10 Teori Konspirasi Luar Angkasa Terbesar Sepanjang Sejarah

Ilustrasi luar angkasa.
Ilustrasi luar angkasa.
Sumber :
  • www.pixabay.com/flflflflfl

VIVA – Jika serial televisi "Star Trek" telah mengajari kita satu hal, holodeck itu tidak akan pernah berfungsi dengan baik dan Anda tidak boleh masuk ke sana. Jika itu mengajari kita dua hal, yang kedua pastilah bahwa ruang adalah batas terakhir. 

Bahkan ketika kita telah berhasil mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahui tentang Bumi, tentu masih ada banyak misteri yang tersembunyi di luar angkasa. Meskipun banyak para pengikut teori konspirasi, tidak sedikit dari mereka yang berspekulasi tentang adanya kehidupan di luar angkasa. Padahal itu semua masih misteri.

Bumi dan luar angkasa.

Bumi dan luar angkasa.

Photo :
  • nasa

Terbukti dengan banyaknya informasi atau berita yang kurang jelas, banyak teori konspirasi yang berkembang dan menyebar. Semua itu semata-mata hanya untuk menggali sebuah bukti demi memperkuat keyakinan serta pendapat mereka.

Beberapa bukti yang ditunjukkan pun tak jarang di luar nalar pikiran dan logika. Dan para penganut teori konspirasi itu menganggap apa yang dikatakannya benar adanya. Dan berikut ini kami berhasil menyusun sederet daftar teori konspirasi luar angkasa paling populer, melansir dari science.howstuffworks.com.

10. The Dead Cosmonaut / Kosmonot Mati

Selama tahun 1960-an, Uni Soviet dan Amerika Serikat berlomba untuk menjadi pemimpin dunia dalam eksplorasi ruang angkasa. Pemenangnya akan dapat mengklaim keunggulan teknologi atas yang lain. 

Uni Soviet memiliki keunggulan awal: Pada tahun 1957, meluncurkan Sputnik , satelit buatan manusia pertama . Pada tahun 1961, Uni Soviet memberikan pukulan lain pada program luar angkasa Amerika ketika kosmonot Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di luar angkasa. Tapi, menurut Judica-Cordiglia bersaudara dari Italia, Gagarin bukanlah yang pertama.

Saudara-saudara mendirikan stasiun pendengar di Italia untuk mencegat transmisi komunikasi antara operasi darat dan pesawat ruang angkasa untuk misi Amerika dan Soviet. Beberapa minggu sebelum penerbangan Gagarin yang sukses, saudara-saudara mengklaim telah mendeteksi dan merekam transmisi radio dari seorang kosmonot yang perlahan-lahan mati saat terapung di luar angkasa.

Uni Soviet membantah klaim saudara-saudara itu. Pendukung teori percaya pemerintah Soviet menyembunyikan kematian kosmonot untuk menjaga reputasi negara sebagai pemimpin dalam eksplorasi ruang angkasa. Kebenarannya tetap menjadi misteri, meskipun rekamannya tersedia online, jika Anda penasaran ingin mendengarnya sendiri.

9. Shifting Poles / Pergeseran Kutub