuan koding untuk mengoperasikan Paques secara mudah dengan adanya fitur drag-and-drop, secara praktis dan signifikan dapat menyederhanakan proses data analitik pengguna bisnis.

“Paques memungkinkan data yang masuk secara apa adanya langsung dapat diolah dengan cepat melalui teknologi yang kita buat sendiri, yaitu Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing, menghasilkan data yang dapat dipresentasikan dengan cepat untuk pengguna,” ungkap Benni, Jumat, 11 Maret 2022.

Paques merupakan solusi inovatif yang menghadirkan kekuatan pengolahan dan data analitik yang sudah teruji ditambah kemampuan untuk menampilkan hasil analisa data melalui bentuk visualisasi data menarik yang memudahkan pengguna mendapatkan insight yang dibutuhkan.

Bukan itu saja. Paques juga menyajikan solusi-solusi big data yang dapat digunakan sesuai kebutuhan yang menjadi fokus pengguna bisnis, antara lain Paques Cloud Connect, Paques Data Enterprise, Paques Data Studio, Paques TrueAI, dan Paques Media Intelligence.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya