Begini Cara Cepat Lulus Kuliah, Tukar SKS dengan Pengalaman Kerja

ilustrasi kuliah sambil bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Masa studi mahasiswa jenjang S1 secara normal dapat ditempuh dalam 8 semester atau 4 tahun. Untuk dapat lulus tepat waktu, ada beberapa hal yang perlu dipahami mahasiswa sedari awal. Mulai dari panduan perkuliahan hingga kegiatan yang diikuti selama masa studi.

Ini Cita-Cita yang Ingin Digapai Iqbaal Ramadhan, Salah Satunya Sudah Terwujud

Nah, agar bisa lulus kuliah lebih cepat tentu perjuangannya akan lebih berat. Oleh karena itu, minimal kamu harus bisa mengejar lulus kuliah tepat waktu. Sebab, ada banyak keuntungan ketika kamu lulus kuliah lebih cepat, terlebih bila mampu meraih nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik.

Pertama, kamu bisa mengejar kesempatan karir lebih tinggi. Lulus di usia muda akan memberi jalan lebih panjang dalam memperoleh banyak hal. Ada banyak waktu yang tersedia untuk kamu dalam usaha meraih cita-cita.

Iqbaal Ramadhan Lulus dari Monash University Australia, Netizen: Aku Siap Dilamar!

Ketika kamu mulai meniti karir di usia lebih muda, maka potensi jenjang karir ke depan akan semakin terjaga. Kamu bisa menempati posisi strategis di usia tergolong muda, dengan bekal kelulusan lebih cepat. Ini akan membuat peluang kamu mencapai kondisi finansial yang baik lebih terbuka.

Kemudian, kesempatan untuk mendapatkan beasiswa untuk lanjut kuliah jenjang S2 juga terbuka lebar. Sebab, kamu memiliki nilai plus di mata penyedia beasiswa. Kamu dianggap memiliki komitmen dan bertanggung jawab dalam menuntaskan studi tepat waktu.

Idap Cerebral Palsy, Wanita Ini Akhirnya Bisa Lulus Sarjana dengan IPK Cumlaude

Lulus kuliah dengan hasil memuaskan serta mengantungi IPK yang tinggi bukan satu-satunya harapan seluruh mahasiswa. Ada hal lain yang menjadi target dalam menjalani kuliah.

Binus Online Learning menawarkan kuliah S1 jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini memungkinkan mahasiswa menghemat biaya hingga 50 persen dari biaya reguler dan lulus S1 lebih cepat. Semua aktivitas perkuliahan dilakukan secara online.

RPL adalah program penyetaraan akademik yang disesuaikan pengalaman kerja dan atau pelatihan bersertifikasi minimal tiga tahun. Program tersebut bisa mengkonversikan pengalaman kerja ke dalam Satuan Kredit Semester (SKS), maksimal untuk disetarakan dengan 15 mata kuliah.

Program studi yang tersedia, yakni teknik informatika, akuntansi, manajemen bisnis, sistem informasi, dan teknik industri.

"Mahasiswa bisa tetap bekerja dan merasakan fleksibilitas kuliah online. Jika berhasil menyetarakan 5 mata kuliah online, maka masa studi berkurang 1 semester. Tapi, jika menyetarakan hingga capaian maksimal, maka Anda hanya perlu kuliah 5 semester," kata Direktur Binus Online Learning, Agus Putranto, dalam keterangan resminya, Rabu, 11 Mei 2022.

Konsep pendidikan konvensional tatap muka mulai tergeser semenjak pandemi COVID-19 membatasi ruang gerak aktivitas. Maka, metode perkuliahan online adalah solusi terbaik. Menurutnya, kuliah online membuatmu bisa belajar dari mana dan kapan saja.

"Sistem kuliah ini membuat Anda bisa mengatur bujet pendidikan lebih efisien dan waktu belajar yang lebih fleksibel. Anda juga bisa menjadi bagian dari metode belajar online untuk bisa merasakan sendiri sederet manfaat dan keuntungannya," jelas Agus Putranto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya