Gagal Terbang ke Luar Angkasa, Kebab Turki Jatuh ke Laut

Kebab.
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Perlombaan antariksa era baru sedang memanas. Kali ini, seorang pemilik restoran dan penggemar kebab di Kota Adana, Turki, memutuskan untuk memperingati 61 tahun penerbangan luar angkasa manusia pertama dengan mencoba mengirim kebab pedas ke orbit Bumi.

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sayang usahanya itu menemui kegagalan. Pemilik restoran bernama Yasar Aydin dan sekelompok kecil pengusaha lokal memasang 'pipa kebab' di atas nampan styrofoam yang menempel pada kotak khusus yang dirancang untuk tahan terhadap kondisi ekstrem di atas permukaan Bumi.

Kotak khusus ini berisi alat pelacak dan kamera agar kru bisa mengamati kondisi kebab. Kotak dan nampan kebab diluncurkan ke atmosfer Bumi dari Adana di Turki selatan oleh balon helium besar.

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Setelah terbang selama tiga jam pada ketinggian 35 hingga 40 kilometer, balon berisi kebab itu meledak dan jatuh di laut lepas pantai Provinsi Hatay, Turki, sekitar 121 km dari lokasi peluncuran, seperti dikutip dari situs Metro, Senin, 18 April 2022.

Kebab itu sebagian besar ditemukan dalam keadaan utuh di dalam air setelah penerbangan singkatnya. Yasar Aydin mengatakan bahwa dirinya akan melakukan upaya lain untuk mengirim hidangan pedas jauh di atas awan di masa depan. Ia pun berharap bisa mengantarkan kebab Turki ke seluruh dunia.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menandai Hari Penerbangan Antariksa Manusia Internasional pada 12 April setiap tahunnya, di mana Yuri Gagarin, kosmonot Uni Soviet menjadi manusia pertama mencapai luar angkasa pada 12 April 1961.

Tidak ada batasan yang menentukan awal mula luar angkasa, tetapi PBB secara historis mengakui titik 100 km (62 mil) di atas permukaan Bumi, di mana pesawat konvensional tidak dapat terbang adalah batas dari luar angkasa.

Ilustrasi Pesawat Wings Air yang layani rute Kupang-Ruteng.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Media sosial pagi ini dihebohkan dengan dugaan hilang kontak salah satu pesawat Wings Air di wilayah Pulau Flores.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024