7 Fakta Hujan Meteor di Bumi, Nomor 6 Bikin Ngeri

Ilustrasi meteor.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Fakta hujan meteor di bumi. Ketika anda berharap pada bintang jatuh, Anda sebenarnya menawarkan harapan dan impian Anda kepada sepotong kecil batu ruang angkasa yang terbakar saat jatuh melalui atmosfer bumi.

Gugatannya Disindir Yusril Banyak Asumsi, AMIN Cs: Bukan Dongeng tapi Fakta yang Bisa Dibuktikan

Dikenal sebagai meteor, garis-garis cahaya cemerlang ini telah memikat manusia selama berabad-abad, terutama ketika meteor tiba mengeluarkan percikan cahaya yang menyala-nyala selama jatuhnya sebuah meteor atau saat berpindahnya sebuah meteor.

Para ilmuwan telah mengetahui sejak pertengahan 1800 an bahwa hampir semua hujan meteor lahir dari komet es. Ketika salah satu meteor dari luar angkasa ini memasuki bagian dalam tata surya, panas dari matahari menyebabkan es di permukaan komet berubah dari es menjadi gas, sebuah proses yang disebut sublimasi. Inilah yang menghasilkan ekor komet yang indah.

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Saat es menguap, komet melepaskan debu, partikel ukuran butiran pasir, dan bahkan beberapa bongkahan batu seukuran batu besar yang tertinggal di belakangnya. Dengan setiap orbit, proses itu menciptakan aliran puing-puing di sepanjang jalur komet yang bertahan lama setelah bola es kotor kembali ke tepi tata surya.

Dalam beberapa kasus, saat bumi melintasi aliran puing-puing selama perputarannya mengelilingi matahari. Serpihan batu menghantam atmosfer bumi dan terbakar hal itu lah yang menciptakan tampilan spektakuler di langit. tidak hanya di bumi hujan meteor juga terjadi di Mars.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Berikut beberapa fakta hujan meteor di bumi, seperti dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Jatuh Ke Laut

Ilustrasi meteor

Photo :
  • Pixabay

Meskipun kita tidak dapat melihatnya, meteor jatuh ke bumi pada siang hari. Sangat jarang meteorit akan menyerang manusia dan lebih mungkin jatuh ke laut. Hujan meteor biasanya disebabkan oleh puing-puing dari komet. Ketika Bumi bergerak melalui jejak puing-puing itu, kita kemudian melihat lebih banyak komet.

2. Orang Beruntung Bisa Melihat Hujan Meteor

Meteorit yang ditemukan Graham Ensor di Oman

Photo :
  • www.bbc.com/Graham Ensor

Orang-orang yang melihat hujan meteor dari belahan bumi utara berada dalam posisi terbaik untuk menyaksikan pertunjukan terbaik. Musim terbaik untuk melihat hujan meteor adalah Musim Panas dan waktu terbaik adalah pada jam-jam sebelum fajar. Cahaya bulan yang terang dapat menenggelamkan semua kecuali meteor yang paling terang. Beberapa penampilan terbaik dari hujan meteor yang terjadi sekali atau dua kali seumur hidup.

3. Mitos

Lubang bekas benda jatuh yang diduga meteor

Photo :

Bertahun-tahun yang lalu, diperkirakan bahwa meteor adalah hadiah dari malaikat, sementara yang lain menganggapnya sebagai tanda kemarahan para dewa. Pada abad ke-17, banyak yang percaya bahwa mereka jatuh dari badai petir dan dijuluki sebagai batu petir.

4. Meteorit Terbesar

Kawah hasil dari hantaman meteor.

Photo :
  • U-Report

Meteorit terbesar yang terletak di Amerika Serikat itu terjadi pada tahun 1948 ketika saksi melihat bola api raksasa di sore hari yang diklaim beberapa orang lebih terang dari Matahari. Ditemukan di ladang gandum di Nebraska selatan yang terkubur sedalam 10 kaki di dalam tanah. Beratnya 2.360 pon.

5. 60 Meteorit Per Menit, Turun Setiap Tahun di bulan Agustus

Pemotretan hujan meteor Eta Aquarid di Gunung Bromo

Photo :
  • www.justinngphoto.com

Ada beberapa hujan meteor periodik yang dicari oleh para astronom dan pengamat amatir setiap tahun, misalnya hujan meteor Perseid dengan lebih dari 60 meteor per menit dan banyak ditonton setiap tahun pada bulan Agustus. Catatan paling awal yang diketahui tentang hujan meteor Perseids ditemukan dalam sejarah Cina dari tahun 36 M. Hal ini terkait dengan komet Swift Tuttle yang membutuhkan 133 tahun untuk mengorbit Matahari.

6. Tahun 1833 Menurut Penelitian, Ratusan Ribu Meteor Hampir Menabrak Bumi

Ilustrasi meteor menuju bumi.

Photo :
  • U-Report

Paling mengesankan adalah hujan meteor Leonid yang mencapai puncaknya setiap tahun pada pertengahan November. Meteor ini merupakan aliran meteor yang bergerak cepat yang bertemu dengan jalur Bumi. Pada tahun 1833, pengamat memperkirakan bahwa ratusan ribu meteor melintas di langit. Hujan Leonid tahunan dapat menyimpan 12-14 ton partikel di seluruh planet.

7. Hujan meteor Geminid

Hujan meteor Geminid pada 2018

Photo :
  • www.space.com/Ethan Miller/Getty

Pada bulan Desember, hujan meteor Geminid muncul ketika Bumi melintasi jalur asteroid 3200 Phaethon. Tampaknya meteor datang dari arah konstelasi Gemini dan pengamat mencatat bahwa mereka bergerak lebih lambat dibandingkan dengan meteor lainnya. Geminid menyemprotkan hingga 40 meteor per jam pada puncaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya