5 Aplikasi Root yang Paling Canggih, Bisa Hapus Aplikasi Sistem?

Tutorial Mudah Root Hp
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada beberapa aplikasi root yang mungkin jarang diketahui oleh para pengguna ponsel Android. Kini, sudah hadir berbagai cara root ponsel yang bisa dilakukan sesuka hati. Biasanya cara root ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan bantuan aplikasi tertentu. Sebagai informasi yang wajib diketahui, root ini adalah sebuah kegiatan yang mana pengguna ponsel Android berhasil mendapatkan kendali atau akses sepenuhnya dari perangkat yang dimiliki. 

Berapa Banyak Uang yang Didapat Para Idol dari Aplikasi Bubble?

Apalagi seiring dengan berkembangnya zaman, manusia berhasil menemukan berbagai jenis teknologi tersebut untuk kehidupan sehari-hari. Sudah banyak inovasi teknologi yang hadir di tengah masyarakat. Hal ini diciptakan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hampir semua orang bisa dipastikan kini juga sudah bergantung dengan teknologi. Kehadiran teknologi ini berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, seperti cara root tersebut. 

Ponsel yang dapat melakukan root ini hanya yang menggunakan sistem operasi Android. Seperti yang kita ketahui bahwa pengguna ponsel di dunia mayoritas adalah pengguna Android. Bahkan, Lembaga Riset Digital Marketing (Emarketer) mengatakan bahwa pengguna ponsel di Indonesia tahun 2018 sudah mencapai 100 juta orang. Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif ponsel terbesar di dunia urutan keempat.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Seperti yang sudah disinggung di atas, root atau rooting ini adalah sebuah proses yang memungkinkan para pengguna ponsel, tablet, atau perangkat lain yang memakai sistem Android untuk mencapai kontrol istimewa dalam subsistem Linux Android. Terdapat beberapa aplikasi root Android yang dapat dilakukan, bahkan tanpa bantuan PC sekalipun. Nah, berikut adalah aplikasi root terbaik untuk Android yang disadur dari berbagai sumber. 

Fungsi Root Android

Belanja Iklan di Asia Tenggara Diperkirakan Capai US$1,62 Miliar pada 2024

Sebelum mengetahui aplikasi root, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fungsi atau manfaat dari root itu sendiri. Root adalah sebuah proses yang memberikan izin penuh kepada pengguna Android, baik itu ponsel, tablet, atau mungkin smart TV secara total dari yang sebelumnya terbatas. Artinya, dengan akses tersebut kamu berhak untuk mengubah, mengedit, atau memodifikasi yang ada di dalam sistem. 

Selain untuk mengubah atau memodifikasi secara manual, akses root ini juga diperlukan oleh beberapa aplikasi yang umumnya memerlukan akses sistem. Bila kamu mencari di Google Play Store, umumnya akan tertera kata kunci root di aplikasinya. Dengan akses tersebut, kamu bisa memperoleh berbagai keuntungan dari ponsel yang belum di root, terutama untuk kamu yang senang menjelajah ponsel. 

1. Aplikasi Root dengan KingRoot

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengenal aplikasi root yang satu ini. Aplikasi ini bisa mendukung proses root lebih dari 100 ribu tipe ponsel berbasis Android. Menariknya, selain berfungsi untuk melakukan root, aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk membersihkan cache, menghapus foto duplikat dan menghapus aplikasi bawaan yang tidak perlu. 

Banyak pengguna ponsel yang memakai aplikasi ini karena mempunyai berbagai kelebihan yang dapat dipakai untuk perangkat komputer maupun PC. Namun, aplikasi ini mempunyai satu kekurangan, yaitu tidak kompatibel untuk semua jenis ponsel. Artinya, sebelum menggunakan KingRoot ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah ponsel sudah support atau belum. 

2. Aplikasi Root dengan Framaroot

Urutan berikutnya hadir sebuah aplikasi yang bernama Framaroot. Aplikasi ini telah terbukti ampuh untuk melakukan root pada beberapa ponsel maupun tablet yang memakai OS Android. Tapi sayang, aplikasi yang satu ini belum tersedia di Google Play Store, jadi kamu dapat mencarinya di toko aplikasi lain yang sudah tersedia di mesin pencari Google. 

Hanya melalui beberapa langkah saja, kamu sudah bisa membuka berbagai akses root di ponsel tanpa memerlukan perangkat komputer. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menginstal Framaroot dan tinggal mengikuti berbagai petunjuk yang ada di dalam aplikasi tersebut. 

3. Aplikasi Root dengan Towelroot

Aplikasi root yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang begitu tergila-gila dengan dunia rooting. Sebab, aplikasi ini bisa melakukan root untuk banyak jenis ponsel dan tablet Android serta cara menggunakannya juga cukup mudah. Hanya dengan sekali klik, kamu akan merasakan kebahagiaan melakukan root di sebuah ponsel. 

4. Aplikasi Root dengan Root Genius

Aplikasi Root Genius ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang cocok untuk kamu yang ingin ponsel lebih bebas lagi dalam berbagai hal. Bayangkan saja, aplikasi ini sudah mendukung lebih dari 10 ribu perangkat Android di dunia. Bahkan, aplikasi ini sudah bisa dipakai melalui PC maupun secara langsung melalui ponsel Android. 

Aplikasi root yang satu ini cukup andal dalam hal melakukan root di ponsel dan atau tablet dengan sistem operasi Android. Walaupun termasuk ke dalam salah satu aplikasi root Android terbaik, kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi yang satu ini. Sebab, sang developernya juga mengingatkan bahwa aktivitas rooting bukan sebuah proses yang dapat dilakukan secara sembarangan. 

5. Aplikasi Root dengan iRoot

Tidak kalah menarik dengan beberapa aplikasi root sebelumnya, iRoot juga akan mempermudah kamu dalam melakukan rooting. Tidak usah khawatir dengan pemakaian aplikasi ini, sebab banyak pengguna yang memberikan respons positif saat menggunakan aplikasi yang satu ini. 

Manfaat Root Android

Ada beberapa manfaat yang akan diperoleh bila kamu melakukan root pada ponsel. Seperti bisa memindahkan data dari internal ke eksternal. Fungsi memindahkan data ini bisa menjadi salah satu keuntungan. Apalagi untuk kamu yang mengaku seorang gamers dan notabene memerlukan ruang yang banyak untuk bermain game. 

Kemudian root juga bermanfaat untuk optimasi RAM supaya lebih luas. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa memperoleh optimasi RAM secara otomatis yang diatur langsung dari background. Aplikasi yang terkenal dengan fitur pembersih otomatis salah satunya adalah greenify. 

Selain itu, kamu juga bisa bebas menghapus aplikasi bawaan yang biasanya tidak dapat dihapus. Keuntungan dari penghapusan ini dapat dilakukan langsung maupun dihapus dengan aplikasi pihak ketiga. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati karena ada beberapa aplikasi bawaan yang bisa dihapus akan membuat sistem ponsel menjadi rusak. 

Baterai menjadi lebih hemat adalah salah satu keuntungan root. Bahkan, bisa sampai 40 persen lebih hemat tergantung sejauh mana optimasi dilakukan. Kemudian manfaat terakhir adalah tweaking performa yang biasanya dilakukan dengan mengedit setting sistem yang ada di direktori root. 

Foto Tentara Israel di Aplikasi Kencan (Doc: The New Arab)

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

Gambar-gambar tersebut beragam, dari tentara Israel yang tersenyum dan mengacungkan senapan di depan matahari terbenam hingga konten yang lebih sadis

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024