6 Game NFT Penghasil Uang, Bisa Jadi Penghasilan Tambahan

Aset kripto.
Sumber :
  • CFO.com

VIVA – Ada beberapa game NFT penghasil uang yang mungkin belum kamu ketahui. Game NFT sendiri merupakan sebuah permainan yang memungkinkan para pemainnya untuk memperoleh item sebagai aset NFT. Seiring dengan berkembangnya zaman industri game yang terus mengalami peningkatan, baik dalam produksi maupun jumlah pemainnya yang semakin banyak. 

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Selain itu, beberapa genre game tersebut juga bisa memperoleh pendapatan yang cukup besar bila dimainkan. Game yang berbasis NFT atau Non-Fungible Token ini mulai digandrungi dan menjadi sebuah tren baru untuk setiap orang yang ingin mencari uang secara digital. Game seperti ini juga mempunyai berbagai genre, seperti petualangan, olahraga, dan lain-lain. Walaupun demikian, game tersebut mempunyai tampilan sederhana dan tetap seru. 

Pengertian NFT

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Non-fungible token (NFT).

Photo :
  • Vecteezy

Diberitakan sebelumnya, NFT adalah aset digital, baik itu berupa barang yang mempunyai wujud nyata maupun tidak berwujud yang mempunyai keunikan. Sejauh ini, NFT dipakai untuk mewakili sebuah barang, umumnya karya seni dalam forum digital. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa NFT adalah sebuah sertifikasi kepemilikan barang. Kini, NFT dipakai untuk membeli dan menjual karya seni digital. 

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Dalam ekonomi digital, masyarakat mungkin sudah mengenal mata uang kripto (crypto) atau cryptocurrency. Sederhananya, crypto merupakan mata uang digital yang bisa dipakai untuk membeli barang dan jasa. Namun, menurut Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset crypto masih dilarang sebagai alat pembayaran. 

Lantas, Apa Saja Game NFT Penghasil Uang?

Main game online pakai Tri Indonesia.

Photo :
  • Dok. Tri Indonesia

1. Sandbox

Game NFT penghasil uang yang pertama adalah Sandbox yang mengusung konsep Metaverse. Dalam game tersebut, pemain dapat membeli properti, tanah, dan lain sebagainya. Semua transaksi di Sandbox memakai mata uang crypto yang bernama SAND. Game ini memungkinkan para pemain untuk membeli aset berupa properti karakter, tanah, dan item lain. 

2. Axie Infinity

Bila dilihat dari konsepnya, game ini mirip seperti game Pokemon, tapi menambahkan sistem blockchain sendiri. Transaksi dalam game tersebut berbasis Ethereum. Pemain dapat mengembangbiakkan dan mengumpulkan hewan peliharaan digital sebagai aset NFT yang disebut Axies. Tujuan utamanya adalah untuk melawan para pemain lain. 

Setiap jenis Axies mempunyai jejak genetik sendiri. Maka dari itu, kelemahan dan kekuatan Axies diturunkan kepada keturunannya. Axies yang juga dapat dikatakan sebagai hewan peliharaan digital tersebut bisa diperdagangkan di pasar NFT Ethereum dan harga masing-masing bergantung dengan kelangkaan dan keunikannya. 

3. Worldwide Webb

Game NFT penghasil uang berikutnya bergenre MMORPG ini bernama Worldwide Webb. Permainan dua dimensi dengan gameplay permainan retro ini dapat membuat para pemainnya ketagihan. Dalam game ini, pemain dapat melakukan berbagai hal dan berinteraksi dari seluruh dunia. Seperti melakukan aktivitas jual beli item sebagai aset NFT. 

4. Alien Worlds

Game yang satu ini mengusung konsep metaverse NFT Defi yang mensimulasikan persaingan ekonomi dan berkolaborasi antar pemain dalam upaya menjelajahi planet lain. Seluruh capaian tersebut akan diberikan insentif untuk bersaing memperebutkan Trilium (TLM) yang diperlukan untuk mengontrol organisasi otonom tersentralisasi yang bersaing di Planet DAO. 

Dalam game Alien World ini, para pemain bisa mendapatkan NFT untuk menambang TLM, terlibat pertempuran, dan menyelesaikan misi dalam gim. Para pemain bisa membeli dan merakit NFT yang paling sesuai dengan gameplay mereka. Selain itu, pemain bisa terlibat dalam pemerintahan dengan memilih seorang penasihat. 

5. Thetan Arena

Thetan Arena merupakan sebuah game yang mengusung konsep MOBA. Untuk mengawali permainan ini, umumnya para pemain akan memperoleh tiga karakter secara gratis. Item dan karakter di dalam game ini bisa diperjualbelikan, sehingga para pemain bisa memperoleh uang sungguhan. 

6. Star Atlas

Game NFT penghasil uang berikutnya adalah Star Atlas. Dapat dikatakan permainan ini adalah salah satu game blockchain yang cukup banyak digemari. Karena, Star Atlas diharapkan untuk menetapkan standar baru di ruang play-to-earn dengan memadukan gameplay eksplorasi ruang angkasa yang luas, elemen strategi yang dirancang dengan hati-hati. 

Konsep permainan Star Atlas ini berpusat di area eksplorasi ruang angkasa, penambangan, dan pengembangan. Para pemain mempunyai fleksibilitas untuk membuat kapal di luar angkasa, kru, dan avatar kustom mereka sendiri. Keunikan dalam game ini berada dalam item yang dijadikan sebagai aset NFT. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya