Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps, Yuk Coba!

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps
Sumber :
  • google.support.com/tamara

VIVA – Cara melacak nomor HP lewat Google Maps masih jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal hal ini bisa sangat membantu. Apalagi, seperti yang kita ketahui saat ini, bahwa HP apalagi smartphone menjadi barang yang wajib untuk selalu dibawa. Selain untuk berkomunikasi, HP juga bisa digunakan untuk hal lain. Misalnya mengirim surat elektronik atau email, memesan makanan melalui aplikasi online, hingga membuka peta atau maps. Untuk peta atau maps, yang paling banyak digunakan saat ini adalah maps keluaran Google yang lebih dikenal dengan Google Maps. 

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Apa itu Google Maps

Google Maps

Photo :
  • Google
Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Google Maps adalah salah satu aplikasi keluaran perusahaan raksasa Google, yang merupakan sebuah aplikasi peta online gratis yang dapat diakses melalui browser web atau melalui perangkat HP smartphone dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi Google Maps khusus HP. Pengguna Google Maps bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan arahan secara detail dari suatu lokasi, mencari informasi mengenai tempat, mengetahui bisnis lokal disekitar dan banyak fitur mutakhir lainnya. Lebih lanjut, aplikasi Google Maps bisa ditentukan berdasarkan mode transportasi yang digunakan serta perkiraan estimasi waktu sampai di tujuan. 

Aplikasi Google Maps memang berfungsi untuk menunjukkan arah. Namun, tak banyak orang mengetahui bahwa Google Maps juga memiliki fitur untuk bisa melacak nomor HP, yang mana untuk mengetahui posisi orang yang ingin dilacak tersebut. Bagaimana cara melacak nomor HP menggunakan Google Maps? Yuk, simak cara mudahnya yang telah dirangkum oleh Viva.co.id 

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps

Photo :
  • google.support.com/tamara

Pertama, yang harus diketahui adalah, untuk bisa melacak nomor HP melalui Google Maps adalah akses ini memerlukan persetujuan dari kedua belah pihak. Biasanya, hal ini dilakukan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan HP atau HP telah dicuri hingga HP yang tertinggal di suatu tempat. Berikut caranya : 

a.    Buka aplikasi Google Maps di HP 
b.    Pilih menu “Account", yang ditandai dengan foto atau akun Google
c.    Klik Menu “Location Sharing
d.    Setelah itu, tentukan berapa lama waktu yang diinginkan untuk menghubungkan kedua perangkat Google Maps
e.    Ketik atau pilih nomor HP dari HP yang ingin dilacak
f.    Selanjutnya, klik “Share” dan “Activate
g.    Pastikan orang yang tersebut mengakses link yang telah dibagikan 
h.    Setelah aktif, pada layar HP akan langsung menunjukkan lokasi nomor HP yang ingin dilacak tadi. 

Namun, tentunya ada pro dan kontra mengenai hal ini. Jika digunakan dengan wajar dan semestinya, maka fitur melacak nomor HP lewat Google Maps akan sangat bermanfaat dan membantu dalam banyak hal. Namun juga digunakan untuk hal negatif, misalnya seperti memasang diam – diam ke HP pasangan, atau sengaja memasang fitur ini untuk menguntit seseorang, maka aplikasi ini bisa menjadi sangat negatif dan akan menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan. 

Selain cara di atas, ada cara lain untuk bisa melacak nomor HP Lewat Google Maps, berikut caranya : 

a.    Pertama, buka situs www.myactivity.google.com. Kemudian login di akun Google yang terhubung dengan HP, dengan memasukkan alamat email serta kata password. Setelah berhasil login, klik “Activity Control” 
b.    Lalu, pilih opsi “Manage Activity”. Nantinya, pada laman tersebut akan terlihat daftar tempat yang pernah dikunjungi serta aktivitas pemilik HP tersebut. Untuk mengetahui secara akurat lokasi, pilih opsi “Your Timeline” kemudian klik “OK” 
c.    Kemudian, akan terlihat jelas pada layar peta lokasi Google Maps. Lengkap dengan lokasi HP tersebut yang ditunjukkan oleh lingkaran berwarna biru. Klik lingkaran biru tersebut untuk mengetahui alamat lengkap lokasi HP. 


Kedua cara di atas bisa digunakan pada HP dengan software pengguna Android maupun IOS. Apalagi saat ini hampir setiap HP smartphone pasti memiliki aplikasi Google Maps di dalamnya. Jika aplikasi Google Maps di HP belum memiliki fitur untuk melacak nomor HP, maka segera perbaharui aplikasi Google Maps pada smartphone.

Untuk mengakses fitur melacak no HP menggunakan Google Maps, diharuskan untuk HP pelacak selalu tersambung ke Internet. Begitu pula sebaliknya, HP untuk nomor yang di lacak haruslah selalu terhubung ke internet. Jika salah satunya ada yang tidak tersambung ke Internet, maka fitur melacak dan dilacak tidak akan berfungsi.                                                                                                                                                

Ilustrasi Google.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Google has fired 28 employees following protests against the company's cloud-computing contract with the Israeli government.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024