4 Cara Menghapus Halaman di Word dengen Mudah Gapake Ribet

Cara menghapus halaman di Word
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Cara menghapus halaman di word menjadi salah satu yang kebanyakan dicari oleh para pengguna Microsoft Word. Kamu yang merupakan pengguna Microsoft Word tentu tidak meninginkan ada halaman kosong muncul di tengah dokumen atau halaman tambahan di akhir dokumen kamu. Halaman tambahan ini dapat disebabkan oleh tabel, terlalu sering menekan tombol ENTER, jeda bagian yang tidak perlu, jeda halaman yang tidak disengaja, penanda paragraf tambahan dan masih banyak lagi.

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi

Kamu pasti tidak ingin dokumen Word kamu terlihat tidak profesional karena hal tersebut, jadi pada kali ini akan dijelaskan dan ditunjukkan bagaimana cara menghapus halaman di Word baik itu halam kosong maupun halaman tambahan. Pada tutorial yang akan ditunjukkan di bawah ini contoh menggunakan Microsoft Office 2016, tetapi kamu yang menggunakan versi lain tidak perlu khawatir karena cara ini dapat digunakan pada semua versi Microsoft Word. Mengutip dari FreeCodeCamp, berikut ini cara menghapus halaman di Word yang bisa kamu ikuti. 

1. Cara Menghapus Halaman di Word: Halaman Kosong di Tengah Dokumen 

Terungkap Fakta soal Viral Rumah Tetangga Sengaja Dibanjiri Tinja

Document Word

Photo :
  • Pixabay

Jika kamu mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan menggunakan dokumen Word berukuran besar dan kamu akan mempresentasikan atau mencetaknya, sebaiknya periksa kembali halaman kosong dan halaman akhir tambahan terlebih dahulu sebelum mencetak atau mempresentasikannya. Hal tersebut dilakukan agar dokumen Word-mu sempurna dan tidak memiliki kekurangan. 

Cari Orang Hilang dengan Google Maps, Begini Caranya

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus halaman kosong di Word yang bisa kamu ikuti:

1. Tekan CTRL + SHIFT + 8 atau buka tab Beranda dan klik ikon paragraf.

2. Kombinasi tombol ini menampilkan penanda paragraf (¶) di akhir setiap paragraf dan setiap baris kosong. Pada dasarnya, setiap kali kamu menekan tombol ENTER dan kan menambah halaman pada dokumen di Word. 

3. Untuk menghapus halaman tambahan ini, sorot penanda paragraf dengan mouse atau trackpad dan tekan tombol DELETE. Jika salah satu penanda tetap ada, hapus dengan tombol BACKSPACE.

4. Jika kamu termasuk orang yang cukup sabar, kamu juga dapat menghapus halaman kosong di Word dengan membuka halaman kosong dan menekan tombol BACKSPACE sampai penanda paragraf hilang.

2. Cara Menghapus Halaman di Word: Halaman Kosong Tambahan di Dokumen 

Cara menghapus halaman di Word

Photo :
  • Pixabay

Biasanya jika kamu selalu menggunakan tombol ENTER saat membuat suatu dokumen di Word maka akan ada tambahan halaman yang otomatis terbuat. Halaman tambahan tersebut tentunya akan mengganggu dan membuat dokumen Word yang kamu buat menjadi tidak sempurna sehingga mau tidak mau kamu harus menghapusnya. 

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus halaman kosong tambahan di Word yang bisa kamu ikuti:

1. Untuk menghapus halaman kosong tambahan yang mungkin ditambahkan secara otomatis di akhir dokumen kamu, klik “view” yang ada pada barisan tab.

2. Buka “Navigation pane” yang akan menampilkan bilah sisi yang berisi 3 tab yakni Headings, Pages dan Results. Klik Pages untuk menampilkan semua halaman dokumen di sidebar.

3. Halaman yang aktif akan dipilih secara otomatis. Klik halaman kosong tambahan untuk memilihnya dan tekan tombol DELETE pada keyboard kamu untuk menghapusnya.

4. Kamu juga dapat menghapus halaman kosong tambahan ini hanya dengan menekan tombol BACKSPACE.

3. Cara Lain Menghapus Halaman di Word

Document Word

Photo :
  • Pixabay

Untuk menghapus halaman yang berisi teks dokumen, grafik atau paragraf kosong, pilih konten yang akan dihapus, lalu tekan Delete. Kamu juga dapat melakukan cara-cara seperti di bawah ini:

1. Klik atau ketuk di mana saja di halaman yang ingin kamu hapus dengan menekan Ctrl+G.

2. Masukkan nomor halaman ke dalam kotak, ketik \page.

3. Tekan Enter pada keyboard, lalu pilih “Close”.

4. Verifikasi bahwa halaman konten dipilih, lalu tekan Delete pada keyboard.

Untuk menghapus halaman kosong di tengah atau di akhir dokumen, lihat “Delete a blank page”. 

4. Cara Menghapus Halaman di Word di Mac

Cara tercepat untuk menghapus halaman konten di Word adalah dengan memilih konten di halaman tersebut dan tekan tombol Backspace (Hapus di Mac). Jika kamu tidak ingin mengklik dan menyorot teks halaman secara manual, kamu dapat menggunakan alat “Find and replace tool”. Kamu dapat melakukan cara-cara seperti di bawah ini:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetuk di mana saja pada halaman yang ingin kamu hapus. Kemudian kamu dapat melihat nomor halaman dari halaman yang sedang kamu buka dengan melihat di sudut kiri bawah jendela.

2. Selanjutnya, tekan Ctrl + G di Windows atau Option + Command + G di Mac. Kamu sekarang akan berada di tab "Go To" di jendela "Find and Replace”. Sekarang, ketik \page di kotak teks "Enter Page Number". Pilih "Go To".

Semua konten di halaman kamu saat ini akan dipilih. Hingga yang tersisa untuk dilakukan sekarang adalah menekan tombol Backspace (atau Hapus di Mac).

Itulah beberapa cara menghapus halaman di Word yang bisa kamu lakukan dan coba saat sedang membuat dokumen pada Microsoft Word dan ingin dokumennya se-profesional mungkin tanpa ada kesalahan. Dengan adanya tulisan tentang bagaimana cara menghapus halaman di Word ini kamu tentunya mendapatkan informasi dan manfaat. Kamu juga bisa mempelajari cara menghapus halaman kosong di Word sehingga kamu dapat membuat dokumen tampak lebih profesional dan lebih sempurna. 

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagikan dengan teman dan orang-orang terdekat di sekitarmu. 

Ilustrasi investasi, ilustrasi reksadana

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Manajer reksa dana bertanggung jawab atas pengelolaan portofolio investasi dari reksa dana yang mereka kelola. Berikut bocoran cara kerja manajer investasi Reksa Dana.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024