11 Cara Menghemat Baterai Hp Agar Tahan Lama, Sangat Efisien

Ilustrasi ponsel kehabisan baterai.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Cara menghemat baterai hp perlu kamu ketahui agar baterai ponsel kamu tahan seharian. Berbagai jenis smartphone saat ini telah memiliki kapasitas baterai yang mumpuni, sekitar 3.000-4.000 mAh dan bisa bertahan seharian. 

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Meski demikian, kita seringkali kehabisan baterai dan perlu charge ulang di situasi yang sangat penting. Jika kamu sering mengalami hal ini, kamu harus menghemat baterai kamu agar kegiatan kamu tidak terkendala. Berikut beberapa cara menghemat baterai yang bisa kamu lakukan yang telah VIVA rangkum dari berbagai sumber.

Cara Menghemat Baterai Hp

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

1. Mematikan layanan lokasi

Saat baterai sedang menipis, salah satu cara menghemat baterai yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mematikan layanan lokasi. Jika kamu berada di lokasi yang minim sinyal, mengaktifkan layanan lokasi akan membuat baterai lebih cepat habis dibanding saat berada di daerah dengan sinyal yang kuat. 
Jika mengaktifkan layanan lokasi, smartphone akan terus menerima sinyal untuk melakukan pelacakan lokasi yang akurat. Hal ini bisa membuat baterai smartphone kamu akan terkuras.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

2. Menjaga suhu tetap normal dan tidak overheat

Cara menghemat baterai selanjutnya yaitu menjaga suhu agar tetap normal. Suhu ideal untuk baterai berjenis lithium-ion yaitu 0? dan 45?. Jika suhu berada di bawah 0?, jumlah daya yang tersedia dalam baterai akan berkurang. Hal ini dikarenakan ada pembatasan pergerakan logam lithium dan ion litium dalam elektroda dan melalui elektrolit. 
Sementara, jika suhu hp di atas 45? akan membuat baterai cepat berkurang. Saat kondisi terik, baterai akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan daya.

3. Mematikan push notification

Mendapatkan informasi terbaru dari push notification memang berguna. Namun, dengan mengaktifkan push notification ini bisa membuat baterai lebih cepat terkuras. Ini karena aplikasi akan secara otomatis menghasilkan pesan dari server dan mengirimnya ke layar smartphone. Di sisi lain, aplikasi ini juga memerlukan jaringan internet untuk pemberitahuan.

4. Aktifkan mode pesawat

Cara menghemat baterai lainnya yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Mengaktifkan mode pesawat adalah cara klasik yang sering diterapkan oleh banyak orang untuk menghemat baterai. Cara kerja mode pesawat ini yaitu dengan mematikan seluruh konektivitas di smartphone. Mulai dari jaringan seluler, Bluetooth, WiFi dan GPS. Kita juga tak bisa mengirim atau menerima SMS dan menelepon. Aktifkan mode pesawat saat tidak digunakan dan matikan mode pesawat jika ingin menggunakan smartphone kamu.

5. Kurangi kecerahan pada layar

Cara menghemat baterai yang satu ini mungkin ampuh untuk menahan baterai tetap awet. Semakin layar terang, maka semakin banyak daya yang dibutuhkan. Layar LCD dengan kecerahan maksimal akan mengurangi baterai 8 persen per jam. Sementara, jika tipe layar yang digunakan adalah LED, maka baterai akan terkuras 20 persen per jam. Maka dari itu, dengan meredupkan kecerahan pada layar hp akan menghemat baterai.

6. Kurangi penggunaan kamera

Penggunaan kamera yang secara terus menerus akan menguras baterai. Nah, jika baterai sudah menipis, sebaiknya kurangi penggunaan kamera. Prosesor yang ditanamkan dalam smartphone juga berpengaruh dalam menguras baterai atau tidak. CPU dengan daya lebih tinggi memiliki clock rate maksimum yang lebih tinggi. Kecepatan dan kinerja memang lebih baik, namun akan mengonsumsi lebih banyak daya, membuat baterai panas dan baterai akan cepat habis.

7. Mengaktifkan mode hemat baterai

Cara menghemat baterai lainnya dapat mengaktifkan mode hemat baterai. Di iOS, ada opsi Low Power Mode dan Android punya Power Saving Mode. Perangkat lunak ini bisa memodifikasi pemakaian CPU untuk mengurangi konsumsi energi. Dengan mengaktifkan mode ini, ada fitur yang tidak bisa dipakai setelah mengaktifkan mode hemat daya ini.

8. Hindari menggunakan HP saat sedang mengisi daya (charge)

Menggunakan HP saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai. Temperatur tersebut dapat berpengaruh terhadap daya hidup baterai, sehingga apabila temperatur tinggi maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. 

9. Menjaga siklus pengisian daya 

Banyak orang berasumsi jika baterai HP cepat boros karena mengisi daya baterai semalaman. Namun hal tersebut kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar smartphone karena saat ini smartphone sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh.
Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan cara menghemat baterai HP dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Saat baterai hp kamu sudah 40% segera isi daya dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80%. Selain sebagai cara menghemat baterai HP, cara ini juga untuk menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya. 

10. Matikan auto download atau update 

Cara menghemat baterai selanjutnya yaitu dengan mematikan auto download atau update. Auto download merupakan fitur yang secara otomatis dapat meng-upgrade aplikasi saat ada update dari pusat. Hal ini tentu akan menyedot daya baterai lebih besar. Maka dari itu, sebagai salah satu cara menghemat baterai HP adalah dengan me-non-aktifkan fitur auto download agar daya baterai tahan lebih lama. 

11. Gunakan wallpaper statis 

Cara menghemat baterai lainnya yaitu dengan menggunakan wallpaper yang statis. Artinya, wallpaper yang visualnya tidak bergerak seperti live atau video. Penggunaan live wallpaper di smartphone memang membuat tampilan layar semakin keren, namun juga membuat baterai cepat terkuras. 

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Banyak faktor yang menyebabkan baterai kamu cepat habis. Berikut beberapa penyebab yang membuat baterai hp kamu cepat habis.

1. Tingkat kecerahan layar

Tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi menjadi salah satu penyebab baterai ponsel cepat habis. Hal ini dikarenakan sistemnya memerlukan daya lebih besar.

2. Aplikasi terlalu banyak

Terlalu banyak memasang aplikasi pada ponsel sangat memengaruhi pemakaian baterai jadi boros. Jadi, un-install aplikasi yang tidak terlalu penting agar baterai kamu tidak cepat habis.

3. Usia ponsel sudah lawas

Semakin lawas usia ponsel, maka semakin berkurang juga performa kekuatan baterainya sehingga cepat habis. 

4. Pengaruh pengisian daya portabel

Menggunakan pengisi daya portabel ketika situasi darurat tidak disalahkan. Tapi, jika bergantung sepenuhnya pada power bank dapat memengaruhi performa baterai menjadi rendah. Maka, kurangi penggunaan power bank ya, agar kualitas baterai kamu tidak menurun.

5. Charger Bermasalah atau Rusak

Jika kamu sedang mengalami charger yang bermasalahan atau rusak, ini dapat menyebabkan baterai cepat habis. Charger yang sudah tidak berfungsi dengan baik tentunya juga tidak berfungsi sebagaimana semestinya. Maka, lebih baik mengganti charger original yang baru.

6. Disimpan dalam suhu dingin

Baterai HP lithium-ion akan berhenti mengalirkan listrik apabila berada pada suhu dingin. Solusinya, kamu tetap harus mengupayakan bahwa ponsel tetap dalam suhu normal.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara menghemat baterai hp dan penyebab baterai cepat habis. Semoga artikel ini bermanfaat.

[dok. Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado]

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Mulai hari ini, Senin, 22 April 2024, operasional Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado kembali di buka dan beroperasi normal.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024