Wow, Ini Dia 10 Aplikasi yang Dapat Menyelamatkan Nyawa

Aplikasi yang dapat menyelamatkan nyawa.
Sumber :

VIVA – .Aplikasi yang dapat menyelamatkan nyawa rupanya beragam. Munculnya beragam aplikasi rupanya memiliki banyak manfaat yang tidak terduga. Selain itu memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu hal, nyatanya sebuah aplikasi pun mampu menyelamatkan nyawa manusia

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

Walaupun terkadang banyak anggapan masyarakat, mengenai banyak aplikasi yang muncul di berbagai gadget bisa membuat seseorang kecanduan, lupa diri, dan terlalu menggantungkan dirinya pada aplikasi. Namun nyatanya, beberapa aplikasi di bawah ini dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Nyatanya, tidak semua aplikasi yang muncul saat ini memberikan dampak negatif pada penggunanya. Semua itu kembali lagi pada manusianya dalam menggunakan aplikasi tersebut untuk apa.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Seperti yang terjadi pada pada 10 Juli 2008, App Store diperkenalkan ke dunia, dan cara kita mengonsumsi dan berinteraksi dengan teknologi tidak pernah terlihat sama. Aplikasi menjadi format baru bagi merek dan bisnis untuk menjangkau audiens mereka. 

Pengenalan aplikasi telah menjadi katalis untuk semua jenis yang aneh dan indah, tetapi yang lebih penting sebuah aplikasi bisa bermanfaat untuk para penggunannya.  Ada banyak aplikasi inovatif hebat yang mengubah hidup orang menjadi lebih baik, dan bahkan beberapa yang memiliki kemungkinan untuk menyelamatkan nyawa. 

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Sepuluh aplikasi ini merupakan contoh dari banyak versi yang tersedia, belum lagi yang masih dalam pengembangan dengan teknologi yang lebih baik dan fitur yang lebih dinamis. Lantas, aplikasi apa saja yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang? Berikut sepuluh aplikasi yang dapat menyelamatkan nyawa mengutip dari listverse.com.

10. ICE Medical Standard

Ice medical standart

Photo :

ICE adalah singkatan dari In Case of Emergency. Aplikasi ini telah dikembangkan untuk menjadi ID medis terkemuka di industri untuk ponsel iOS dan Android. ID Medis adalah aplikasi yang memungkinkan Anda meletakkan informasi kontak medis darurat pada tampilan overlay gambar layar kunci ponsel pintar Anda.

Jadi jika Anda mengalami kecelakaan, petugas pertolongan pertama, EMS, EMT, FEMA, dan UGD dapat menemukan informasi kontak darurat Anda segera setelah mereka menghidupkan telepon Anda.Mereka menciptakan sistem kode warna yang mudah dibaca untuk memungkinkan responden darurat mengukur seberapa "berisiko tinggi" individu tersebut.

Bahkan orang yang paling sehat pun dapat memperoleh manfaat dari memiliki aplikasi ini di ponsel mereka; Anda tidak pernah tahu kapan aplikasi seperti ini bisa membuat Anda keluar dari masalah serius. Dokter dapat mengakses alergi Anda, kondisi kesehatan, dan obat apa pun yang mungkin Anda konsumsi secara teratur dalam hitungan detik setelah mengambil ponsel Anda. Dan, tentu saja, Anda dapat memutuskan informasi pribadi mana yang terlihat di layar kunci Anda untuk melindungi informasi pribadi Anda. 

9. What3Words

What3words

Photo :

Dalam masa darurat, sangat penting untuk dapat menggambarkan dengan tepat di mana Anda berada. Misalnya, bayangkan jika Anda sedang berjalan-jalan di alam liar dan mendapati diri Anda membutuhkan bantuan medis, alamat jalan tentu saja tidak dapat membantu Anda saat itu.

Jadi saat dibutuhkan, Anda harus bisa menjelaskan lokasi Anda secara tepat dengan lebih presisi daripada alamat biasa.Di sinilah What3words masuk. Aplikasi ini memberikan setiap tiga meter persegi (9,8 kaki persegi) persegi di dunia alamat tiga kata yang unik — semuanya 57 triliun. 

3words telah dibuat secara acak untuk setiap kotak dan akan selalu sama, jadi Anda sekarang dapat mengarahkan seseorang ke kotak tertentu di dunia hanya dengan tiga kata.Awalnya dirancang sebagai solusi untuk menemukan alamat yang lebih tidak biasa atau jauh, tetapi sekarang aplikasi mereka mencakup seluruh dunia dengan kotak tiga meter; aplikasi untuk perangkat lunak ini hampir tidak ada habisnya. Mereka bahkan telah membuat ekstensi untuk Google Chrome dan Mozilla sehingga Anda dapat mencari alamat what3words langsung ke google maps. 

8. Zello PTT Walkie Talkie

Zello

Photo :

Zello adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah ponsel mereka menjadi walkie-talkie atau radio dua arah, asalkan mereka memiliki jaringan atau koneksi Wi-Fi. Layanan ini bahkan akan mengirim komunikasi melalui jaringan 2G yang lebih lama jika tidak ada lagi yang tersedia.

Aplikasi ini menawarkan cara bagi orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi bahkan ketika mereka memiliki layanan seluler yang buruk.Ini adalah teknologi yang mudah diakses yang membantu responden darurat untuk berkomunikasi dan menerima peringatan tanpa memerlukan perangkat keras radio tradisional yang mahal. Hal ini memungkinkan komunikasi yang jelas dan tidak terganggu di beberapa tim responden pertama.

Selain itu, jika terjadi krisis, pemilik saluran dapat mengirimkan Peringatan Saluran berulang-ulang dengan keras. Peringatan mengirimkan bunyi bip keras setiap menit, bersama dengan pesan teks, ke pelanggan, baik yang terhubung atau tidak ke saluran.

Akibatnya, setiap hari, puluhan ribu responden pertama menggunakan Zello dalam operasi mereka, dan delapan miliar pesan langsung dikirim setiap bulan. Ini adalah bukti kuat bahwa aplikasi ini memberikan dampak positif yang serius pada kehidupan banyak orang di seluruh dunia.

Mereka mengembangkan lebih lanjut teknologi ini dengan bekerja sama dengan AGIS (Advanced Ground Information Systems) untuk membuat LifeRing, sebuah aplikasi untuk meningkatkan efisiensi responden pertama dan personel militer . Zello jelas berada di garis depan komunikasi push-to-talk; akan menarik untuk melihat dampak positif yang berkembang di dunia. 

7. Cairn

Cairn

Photo :

Cairn adalah aplikasi terbaik untuk membuat Anda tetap aman saat ingin berjalan-jalan di hutan belantara. Ini dirilis pada tahun 2015 dan telah membantu banyak penjelajah yang rajin menikmati pendakian mereka dengan ketenangan pikiran ekstra.

Slogan mereka "Pulang dengan selamat dari petualangan apa pun" menyoroti satu-satunya tujuan aplikasi ini. Beberapa integrasi yang berguna pada aplikasi ini adalah peringatan jejak dan pelacakan lokasi waktu nyata.

Peringatan jejak akan secara otomatis menghubungi kontak yang Anda pilih (teman / keluarga) jika Anda terlambat untuk kembali. Jika Anda berjalan di suatu tempat yang agak berbahaya sendirian, pelacakan waktu nyata bisa menjadi penyelamat. Ini memungkinkan kontak pilihan Anda untuk dapat melihat di mana Anda berada di setiap langkah.

Di dalam aplikasi, Anda juga dapat menemukan area mana yang memiliki jangkauan seluler, jadi jika Anda perlu menelepon, Anda akan tahu ke mana harus pergi. Elemen ini adalah crowdsourced, jadi setiap kali pengguna membuka aplikasi ini di jalur baru, itu meningkatkan jumlah informasi yang tersedia untuk pejalan kaki berikutnya. 

6. Stay Alive

Aplikasi Pencegahan Bunuh Diri Pertama di Inggris. Digambarkan sendiri sebagai "sumber daya pencegahan bunuh diri saku dikemas penuh dengan informasi dan alat yang berguna untuk membantu Anda tetap aman dalam krisis."

Mereka telah membuat aplikasi gratis yang menawarkan bantuan dan panduan bagi mereka yang membutuhkannya. Jika seseorang merasa tidak memiliki siapa pun untuk diajak bicara tentang apa yang mereka alami, Stay Alive mengubahnya.Ini menawarkan beberapa fungsi yang dirancang untuk menginspirasi motivasi dan membantu individu merasa kurang kewalahan.

Beberapa fitur praktis termasuk rencana keamanan, "Kotak Kehidupan" tempat Anda dapat menyimpan foto yang sangat penting bagi Anda, dan, tentu saja, tautan ke sumber daya krisis nasional.Ini dikembangkan oleh Grassroots Suicide Prevention, sebuah badan amal berbasis di Inggris yang mendukung masyarakat dalam mencegah bunuh diri.

Mereka mengajarkan keterampilan pencegahan bunuh diri kepada anggota masyarakat dan profesional. Dan meskipun ini mungkin tampak sebagai subjek yang rumit, sangat penting bagi badan amal seperti ini untuk menciptakan layanan gratis dan terbaru. 

5. First Aid by British Red Cross

Aplikasi.

Photo :

Palang Merah Inggris, badan jaringan kemanusiaan di seluruh dunia di Inggris—Palang Merah Internasional—telah menciptakan serangkaian aplikasi yang dirancang untuk mengajari semua orang teknik-teknik penting pertolongan pertama.

Mampu memberikan pertolongan pertama dengan segera dapat membantu mengurangi waktu pemulihan seseorang dan membuat perbedaan antara pasien yang mengalami kecacatan sementara atau jangka panjang. Dan mendorong orang untuk mempelajari dasar-dasarnya tentu saja merupakan tujuan yang berharga.

Aplikasi utama mereka mencakup 19 keterampilan yang dapat membantu orang memberikan bantuan kepada diri mereka sendiri atau orang lain saat menjalankan bisnis sehari-hari mereka. Ini memberikan beberapa informasi yang sangat dibutuhkan ke tangan banyak orang dengan lebih dari 500 ribu unduhan di Google Play store saja.

Ini mengajarkan pengguna bagaimana menangani insiden seperti kecelakaan lalu lintas dan cuaca dingin yang parah. Ini memberikan informasi dengan cara yang menarik seperti video, kuis interaktif, dan panduan langkah demi langkah. 

4. Share the Meal

Share the meal

Photo :

Aplikasi ini mengajarkan kita untuk menciptakan cara mudah untuk menjadi sukarelawan. Dikatakan bahwa satu dari sembilan orang kelaparan atau kekurangan gizi di seluruh dunia. 

Dan menurut badan amal Action Against Hunger , sekitar 2,3 juta anak meninggal setiap tahun karena kekurangan gizi. Share the Meal adalah aplikasi yang memerangi masalah serius ini. Itu dibangun bersama Program Pangan Dunia PBB dengan model crowdfunding.

Pengenalan aplikasi yang menarik dan mudah digunakan yang mendidik dan memungkinkan orang untuk menyumbang mendapat sambutan hangat dari banyak organisasi. Pada tahun 2020, ia menerima pengakuan sebagai salah satu "Aplikasi Terbaik" oleh Google dan Apple. 

Misinya adalah untuk "membuat memerangi kelaparan dapat diakses oleh semua orang," dan aplikasi ini melakukan hal itu. Kebanyakan orang akan mengatakan bahwa mereka bersedia menyumbang untuk amal, tetapi mungkin lebih sedikit yang melakukannya di masa lalu karena kurangnya kemudahan seputar sumbangan yang lebih kecil.

Sekarang, Share The Meal memungkinkan penggunanya untuk menyumbang sedikitnya 80 sen dalam hitungan detik. Ini menawarkan saran donasi yang telah ditentukan sebelumnya, menjelaskan berapa banyak makanan yang akan diberikan setiap jumlah, dengan saran maksimum adalah $293 untuk menyediakan 365 makanan untuk keluarga atau individu. [7]

3. Pulse Point

Pulse Point adalah perusahaan teknologi yang misinya menggunakan pembelajaran mesin dan otomatisasi untuk mengubah perawatan kesehatan dengan menciptakan platform yang membantu orang yang membutuhkan menerima bantuan dalam kerangka waktu yang lebih cepat. 

Mereka telah membuat sebuah aplikasi yang memungkinkan siapa saja dengan pelatihan CPR untuk memberikan bantuan dan bantuan kepada orang-orang di daerah mereka yang menderita serangan jantung . 

Peringatan "Diperlukan CPR" memiliki suara alarm yang unik dan diprogram untuk mengesampingkan fungsi jangan ganggu pada ponsel. Ini juga merupakan aplikasi yang terhubung ke 911, sehingga tidak hanya akan menginformasikan warga di daerah setempat, tetapi juga akan menginformasikan layanan darurat yang relevan.Pengguna aplikasi juga dapat membantu menyelamatkan nyawa bahkan sebelum mereka dalam bahaya. 

Mereka telah membuat fungsi yang memungkinkan siapa saja untuk menentukan AED (Defibrillator eksternal otomatis) di mana saja di peta dengan deskripsi singkat tentang bisnis yang dilampirkan bersama dengan foto untuk konteks lokasinya.

Pengguna aplikasi sekarang juga dapat memilih untuk diberi tahu tentang peristiwa lain yang dapat berdampak pada mereka dan keluarga mereka, seperti kebakaran hutan, banjir, dan keadaan darurat utilitas. Dan meskipun saat ini hanya mencakup Amerika Utara, mereka sedang berupaya mendistribusikan layanan gratis ini ke seluruh dunia. 

2. My Earthquake Alerts

Aplikasi gratis lainnya yang telah dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan populasi dunia adalah 
My Earthquake Alerts. Dengan lebih dari satu juta unduhan dan 4,5 bintang di Google Play store, ini adalah aplikasi yang mudah digunakan yang dirancang khusus untuk memberi tahu pengguna gempa bumi di seluruh dunia.

Diperkirakan bahwa sekitar 20.000 gempa bumi terjadi setiap tahun secara global, dengan 16 diperkirakan merupakan gempa bumi besar (dengan kekuatan 7,0 hingga 8,0). Oleh karena itu, aplikasi yang memberi tahu orang-orang ketika itu terjadi pasti akan memiliki kemampuan untuk menyelamatkan nyawa.

Pengguna dapat memilih wilayah mana yang akan menerima pemberitahuan, sehingga mereka dapat memiliki ketenangan pikiran tentang diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai, di mana pun mereka berada di dunia.

Tersedia di perangkat Android dan iOS, ini tentu saja merupakan aplikasi yang dapat memberikan dampak positif bagi siapa saja yang tinggal di (atau mengunjungi) wilayah yang kemungkinan akan mengalami gempa bumi. 

1. Snug Safety

Ini adalah aplikasi yang telah dirancang sebagai layanan check-in harian untuk orang-orang yang tinggal sendiri, yang secara khusus ditujukan untuk manula dan rentan. Ini menyediakan cara bagi keluarga untuk memastikan orang yang mereka cintai tetap aman dan sehat. 

Apakah Anda membutuhkan ketenangan pikiran saat berlibur jauh dari orang tua atau kakek-nenek Anda atau menginginkan solusi jangka panjang untuk memastikan bahwa mereka tetap aman saat tinggal sendirian, aplikasi ini dapat menyediakan hal itu.

Menurut situs web mereka, mereka telah memiliki dua juta check-in. Mereka telah ditampilkan di Forbes dan AARP: The Magazine, sehingga jelas memberikan dampak positif dalam dunia perawatan lansia. Aplikasi ini mengharuskan individu untuk check-in setidaknya sekali sehari, yang menunjukkan bahwa mereka aman untuk orang yang mereka cintai. 

Sebelum batas waktu check-in, ada peringatan untuk memberikan pengingat. Namun, jika tenggat waktu berlalu tanpa check-in, kontak darurat mereka akan mengirim pesan teks yang mengatakan bahwa mereka melewatkan check-in. Juga, versi aplikasi berbayar menawarkan untuk memanggil setiap kontak Anda secara berurutan. Dan jika mereka masih belum check-in dan petugas operator tidak memiliki konfirmasi bahwa salah satu kontak darurat mereka akan memeriksa mereka, mereka akan meminta pemeriksaan kesehatan resmi ke lokasi terakhir ponsel mereka yang diketahui. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya