Peternak Perempuan Harus Terampil Teknologi

Usaha peternakan sapi perah.
Sumber :
  • Dok. VIVA.co.id

VIVA – Survei Sosial Ekonomi Nasional 2020 menunjukkan pertumbuhan populasi sapi perah di Jawa periode 2010-2020 mengalami peningkatan sebesar 2,52 persen per tahun.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Adapun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2020 menyatakan, Jawa Tengah dan Yogyakarta menjadi produsen susu segar terbesar di peringkat ketiga dan keempat di Indonesia dengan jumlah produksi mencapai 99,92 ribu ton dan 5,4 ribu ton.

Akan tetapi, mayoritas peternak sapi saat ini masih didominasi oleh laki-laki dengan usia sudah di atas 50 tahun. Lebih jauhnya, aktivitas dalam dunia peternakan selama ini dipandang hanya dilakukan oleh kaum pria saja.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Padahal, perempuan sebagai bagian dari sebuah rumah tangga yang memiliki usaha peternakan memiliki dominasi domestik dalam aktivitas peternakan.

Perempuan juga dinilai memiliki kelebihan dalam beberapa aspek seperti ketangguhan, rajin, ulet, kuat, teliti, dan pantang menyerah. Kelebihan tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi peternak yang unggul.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Namun, saat ini tantangan bagi para peternak perempuan masih sering dijumpai seperti pendidikan rendah, kesempatan rendah, tugas domestik dan kesempatan untuk totalitas dalam menjadi peternak akibat sulitnya membagi waktu.

Dukungan dari berbagai pihak serta proses dorongan akan transformasi menjadi konsep peternakan yang lebih modern diperlukan dalam menciptakan peternak yang unggul.

Transformasi dari tradisional ke modern di dunia peternakan membutuhkan kolaborasi oleh berbagai pihak. Untuk itu, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia bersama LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan) mengembangkan program Regenerasi Peternak Muda yang terfokus di tiga kabupaten, yakni Boyolali, Klaten, dan Sleman.

"Peningkatan kualitas anak bangsa melalui pemenuhan nutrisi menjadi tanggung jawab bersama. Meski banyak perempuan mampu menjalankan peran ganda sebagai ibu/istri di keluarga maupun sebagai peternak," kata Head Climate, Water Stewardship, Danone Indonesia Ratih Anggraeni, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 28 April 2022.

Program Regenerasi Peternak Muda diimplementasikan melalui kemitraan bersama koperasi susu lokal dalam bentuk penyediaan fasilitas, penyusunan modul pelatihan good farming practices atau budidaya ternak sapi perah, dan pengorganisasian pelatihan peternak.

Selain itu, Danone SN Indonesia dan LPTP terus melakukan peningkatan keterampilan peternak muda melalui serangkaian pelatihan, yaitu kegiatan pelatihan budidaya ternak sapi perah, pelatihan business plan usaha ternak, pelatihan inovasi pakan serta penyediaan stimulasi teknologi pertanian, dan pembuatan platform digital.

Saat ini, para peternak khususnya peternak muda dihadapi dalam situasi transisi peternakan modern, di mana sistem konvensional juga masih dijalankan, namun penerapan alat modern berbasis teknologi mulai dilakukan.

"Pengunaan teknologi berdampak pada efisiensi tenaga yang dikeluarkan, membuat pekerjaan lebih cepat dan aspek kebersihan yang terjaga," tutur Ratih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya