Cara Mengaktifkan Asisten Google, serta Manfaat dan Kekurangannya

Google Assistant.
Sumber :
  • Android Central

VIVACara mengaktifkan asisten Google tak membutuhkan waktu yang lama. Bagi pengguna perangkat Android, asisten Google sudah otomatis terpasang aktif dan bisa digunakan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet secara stabil. Asisten Google merupakan asisten virtual yang dioperasikan dengan perintah suara dan telah didukung kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Fitur ini khusus ponsel dengan sistem operasi Android 5.0 yang dilengkapi RAM 1 GB atau di atasnya. Bahasa yang digunakannya pun juga sesuai dengan pengaturan masing-masing Android. Namun, tidak semua pengguna Android menggunakan dan memanfaatkan fitur ini. Sehingga, mereka memilih untuk mematikannya.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Seperti asisten pada umumnya, asisten Google pun bisa sangat membantu. Tak seperti Google Now yang hanya menyediakan percakapan satu arah, Asisten Google sangat memungkinkan kamu untuk tanya jawab.

Kamu bisa bertanya tentang apapun kepada Asisten Google. Mulai dari berapa harga makanan korea bahkan bisa menjawab berapa jarak antara rumah kamu ke sekolah. Melalui Asisten Google, kamu pun dapat berbalas pantun serta menyalakan TV atau AC yang sudah terhubung dengan HP.

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Bukan hanya soal bertanya, Asisten Google pun akan membantu Anda membuat panggilan, membuka WhatsApp atau berbagai aplikasi seperti Youtube hanya dengan perintah suara

Berikut cara mengaktifkan asisten Google dan menonaktifkannya yang dihimpun dari berbagai sumber:

Pesan Bijaksana dari Zecky Alatas untuk Kawula Muda Masa Kini

Cara Mengaktifkan Asisten Google

Berikut cara mengaktifkan Asisten Google di HP Android yang disadur dari support.google.com:

1. Ketuk dan tahan tombol Home

Ketuk dan tahan tombol Home di HP Android sampai muncul jendela Asisten Google.

2. Buka Assistant Setting

Buka Assistant Settings yang dapat dilakukan dengan mengucapkan “OK Google, open Assistant setting”.

3. Aktifkan Asisten Google

Klik General lalu ubah pengaturan Google Assistant menjadi On untuk mengaktifkannya. Namun, jika kamu ingin menon-aktifkannya, ubah menjadi Off.

4. Ubah pengaturan agar Asisten Google mengenali suara kamu

Cara mengaturnya yakni dengan mengucapkan masuk ke Assistant Settings. Lalu gulir ke bawah dan klik Voice Match pada menu Popular Settings. Pastikan juga “Hey Google” di HP kamu sudah aktif.

5. Lakukan Tap Voice Mode

Lakukan Tap Voice mode dan terapkan latihan secara berulang dengan beberapa model suara.

6. Rekam suara

Jika sudah, rekam suara dengan mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan.

7. Selesai

Selesai, Asisten Google kini sudah aktif dan bisa langsung digunakan.

Melatih Asisten Google untuk mengenali suara Anda

  • Di ponsel atau tablet Android, buka setelan Asisten, atau buka aplikasi Asisten Google  dan ucapkan, “Setelan Asisten”.
  • Di bagian "Setelan populer", ketuk Voice Match.
  • Pastikan Ok Google aktif.
  • Jika Anda tidak menemukan Ok Google, aktifkan Asisten Google.
  • Tips: Jika Anda telah login ke akun Google Workspace for Education di perangkat Anda dan tidak dapat mengaktifkan "Ok Google", admin mungkin telah menonaktifkan setelan yang diperlukan agar "Ok Google" berfungsi. Hubungi admin untuk detail selengkapnya.
  • Ketuk Model suara  Latih ulang model suara.
  • Ikuti langkah-langkah untuk merekam suara.

Fungsi Asisten Google

Secara umum, fungsi Asisten Google memang untuk menjalankan perintah dan merespons pertanyaan yang diajukan pengguna. Namun jika dibahas secara detail, terdapat kegunaan lain dari Asisten Google ini. Berikut di antaranya:

  • Membacakan berita

Melalui Asisten Google kamu bisa mendengarkan berita-berita yang ada di Internet. Kamu hanya perlu mengatakan “OK Google, play the news.” Kemudian secara otomatis Google akan membacakan berita sesuai permintaan kamu.

  • Sebagai Pengingat

Bagi yang sering lupa akan agenda yang telah dibuat, kamu juga bisa meminta bantuan Asisten Google. Fitur ini akan mengingatkan kamu saat kegiatan yang akan datang sudah tiba.

Katakan pada Asisten Google, “OK Google, set a reminder for my weekly meeting”. Secara otomatis asisten Google akan membuat jadwal agenda tersebut. Dengan begitu, kamu tak akan melewatkan agenda yang telah dibuat.

  • Mengirim pesan WhatsApp

Mungkin kamu pernah sedang sibuk-sibuknya lalu tidak sempat membalas pesan WA. Dengan adanya Asisten Google ini kamu tak perlu khawatir pesan WA tidak terbalaskan.

Cukup katakan “Ok Google, send a text Whatsapp to (nama penerima/kontak)”. Kemudian katakan juga isi pesannya. Sebelum mengirim pesan tersebut, Google Assistant akan mengonfirmasi apakah pesan tersebut masih ingin diedit atau tidak. Jika tidak, pesan akan langsung dikirim.

  • Menerjemahkan Bahasa Asing

Asisten Google juga berfungsi untuk menerjemahkan bahasa asing. Ini tentu sangat membantu pengguna ketika berkunjung ke luar negeri ataupun saat belajar bahasa asing. Asisten Google ini dapat menerjemahkan sebanyak 188 bahasa asing.

Cara Menonaktifkan Asisten Google

1. Buka 'Pengaturan' di perangkat Android
2. Gulir ke bagian bawah 'Aplikasi', lalu pilih 'Aplikasi default'
3. Ketuk 'Aplikasi Bantuan Perangkat' atau 'Asisten dan Input Suara' (nama keterangan di setiap perangkat bisa berbeda-beda)
4. Pilih opsi di bawah menu, yaitu 'Aplikasi Bantuan Perangkat'
5. Untuk menonaktifkan Google Assistant, ketuk 'Device Assistant Apps'
6. Sampai tahap ini, Anda dapat memilih aplikasi bantuan lain atau tidak sama sekali.

Cara Mematikan Asisten Google di Android

Bagi mereka yang sepenuhnya tidak akan menggunakan Google Assistant, ikuti petunjuk ini untuk mematikannya sepenuhnya melalui perangkat Android Anda.

  • Buka aplikasi Google Anda lalu ketuk tiga titik di bilah alat bawah (diberi label "lebih banyak").
  • Pilih "Pengaturan" untuk membuka menu baru. Buka menu pengaturan Anda.
  • Ketuk "Google Assistant" dan buka bagian Asisten. Buka tab "Asisten".
  • Di bawah "Perangkat asisten," pilih "Telepon."
  • Ketuk tombol sakelar untuk mematikan Google Assistant Anda. Alihkan sakelar untuk mematikan Google Assistant.

Namun, bagi mereka yang masih menginginkan akses ke Google Assistant, dan tidak ingin terganggu dengan tombol home otomatis yang dapat nyala tanpa disengaja. Menonaktifkan tombol dukungan dapat menjadi alternatif yang baik untuk mematikannya sepenuhnya. Dengan begitu Anda hanya bisa mengakses Google Assistant jika Anda menginginkanya dengan cara membuka perangkat Google Assistant dengan sengaja.

Kekurangan Asisten Google

1. Membutuhkan koneksi internet yang stabil. Apabila jaringan internet di tempat Anda mudah terputus, maka sistemnya kurang berfungsi maksimal.

2. Tidak semua bahasa didukung oleh Google Assistant. Salah satunya Bahasa Hindi yang masih belum tersedia dan sistem mereka tidak dapat merespon.

3. Ketika mengaktifkan Google Assistant, maka ruang penyimpanan di ponsel harus memiliki kapasitas besar serta ditunjang versi terbaru.

Kelebihan Asisten Google

1. Google Assistant adalah produk dari mesin pencarian terbesar, sehingga respons dari perintah pengguna kepadanya bisa jauh lebih akurat dan detail.

2. Anda yang terbiasa membuat agenda kegiatan di ponsel, maka Google Assistant dapat membantu 'mengingatkan' sebagai alarm.

3. Kelebihan lain Google Assistant adalah dapat terhubung ke beberapa peralatan rumah seperti kontrol remote tv, AC, speaker, hingga kunci rumah dengan sistem tertentu.

Vicky Prasetyo

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Vicky Prasetyo juga sudah menyampaikan pesan kepada keluarganya jika suatu saat nanti dirinya meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024