Perangkat Migrasi ke TV Digital Banyak, Tak Langka seperti Migor

Set-Top Box (STB) atau dekoder untuk menangkap sinyal TV digital.
Sumber :
  • Akari

VIVA – TV Pintar atau Smart TV dapat dikatakan menjadi salah satu solusi untuk menghadapi migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) yang sudah di depan mata.

Revisi UU ITE Disahkan, Privy Siap Amankan Transaksi Keuangan Digital

Keputusan migrasi siaran TV analog ke TV digital ini diprakasai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan dipastikan akan mulai berlangsung tahap pertamanya pada 30 April 2022.

Ada beberapa opsi untuk masyarakat bersiap menghadapi ASO dimulai dari pembelian set top box (STB) yang berfungsi layaknya "adapter" bagi pemilik TV analog untuk bisa menyaksikan siaran TV digital hingga membeli TV baru yang memang sudah memiliki teknologi menangkap siaran TV digital secara langsung.

Kominfo Ancam Blokir 6 Platform Online Travel Agent yang Belum Daftar Sebagai PSE

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ismail memastikan ketersediaan perangkat STB tersedia menjelang pelaksanaan analog switch off tahap pertama akhir bulan ini.

"Karena sudah tersedia banyak, kami harap tidak ada kelangkaan seperti minyak goreng (migor)," katanya di Gedung Kominfo Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Anggota BPK Achsanul Qosasi Didakwa Terima Uang Korupsi Proyek BTS Rp 40 Miliar

Ismail juga mengatakan sudah mendapatkan laporan dari produsen STB nasional bahwa ketersediaan perangkat di pasaran saat ini cukup banyak.

Pemerintah dan penyelenggara multipleksing siaran televisi terestrial digital menyiapkan set top box secara gratis, namun, hanya untuk masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

"Set top box gratis hanya untuk masyarakat yang tidak mampu," tegasnya.

Masyarakat yang tidak masuk dalam DTKS diminta untuk membeli sendiri set top box atau perangkat televisi yang bisa menangkap siaran digital.

Ismail memperkirakan ada 40 juta perangkat televisi yang ada di Indonesia, sementara, berdasarkan DTKS, set top box subsidi maksimal untuk 6,7 juta rumah tangga miskin.

Set top box subsidi secara bertahap dibagikan menjelang pelaksanaan analog switch off sesuai dengan tahapan yang sudah direncanakan.

Untuk ASO tahap pertama, yang berlansung pada 30 April, set top box secara bertahap dibagikan sejak pertengahan Maret tahun ini.

Untuk masyarakat yang membeli perangkat set top box mandiri, Kementerian Kominfo memiliki daftar merk set top box yang sudah mengantongi sertifikasi agar perangkat sesuai dengan penggunaan di Indonesia.

Daftar perangkat set top box yang sudah memiliki sertifikasi dari Kominfo dapat dilihat di situs resmi Siaran Digital Indonesia.

"Sekali lagi, kami memastikan pelaksanaan analog switch off akan berlangsung sesuai jadwal, yaitu tahap pertama pada 30 April, tahap kedua 25 Agustus, dan tahap ketiga 2 November," tutur Ismail.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya