Mata China Tidak akan Lepas dari Media Sosial

China memata-matai media sosial.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Lembaga Pengawas Internet China (Cyberspace Administration of China/CAC) mulai mengadakan kampanye untuk 'membersihkan kekacauan' dari siaran langsung (live streaming) di media sosial, demi konten yang layak dan legal di negeri Tirai Bambu.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Seperti dikutip dari situs Euronews, Senin, 18 April 2022, China memulai kampanye ini dengan mengawasi konten 'pornografi, jelek, aneh, palsu, dan judi’.

Kampanye ini berlangsung selama dua bulan ke depan yang menargetkan perusahaan jaringan multikanal (MCN), video pendek, dan siaran langsung (live streaming).

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Selain itu, akun-akun yang yang menyiarkan konten ilegal juga akan ditindak. China tahun lalu mengadakan 'operasi khusus' untuk menghapus lebih dari 1 miliar akun online dan ribuan situs, supaya ruang digital mereka sesuai dengan nila-nilai sosialis yang dianut negara tersebut.

Pada kampanye tahun ini, China menambah perusahaan MCN, pertanda regulator mulai menaruh perhatian pada perusahaan yang berada di balik konten yang viral di media sosial.

7 Rahasia Google

Perusahaan MCN juga biasanya memanajeri pemengaruh (influencer), yang belakangan ini juga menjadi sorotan untuk isu penghindaran pajak.

Lembaga Pengawas Internet China juga memperingatkan bahwa platform siaran langsung dan video singkat yang tidak memberikan sumber pendapatan dari penyiar atau operator akan atau tidak mendeklarasikan pajak untuk menghindari pajak, juga menjadi target kampanye ini.

Sebelumnya, China dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan kereta rudal yang dapat mengirim persenjataan nuklir mengerikan ke seluruh negeri dengan kecepatan yang mengejutkan.

Kereta yang disebut 'hari kiamat' ini dilaporkan merupakan bagian dari pengembangan strategi militer baru China.

Menurut sebuah studi yang didanai pemerintah, para insinyur mengatakan logistik pengangkutan kereta rudal balistik antarbenua berkemampuan nuklir Dongfeng DF-41.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya