Manusia Bisa Tempati Planet Mars 6 Tahun Lagi

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA – Perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX, menargetkan bisa mengirim dan menempati manusia di Planet Mars dalam enam tahun mendatang.

Presiden SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan jika Roket Starship yang diperuntukkan mengirim manusia ke Planet Merah ini kemungkinan diluncurkan pada uji terbang pada Juni atau Juli tahun ini.

"Kita harus menempatkan manusia di permukaan Mars dalam dekade ini. Dalam lima atau enam tahun, orang-orang akan melihat bahwa (Mars) akan menjadi tempat yang nyata untuk ditempati," kata Shotwell, seperti dilansir dari situs Metro, Kamis, 12 Mei 2022.

Garis waktu tersebut menggemakan apa yang diprediksi oleh Elon Musk, yang berkelakar bahwa manusia akan berada di Mars pada 2029. SpaceX dijadwalkan untuk mendaratkan Misi Artemis 3 NASA di permukaan Bulan pada 2025.

Roket Starship akan menjadi kendaraan peluncuran paling kuat di dunia yang pernah dikembangkan karena mampu membawa lebih dari 100 metrik ton ke orbit Bumi.

Shotwell menambahkan bahwa misi tanpa awak yang sukses ke Mars dapat menumbuhkan antusiasme orang untuk penerbangan rutin ke Planet Mars.

"Saya pikir kita perlu membuat pengiriman besar ke permukaan Mars dan orang akan mulai berpikir lebih keras tentang itu," paparnya.