Pengguna Telkomsel Tak Bisa Lepas dari WhatsApp, TikTok dan Instagram

WhatsApp, Instagram, dan Facebook.
WhatsApp, Instagram, dan Facebook.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 45,1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya selama Ramadhan dan Idul Fitri atau RAFI tahun ini.

Untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice), masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 2022.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang meningkat 21 persen.

Lalu, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekitar 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa. Untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

"Kami juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah platform seperti WhatsApp (tumbuh 35 persen), TikTok (meningkat 16 persen), Instagram (naik 15 persen), YouTube (melonjak 13 persen), dan Facebook (naik 1 persen)," kata Saki, Jumat, 6 Mei 2022.

Seluruh aktivitas digital pelanggan turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya dan Garut, keduanya Jawa Barat, masing-masing tumbuh 43 dan 34 persen.

Kemudian, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah sebesar 50 persen, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat meningkat 28 persen, dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tumbuh 42 persen.

Seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022, Saki juga menemukan adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa.

Wilayah yang dimaksud adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen, dibandingkan hari biasa.

"Kami juga berharap, momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini menjadi kebangkitan Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19," tegas Saki.