XL Axiata Siap Bikin Nyaman Pengguna di Pusat Keramaian

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – PT XL Axiata Tbk menggunakan data analytics untuk memaksimalkan pengalaman pengguna ke mana pun mereka pergi. Bukan hanya saat Lebaran, tapi juga liburan ke tempat wisata dan pusat keramaian lainnya.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

"Kita shutdown 3G dan kapasitas 4G bisa kita tambah langsung dengan memigrasi spektrum dari 3G ke 4G. Saat ini hampir 96 persen jaringan 3G sudah kita matikan," kata Director and Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa di Polairud Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat, 29 April 2022.

Menurutnya, ada 2 hal yang membuat XL Axiata menonaktifkan jaringan 3G. Pertama, trafik panggilan suara (voice) turun sebesar 15 persen year on year (yoy). Kedua, trafik data yang meningkat hingga 34,4 persen yoy.

Pesan Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto kepada Warga yang Mudik Lebaran

Gede menyampaikan bahwa jaringan 3G masih dominan di hampir semua operator telekomunikasi pada 2021 dan tahun-tahun sebelumnya. Jaringan generasi ketiga ini memang biasanya dipakai untuk layanan panggilan suara (voice).

Meski begitu, ia mengakui perlu waktu dan usaha yang lebih intens untuk migrasi pelanggan suara (voice) ke data, yang mana pelanggan masih menggunakan kartu SIM ke uSIM, atau mereka yang masih menggunakan feature phone atau ponsel jadul ke smartphone.

Biar Aman, Kendaraan yang Ditinggal Mudik Bisa Dititipkan di Kantor Polisi

"Dan, sisanya akan dilakukan secara bertahap seiring kampanye kami untuk memaksimalkan dan memastikan migrasi dari 3G ke 4G berjalan dengan smooth," papar Gede.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta seluruh operator seluler menyiapkan layanan telekomunikasi yang memadai untuk mendukung kelancaran kegiatan mudik Lebaran 2022.

"Dapat saya sampaikan bahwa operator seluler mengambil bagian secara serius mempersiapkan peralatan, mempersiapkan personel, baik di pusat-pusat monitoring atau surveillance system-nya maupun di lapangan untuk memberikan dukungan agar mudik sekarang ini dapat berlangsung dengan baik," ujarnya.

Kesiapan yang dilakukan operator seluler salah satunya memastikan ketersediaan bandwidth untuk menanggulangi terjadinya lonjakan trafik data selama masa mudik Lebaran.

"Saya juga menyampaikan kepada operator seluler agar berkoordinasi dengan Kominfo dalam melaksanakan monitoring atau pengawasan," jelas Menkominfo Johnny G Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya