4 Cara Unreg Kartu Smartfren Paling Mudah Beserta Keunggulannya

Cara unreg kartu Smartfren
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Cara unreg kartu Smartfren mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Sehingga para pelanggan provider Smartfren cukup banyak yang mencarinya. Namun tidak perlu merasa kebingungan lagi karena pada kali ini akan diberikan sejumlah cara bagaimana untuk melakukan unreg pada kartu Smartfren yang bisa dilakukan sendiri. Apalagi zaman sekarang ini segala hal sudah semakin dimudahkan dengan adanya internet untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. 

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya

Informasi bisa dicari didapatkan dengan menggunakan koneksi internet yang salah satunya berasal dari provider. Ada banyak pilihan provider yang dapat dipilih di Indonesia, termasuk Smartfren ini. Sebagai perusahaan telekomunikasi ada banyak layanan yang diberikan oleh Smartfren, salah satunya seperti cara meng-unreg kartu yang secara tidak sengaja hilang atau ingin mengganti nomor yang baru. 

Bagi kamu yang menjadi pelanggan baru Smartfren, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengirim data berisi nomor Kartu 

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependidikan (NIK). Namun, bagi kamu datanya sudah terdaftar dan ingin mengetahui cara unreg kartu Smartfren, kamu bisa menggunakan cara-cara yang akan diberikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Cara unreg kartu Smartfren via SMS

Penjual Parsel Lebaran di Depok Kebanjiran Order, Pesanan Naik 3 Kali Lipat

Cara unreg kartu

Photo :
  • pixabay

Cara unreg kartu Smartfren pertama yang dapat dilakukan adalah melalui SMS. Cara unreg dengan SMS ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk meng-unreg kartu Smartfren melalui SMS:

  • Buka pesan singkat atau SMS yang ada di perangkat ponsel kamu
  • Ketik pesan dengan format  UNREG#NomorPonsel# (Contoh: UNREG#08*******700#
  • Kemudian kirim pesan ke nomor tujuan 4444
  • Tunggu balasan pesan dari Smartfren. Setelah itu kamu akan mendapat balasan pesan yang tertera informasi bahwa kartu Smartfren yang kamu unreg telah berhasil dilakukan. 

Sangat mudah kan melakukan unreg kartu Smartfren melalui SMS? Kamu hanya perlu mengirim pesan dan kartu Smartfren secara otomatis akan dinonaktifkan. Kamu dapat melakukan cara pertama yang sangat mudah ini apabila kamu tidak memiliki banyak waktu luang dan tidak perlu repot-repot datang ke gerai Smartfren. 

2. Cara unreg kartu Smartfren via dial up

Dial Up

Photo :
  • Tangkapan layar

Cara unreg kartu Smartfren selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah melalui dial up. Cara ini juga terbilang sangat praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan unreg kartu Smartfren melalui dial up: 

  • Buka fitur dial dial up atau panggilan telepon yang ada di perangkat HP kamu 
  • Kemudian tekan *4444# sebagai nomor tujuan pada dial up
  • Lalu tekan tombol telepon (call)
  • Setelah itu kamu akan melihat pop-up menu layanan yang akan muncul. Pilih angka 3 yakni psi UNREG karena kamu akan melakukan unreg kartu Smartfren
  • Klik kirim, lalu setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor NIK kamu
  • Setelah proses di atas selesai dilakukan, akan muncul pop-up yang berisi informasi bahwa kamu telah berhasil melakukan unreg kartu Smartfren.

3. Cara unreg kartu Smartfren via website

- Cara beli paket smartfren - Cara Memaketkan Pulsa Smartfren - Cara Paketin Smartfren - Cara daftar paket smartfren

Photo :
  • U-Report

Ada lagi cara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan unreg kartu Smartfren selain melalui SMS dan dial up yakni dengan melalui website. Bagi kamu yang ingin menggunakan cara ini sangat mudah dan hanya perlu mengakses alamat website resmi Smartfren di  websitemysf.id/unreg. Namun perlu diingat bahwa situs website tersebut hanya bisa diakses dengan menggunakan ponsel saja dan data internet/jaringan Smartfren. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan unreg melalui website:

  • Buka browser dan masuk ke laman mysf.id/unreg untuk membatalkan registrasi
  • Pastikan kamu mengunjungi website dengan menggunakan koneksi atau jaringan dari Smartfren
  • Masukkan data nomor NIK untuk proses selanjutnya pada laman website tersebut
  • Setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran, pelanggan dapat melakukan registrasi ulang dengan identitas baru yang valid pada nomor baru Smartfren yang terpilih

Ada sedikit catatan bagi kamu yang melakukan unreg dengan cara ini. Kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa opsi data server di aplikasi Browser dalam keadaan mati atau “off” jika memang ingin menonaktifkannya. 

Bagi kamu yang belum tahu caranya, data server yang ingin dinonaktifkan dapat dilakukan dengan mengklik titik tiga di pojok kanan atas halaman website pada perangkat ponsel. Lalu, setelah itu pilih setting atau pengaturan dan kemudian pilih data server. Setelah itu kamu bisa melanjutkan untuk memasukkan data kartu SIM yang diminta jika proses non aktif sudah selesai. Tunggu informasi yang berisi penonaktifan kartu SIM muncul dari operator.

Jika penonaktifan kartu mau dilakukan melalui alamat website my.smartfren.com, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini yang tidak jauh berbeda dari cara sebelumnya:

  • Buka browser dan masuk ke laman website my.smartfren.com 
  • Login dengan memasukkan email atau user ID dan kata sandi yang telah terdaftar di website Smartfren 
  • Setelah berhasil login ke website smartfren, pilih menu unreg 
  • Apabila proses unreg berhasil dan selesai maka nomor telepon Smartfren kamu akan secara otomatis terblokir

4. Cara unreg kartu Smartfren di gerai

Kantor Pusat Smartfren.

Photo :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

Cara unreg kartu Smartfren yang terakhir bisa dilakukan oleh pelanggan yakni adalah dengan mengunjungi gerai resmi Smartfren yang terdekat. Jika kamu memang memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa memilih cara ini sehingga bisa sekalian menanyakan hal yang masih dibingungkan dari Smartfren. Saat mendatangi gerai Smartfren kamu hanya perlu membawa data pribadi seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga).

Keunggulan kartu Smartfren

Kartu Perdana Smartfren 1ON+ internetan anti waswas.

Photo :

1. Benefit pulsa lebih besar yang akan didapatkan

Keunggulan ini menjadi salah satu apresiasi yang diberikan oleh Smartfren kepada pelanggan yang telah menggunakan kartu perdana Smartfren. Pada setiap bulannya, pelanggan akan mendapatkan kuota yang berlaku bagi pembeli kartu 4G GSM+ dan 4G GSM melalui website Smartfren. 

2. Bonus kuota besar-besaran yang akan didapatkan

Bonus kuota besar-besaran juga akan diberikan bagi para pelanggan yang menggunakan kartu Smartfren. Pelanggan bisa menikmati bonus kuota internet sebanyak 13 GB. Bonus tersebut bisa didapatkan secara langsung oleh pelanggan yang membeli kartu perdana Smartfren jaringan 4G GSM pada saat melakukan aktivasi.

3. Sudah terdaftar di program GIS 

Smartfren menawarkan para pelanggan yang menggunakan provider mereka dengan secara otomatis tercatat pada program Internet Gratis Setahun atau GIS. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan sebesar bonus kuota 2 GB yang dapat diperoleh selama setahun penuh, dengan catatan aktif melakukan transaksi minimal Rp60.000 pada setiap bulannya. Bonus yang diberikan akan berlaku hingga 30 hari dan selama 24 jam.

4. Banyak pilihan nomor 

Bagi kamu yang akan menggunakan kartu Smartfren, maka kamu bisa memilih dengan bebas berbagai pilihan nomor yang ditawarkan mulai dari kartu perdana Smartfren 4G GSM+ yang akan memberi kamu cashback dalam bentuk pulsa. Selain itu, saat pelanggan melakukan transaksi pengisian pulsa sebesar Rp10.000 maka akan mendapatkan kuota internet sebesar 13 GB yang sudah termasuk dengan bonus kuota games 2 GB.

Itulah sejumlah cara unreg kartu Smartfren yang bisa dilakukan dengan berbagai pilihan dan kamu bisa memilih cara yang menurutmu paling mudah. Jadi, bagi kamu yang mungkin belum mengetahui cara unreg kartu Smartfren, dengan adanya tulisan ini kamu dapat mengetahuinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya. 

Ilustrasi kredit

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Smart Finance mengumumkan kolaborasinya dengan Credit Bureau Indonesia (CBI) yang menawarkan produk skor dan laporan kredit yang komprehensif dan inovatif.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024