Cara Menghilangkan Sakit Kepala, Coba Solusi Alami Ini

Ilustrasi sakit kepala.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara menghilangkan sakit kepala memang paling cepat dan instan dengan mengonsumsi obat. Namun perlu Anda ketahui, mengonsumsi obat setiap saat ketika sedang sakit kepala itu juga tidak baik untuk ginjal. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Oleh karena itu, coba lakukan cara menghilangkan sakit kepala lainnya tanpa harus mengonsumsi obat. Sebut saja salah satunya dengan cara alami.

Sakit kepala adalah kondisi umum yang dihadapi banyak orang setiap harinya. Mulai dari yang tidak nyaman hingga sampai benar-benar tak tertahankan, mereka dapat mengganggu kehidupan kita dalam seharian penuh.

Peran Penting Pakaian Olahraga dalam Mendukung Performa dan Kenyamanan

Ada beberapa jenis sakit kepala, dan sakit kepala tegang menjadi yang paling umum. Sakit kepala cluster menyakitkan dan terjadi dalam kelompok atau "cluster", sedangkan migrain adalah jenis sakit kepala sedang hingga berat.

Meskipun menyakitkan, sakit kepala ternyata bisa diatasi dengan obat penghilang rasa sakit sederhana.
Mendapati sakit kepala yang tak kunjung hilang atau reda tentu sangat menggangu aktivitas kita seharian. 

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Kita juga dibuat tidak dapat bergerak leluasa dalam melakukan sesuatu hal, saat sakit kepala meradang. Meskipun banyak obat ditujukan untuk meredakan gejala sakit kepala, sejumlah pengobatan alami yang efektif juga ada.

Bagi Anda yang sering terserang sakit kepala, tidak ada salahnya mengetahui jenis sakit kepala, penyebab hingga cara menghilangkansakit kepala yang meradang itu. 

Jenis Sakit Kepala

Menurut International Headache Society, ada lebih dari 150 jenis sakit kepala.  Dua sakit kepala termasuk dalam salah satu dari dua kategori, yaitu sakit kepala primer atau sekunder.

Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang bukan disebabkan oleh kondisi medis. Berikut ini terdapat jenis sakit kepala yang perlu Anda ketahui;

1. Migrain
2. Sakit kepala cluster
3. Sakit kepala tegang
 
Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang berhubungan dengan kondisi lain, termasuk :

- Cedera di kepala
- Hipertensi
- Infeksi
- Kemacetan sinus

Sakit kepala dapat bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti penyebab, frekuensi, dan lokasi.

1. Migrain
 Migrain biasanya muncul di satu sisi kepala atau sebagai perasaan tertekan di belakang satu mata. Rasa sakitnya mungkin sedang hingga parah dan dapat menyebabkan sensasi berdenyut atau berdenyut. Rasa sakit juga dapat memburuk dengan aktivitas fisik biasa.

Gejala sakit kepala migrain meliputi:
- Mual
- muntah
- Diare
- Kelelahan
- Memburuknya gejala di sekitar cahaya atau kebisingan
- Pilek
- Hidung tersumbat
- Rasa sakit yang dimulai pada malam hari dan membangunkan Anda dari tidur

2. Sakit kepala tegang

Setelah migrain, sakit kepala tegang adalah bentuk sakit kepala yang paling umum.

Sakit kepala tegang juga bisa disebut sebagai sakit kepala "pita topi" karena sakit kepala tegang terasa seolah-olah Anda mengenakan topi yang terlalu ketat. Hal ini menyebabkan rasa sakit di sekitar dahi, pelipis, dan bagian belakang kepala. 

Sakit kepala tegang dapat menyebabkan rasa sakit di kedua sisi kepala. Rasa sakitnya mungkin terasa seperti nyeri pengencangan yang dalam dengan intensitas ringan hingga sedang, meskipun sakit kepala ini biasanya tidak menyebabkan denyutan atau denyutan.

Apa yang Membuat Sakit Kepala Ketegangan Lebih Buruk?

Gejala sakit kepala tegang dapat memburuk saat Anda melihat ke cahaya atau mendengar suara keras. Sakit kepala tegang dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa hari.

3. Sakit kepala cluster

Dibandingkan dengan migrain, sakit kepala cluster berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Sakit kepala cluster biasanya berlangsung antara 20 menit hingga dua jam.

Sakit kepala cluster terletak di satu sisi kepala, wajah, atau leher dan tidak berpindah sisi. Rasa sakit bisa menjadi lebih intens dengan sangat cepat, seringkali dalam lima sampai 10 menit pertama. Sakit kepala cluster juga bisa memburuk saat berbaring.

Sakit kepala cluster dapat terjadi beberapa kali sehari selama beberapa hari atau minggu pada suatu waktu sebelum menghilang lagi.

Sakit kepala cluster dapat disertai dengan gejala lain, termasuk:

- Hidung berair atau tersumbat
- Kelopak mata terkulai
- Kelopak mata bengkak
- Mata berair
- Berkeringat di wajah atau dahi

Mereka dianggap sebagai beberapa bentuk sakit kepala yang paling menyakitkan. 

4. Sakit kepala sinus

Sakit kepala sinus biasanya menyerang area sekitar mata, batang hidung, tulang pipi, dan dahi. Rasa sakit dari sakit kepala sinus sering digambarkan sebagai dalam dan konstan. Gerakan tiba-tiba, olahraga, dan membungkuk dapat membuat sakit kepala sinus terasa lebih buruk karena aktivitas ini meningkatkan tekanan pada sinus.

Sakit kepala sinus dapat disertai dengan gejala lain, termasuk:

- Pilek
- Hidung tersumbat
- Terasa penuh di telinga
- Telinga tersumbat
- Wajah bengkak
- wajah bengkak
- Peningkatan lendir di rongga hidung

Cara Menghilangkan Sakit Kepala

Kebanyakan sakit kepala akan hilang dengan obat bebas. Pengobatan migrain dan cluster akan membutuhkan pengobatan khusus agar dapat ditangani secara efektif. Melansir dari verywellhealth.com berikut ini kami sajikan berbagai cara penanganan yang bisa Anda coba.

1. Pengobatan di Rumah

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengelola sakit kepala dan mengurangi frekuensi dan intensitasnya, antara lain :

- Identifikasi dan hindari pemicu yang diketahui seperti makanan tertentu atau kurang tidur
- Berolahraga secara teratur
- Lakukan penyesuaian pada diet Anda untuk memasukkan nutrisi yang sesuai
- Kelola tingkat stres
- Beristirahatlah di lingkungan yang gelap dan tenang
- Pertahankan postur yang baik
- Minum air putih yang cukup
- Gunakan kompres dingin atau panas
- Dapatkan pijatan untuk meredakan ketegangan

2. Pergi ke Dokter

Sakit kepala adalah hal yang umum dan kebanyakan orang akan mengalaminya dalam hidup mereka. Biasanya, sakit kepala tidak menyebabkan rasa sakit yang melemahkan dan dapat ditangani dengan obat yang dijual bebas.

Namun, jika Anda sering mengalami sakit kepala atau sakit kepala membuat Anda berhenti melakukan aktivitas sehari-hari, Anda harus mendiskusikan masalah ini dengan profesional kesehatan.

Ada juga saat sakit kepala bisa menjadi indikasi sesuatu yang lebih serius. Anda harus menghubungi profesional medis jika Anda mengalami sakit kepala parah disertai dengan gejala lain, seperti :

- Mual
- Demam
- Muntah
- Leher kaku
- Kejang
- Kelemahan otot
- Kebingungan
- Sesak napas
- Kebingungan
- Bicara cadel
- Sakit di mata
- Sakit di telinga
- Mati rasa

3. Obat Sakit Kepala Alami

Selain beberapa cara di atas, kenapa tidak mencoba untuk mengatasinya dengan obat sakit kepala alami. Berikut beberapa obat sakit kepala alami yang bisa Anda praktikan di rumah ketika ada keluarga yang mengalami pusing atau sakit.

1. Minim Teh atau Kopi Berkafein

Melansir dari healthline.com, cara menghilangkan sakit kepala yang pertama bisa dengan mengonsumsi teh atau kopi berkafein. Menyeruput minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi, dapat meredakan sakit kepala saat Anda mengalami sakit kepala.

Kafein meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya dapat memiliki efek positif pada gejala sakit kepala. Ini juga membantu meningkatkan efektivitas obat umum yang digunakan untuk mengobati sakit kepala, seperti ibuprofen dan acetaminophen.

Namun, penarikan kafein juga telah terbukti menyebabkan sakit kepala jika seseorang secara teratur mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dan tiba-tiba berhenti. Oleh karena itu, orang yang sering mengalami sakit kepala harus memperhatikan asupan kafein mereka .

2. Coba dengan Akupuntur

Akupunktur adalah teknik pengobatan Tradisional Cina yang melibatkan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh.

Praktik ini telah dikaitkan dengan pengurangan gejala sakit kepala dalam banyak penelitian. Sebuah tinjauan dari 22 penelitian termasuk lebih dari 4.400 orang menemukan bahwa akupunktur sama efektifnya dengan obat migrain biasa.

Studi lain menemukan, bahwa akupunktur lebih efektif dan lebih aman daripada topiramate, obat antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati migrain kronis. Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengobati sakit kepala kronis, akupunktur mungkin merupakan pilihan yang berharga.

3. Bersantai dengan Yoga

Berlatih yoga adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Melakukan yoga bahkan dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala Anda.

Satu studi menyelidiki efek terapi yoga pada 60 orang dengan migrain kronis. Frekuensi dan intensitas sakit kepala berkurang lebih banyak pada mereka yang menerima terapi yoga dan perawatan konvensional, dibandingkan dengan mereka yang menerima perawatan konvensional saja.

Studi lain menemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama tiga bulan mengalami penurunan yang signifikan dalam frekuensi sakit kepala, tingkat keparahan dan gejala yang terkait, dibandingkan dengan mereka yang tidak berlatih yoga.

4. Menyeruput Teh Jahe

Akar jahe mengandung banyak senyawa bermanfaat, termasuk antioksidan dan zat anti-inflamasi. Satu studi pada 100 orang dengan migrain kronis menemukan bahwa 250 mg bubuk jahe sama efektifnya dengan obat sakit kepala konvensional sumatriptan dalam mengurangi rasa sakit migrain.

Terlebih lagi, jahe membantu mengurangi mual dan muntah, gejala umum yang terkait dengan sakit kepala parah.
Anda dapat mengambil bubuk jahe dibentuk kapsul atau buat teh kuat dengan jahe segar.

5. Gunakan Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman. Mereka memiliki banyak manfaat terapeutik dan paling sering digunakan secara topikal, meskipun beberapa dapat tertelan.

Minyak esensial peppermint dan lavender sangat membantu saat Anda sakit kepala. Menerapkan minyak esensial peppermint ke pelipis telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala tegang. Sementara itu, minyak lavender sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit migrain dan gejala terkait ketika dioleskan ke bibir atas dan dihirup.

6. Konsumsi Makanan Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan untuk fungsi yang tak terhitung jumlahnya dalam tubuh, termasuk kontrol gula darah dan transmisi saraf. Menariknya, magnesium juga telah terbukti menjadi obat yang aman dan efektif untuk sakit kepala.

Bukti menunjukkan bahwa kekurangan magnesium lebih sering terjadi pada orang yang sering mengalami sakit kepala migrain, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan dengan 600 mg magnesium sitrat oral per hari membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan sakit kepala migrain.

Namun, mengonsumsi suplemen magnesium dapat menyebabkan efek samping pencernaan seperti diare pada beberapa orang, jadi sebaiknya mulai dengan dosis yang lebih kecil saat mengobati gejala sakit kepala.

Atau Anda bisa menggantinya dengan berbagai jenis makanan yang mengandung magnesium. Mulai dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta sayurah hijau seperti sawi dan brokoli. Olahan seperti daging, susu, dan cokelat juga termasuk di antaranya.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat merusak kesehatan Anda dalam banyak hal, dan bahkan dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Misalnya, satu penelitian membandingkan frekuensi dan keparahan sakit kepala pada mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam dan mereka yang tidur lebih lama.

Ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur mengalami sakit kepala yang lebih sering dan parah. Namun, terlalu banyak tidur juga terbukti memicu sakit kepala, membuat jumlah istirahat yang tepat penting bagi mereka yang mencari pencegahan sakit kepala alami.

8. Kentang

Kandungan kalium pada kentang ternyata bermanfaat sebagai obat sakit kepala alami. Namun, perhatikan cara penyajian kentang. Biasakan kurangi makanan yang digoreng. Sebaiknya, konsumsilah kentang yang direbus atau dipanggang.

ilustrasi kelopak mata

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Mata salah satu indera manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Mata digunakan sebagai melihat objek yang jauh maupun yang dekat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024