Kejar Target Perbaikan Jaringan Komunikasi Merauke-Timika

Menkominfo Johnny G Plate (tengah).
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan bahwa kerusakan jaringan komunikasi pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) di kawasan Merauke hingga Timika sedang ditangani dengan serius.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, perbaikan kerusakan pada SKKL itu ditargetkan rampung pada akhir Mei 2022 dan dikerjakan langsung oleh Telkom.

"Kami perkirakan nanti kapal untuk perbaikan akan segera berangkat menuju ke Merauke dan menyelesaikan perbaikan jaringan kabel laut di Merauke- Timika. Perbaikan ini diharapkan selesai tanggal 26 Mei atau sebelum akhir bulan ini," kata dia, dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.

Orang Ini Dipastikan Berkantor di IKN, tapi Bukan Jokowi

Pada kesempatan yang sama, Direktur Network and IT Solution Telkom Indonesia Herlan Wijanarko, menyebutkan perbaikan SKKL di Merauke-Timika membutuhkan spesifikasi kapal yang spesifik untuk penggelaran dan perbaikan kabel laut seperti DNEX Pasific Link (DPL) namun jumlahnya terbatas.

Saat ini, hanya tersedia satu kapal DPL, itu pun baru selesai digunakan untuk memperbaiki SKKL Jakarta-Surabaya yang sempat bermasalah dan baru selesai perbaikannya di 6 Mei 2022.

Menjelajahi Ruang Digital Tanpa Batas

Kapal DPL kini tengah dalam masa perawatan dengan rincian pengisian bahan bakar, pengisian logistik awak kapal, hingga persiapan lainnya untuk memastikan kelancaran perjalanan berikutnya.

Adapun Kapal DPL itu dijadwalkan berlayar dari Batam ke Merauke pada 11 Mei dan diperkirakan tiba di tujuan pada 21 Mei mendatang.

"Kapal itu akan transit terlebih dahulu untuk pengecekan di pelabuhan dan baru akan mulai melakukan perbaikan di tanggal 23 Mei," jelas Herlan.

Selepas itu pengerjaan penyambungan kembali SKKL yang terputus diperkirakan berlangsung selama tiga hari lamanya jika cuaca cerah dan kondisi alam lainnya seperti angin mendukung dengan demikian target perbaikan SKKL Merauke-Papua jatuh di 26 Mei 2022.

Kabel Bawah Laut Jakarta-Surabaya.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Adapun akibat terputusnya SKKL Merauke-Timika, diperkirakan masyarakat di kawasan itu kehilangan akses 42GB terhadap jaringan internet dan tentunya berakhir mengalami kesulitan akses telekomunikasi.

Penyesuaian dan juga penyediaan jaringan cadangan juga dilakukan namun disesuaikan dengan kebutuhan prioritas.

Herlan juga menyebut mengungkap tiga penyebab potensial putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Merauke-Timika hingga mengakibatkan sulitnya akses komunikasi di kawasan itu.

"Penyebab pertama itu kondisi geografis ya. Jadi, kita memiliki SKKL di jalur gunung berapi bawah laut, nah itu juga yang kita hadapi di sekitar Papua," tutur dia.

Herlan menyebutkan ketika aktivitas vulkanik bawah laut terjadi, ada kemungkinan besar kabel komunikasi itu terputus.

Selain aktivitas vulkanik, Herlan menyebutkan penyebab kedua yang mungkin membuat kabel fiber optik SKKL Merauke-Timika terputus adalah terjadinya longsor di bawah laut.

Ketika kondisi itu terjadi, maka ada kemungkinan kabel terhantam oleh longsoran dan mengakibatkan putus. Penyebab potensial ketiga adalah aktivitas nelayan yang melakukan penangkapan ikan dan membuat jaringan kabel tersangkut hingga terputus.

Herlan merinci berdasarkan pengukuran Telkom Indonesia, kabel laut yang putus dalam rangkaian SKKL Merauke-Timika terjadi di kedalaman 60 meter.

Selain itu diperkirakan putusnya kabel berjarak sekitar 270 kilometer dari Merauke. Kondisi putusnya SKKL Merauke-Timika itu pun diharapkan dapat segera selesai sebelum akhir Mei 2022.

Saat ini, Telkom Indonesia bertanggung jawab mengelola 178 ribu kilometer jaringan kabel fiber optik, dengan 24 ribu kilometer untuk domestik berada di bawah laut.

Pengadaan fiber optik ini pun berada dalam pengawasan penuh 24 jam untuk memastikan penyelenggaraan telekomunikasi di Tanah Air berjalan dengan lancar dan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya